--> Skip to main content

Cara Membuat Sambal Terasi Yang Enak Dan Sedap

Bagi sebagian besar orang Indonesia, rasanya kurang nikmat jika saat makan nasi tanpa dilengkapi dengan sambal. Salah satu sambal yang digemari oleh banyak orang adalah sambal terasi. Rasa pedas gurih dengan aroma yang khas sambal terasi mampu membuat selera makan menjadi lebih meningkat. Meskipun hanya dimakan dengan telur maupun ikan asin sambal terasi sudah luar biasa nikmatnya. Lalu bagaimanakah cara membuat sambal terasi yang enak dan sedap? Nah, bagi kamu yang belum tahu silahkan ikuti penjelasan dalam artikel ini. Selain artikel, di sini juga saya lengkapi dengan video pembuatan sambal terasi sehingga akan lebih memudahkan kamu dalam belajar membuat sambal terasi.

Sesuai dengan namanya, sambal terasi ini dibuat dengan campuran cabai, bawang, tomat dan terasi. Meskipun sambal terasi ini terlihat sederhana, namun pembuatannya harus dibuat dengan ermat supaya mendapatkan cita rasa yang enak dan sedap. Sebenarnya kunci resep sambal terasi ini terletak pada pemilihan terasi. Jadi pilihlah terasi yang bagus yaitu yang aromanya segar dan harum seafood.

Cara Membuat Sambal Terasi Yang Enak Dan Sedap

Untuk membuat sambal terasi, kamu perlu mempersiapkan bahan-bahannya dan melakukan beberapa tahapan dalam pembuatannya, simak penjelasannya berikut ini:

Bahan-bahan

  • 5 buah cabai rawit.
  • 12 buah cabai merah keriting.
  • 4 siung bawang merah.
  • 1 siung bawang putih.
  • Sedikit terasi.
  • Sedikit gula merah.
  • ½ sendok teh garam.
  • ¼ sendok teh penyedap rasa.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
  • 2 lembar daun jeruk.

Cara Membuatnya

Cabai rawit, cabai keriting, bawang merah, bawang putih, dan terasi yang dibungkus plastik dimasak dengan air dalam panci sampai matang. Kurang lebih memerlukan waktu 10 menit.

Setelah bahan-bahan tersebut matang, ulek bahan-bahan tersebut sampai halus. Tambahkan gula merah, ½ sendok teh garam, ¼ sendok teh penyedap rasa. Ulek-ulek sampai benar-benar lembu.

Panaskan minyak, goreng sebentar sambal tersebut, tambahkan 2 lembar daun jeruk yang dipotong kecil-kecil, sambil digoreng. Sambal terasi sudah siap disajikan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video berikut ini:

Demikianlah cara membuat sambal terasi yang enak dan sedap, semoga apa yang telah saya sampaikan melalui postingan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar