--> Skip to main content

Cara Memasak Nasi Dengan Rice Cooker Cosmos

Cara memasak nasi dengan rice cooker cosmos sebenarnya bisa dilakukan sendiri dengan cara membaca petunjuk cara memasak nasi yang disertakan saat pembelian rice cooker. Namun, jika kamu masih bingung dan masih belum bisa memasak nasi dengan hasil yang baik, kamu bisa menyimak penjelasan yang akan saya bagikan di sini. Penjelasan ini, juga saya sertakan video prakteknya. Oke langsung saja simak penjelasannya.

Sebelum memasak nasi menggunakan rice cooker, pastikan anda tahu jenis beras yang akan dimasak. Secara umum, terdapat 2 jenis beras, yaitu beras pulen dan beras pera. Kedua beras tersebut mempunyai perbedaan yang mendasar.

Saat hendak memasak perbedaan tersebut perlu diperhatikan. Untuk beras pera membutuhkan air yang lebih bnyak saat dimasak, ini agar nasi yang dihasilkan tidak terlalu keras. Sedangkan untuk beras pulen yang teksturnya memang sudah lembut hanya memerlukan sedikit air untuk menghasilkan nasi yang baik. Jika beras pulen diberikan air terlalu banyak maka nasi akan menjadi sangat lengket dan berair, bahkan bisa jadi bentuknya seperti bubur.

Cara Memasak Nasi Di Rice Cooker Cosmos

Untuk memasak nasi di Rice cooker Cosmos, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Ambil beras menggunakan gelas takaran. Anda bisa menyesuaikan beras yang akan dimasak sesuai dengan kebutuhan masak anda biasanya. Gelas takaran yang terdapat pada Rice Cooker Cosmos yang saya gunakan ini berukuran 160 ml. Di sini saya contohkan memasak nasi 480 ml (3 gelas takaran).
  2. Mencuci Beras, cucilah beras hingga airnya terlihat tidak keruh, ini tujuannya agar nasi yang dihasilkan tidak cepat basi.
  3. Setelah dicuci, beras yang ada di panci Rice Cooker ditambahkan air. Secara umum ketinggian airnya kira-kira 1-2 cm atau seujung jari telunjuk. Perlu diketahui, berapapun banyaknya volume beras yang akan dimasak, haruslah ada ruang kosong di atasnya. Tujuannya yaitu agar proses penguapan air dapat berjalan maksimal.
  4. Masukkan panci Rice Cooker ke dalam Ricekooker, setelah itu tutuplah. Kemudian, colokkan stop kontak.
  5. Tekan tombol sampai lampu “Cook” menyala dan proses memasak akan dimulai. Ketika titik didih telah mencapai 100 derajat celcius, rice cooker akan memasuki ke tahap menghangatkan dan lampu “Warm” akan menyala. Itu tandanya nasi sudah matang. Nasi matang biasanya memerlukan waktu sekitar 15 menitan. Setelah matang, usahakan untuk tidak membuka tutup rice cooker selama 5- 7 menit.
  6. Buka tutup dan aduklah nasi, tujuannya agar nasi tidak menggumpal dan uap nasi yang tersisa dapat terlepaskan.
  7. Nasi siap untuk disantap, bersama keluarga tercinta.

Simak videonya berikut ini:

Bagaimana cukup mudah bukan, cara memasak nasi menggunakan rice cooker cosmos. Semoga penjelasan yang saya tulis dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar