--> Skip to main content

Cara Menggoreng Tempe Yang Enak dan Gurih

Cara menggoreng tempe yang enak dan gurih memang terlihat mudah, tetapi itu semua diperlukan sebuah trik supaya tempe bisa matang dengan rasa yang enak dan gurih. Meskipun tempe goreng merupakan makanan sederhana, namun tempe goreng selalu menjadi makanan favorit banyak orang. Apalagi kalau dimakan hangat-hangat bersama dengan nasi dan sambal, tentunya sangat nikmat. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi trik tentang cara goreng tempe yang enak dan gurih melalui artikel ini yang juga dilengkapi dengan video tutorialnya.

Cara Menggoreng Tempe Enak dan Gurih

Untuk membuat tempe goreng yang empuk dengan rasa enak dan gurih terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menggoreng tempe adalah sebagai berikut:

Bahan

Siapkan tempe balok 250 gram, air bersih 100 ml, dan minyak goreng. Ketika memilih tempe, sebaiknya anda perhatikan tekstur dan kepadatannya. Biasanya tempe yang bagus itu dibuat menggunakan bahan kacang kedelai tua yang padat. Sehingga ketika ditekan agak keras dan rasanya terasa gurih enak. Selain itu perhatikan juga dari penampang irisannya, sebaiknya pilihlah yang isian kedelainya utuh dan padat.

Bumbu

Siapkan 2 siung bawang putih, ketumbar 1 sendok teh, dan garam 1/2 sendok teh, sedikit kunyit. Setelah itu haluskan dan larutkan dengan air. Masukkan tempe yang telah dipotong-potong kedalamnya. Rendam beberapa saat kira-kira 15-20 menit.

Goreng

Cara menggoreng tempe yg enak dan gurih yang pertama anda siapkan adalah minyak yang dipanasi di atas kompor dengan api sedang. Setelah itu goreng tempe secara bertahap. Hindari menaruh tempe sampai wajan penuh. Karena hal tersebut dapat membuat minyak tidak bisa mematangkan tempe dengan sempurna. Gorenglah tempe hingga matang yang ditandai dengan warna kuning kecoklatan. Jangan lupa untuk membalik sisi tempe baliknya supaya bisa matang dengan merata.

Angkat dan tiriskan

Setelah tempe matang dengan merata, angkat tempe dan tiriskan minyaknya. Setelah itu tempe goreng sudah siap untuk disajikan bersama dengan nasi & sambal atau mungkin dengan makanan lain sesuai dengan selera anda.

Agar lebih jelas tentang cara membuat tempe goreng yang enak dan gurih silahkan tonton videonya berikut ini.

Itulah tips yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini tentang cara membuat tempe goreng enak dan gurih. Semoga apa yang telah saya jelaskan dalam artikel dan video di atas dapat bermanfaat. Silahkan dicoba, semoga teman-teman berhasil menggoreng tempe dengan rasa yang enak dan gurih.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar