Skip to main content

Pengertian Pra Kerja dan Pengertian Kartu Pra Kerja

Tahukah kamu apa itu pra kerja? Dan apa itu kartu pra kerja? Bagi kamu yang belum tahu tentang definisi pra kerja, maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang pengertian pra kerja di sini. Selain itu di sini kamu juga bisa mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan kartu pra kerja. Di mana di sini akan saya bahas tentang pengertian dari kartu pra kerja, syarat mendaftar kartu prakerja dan manfaat kartu pra kerja.

Pengertian Pra Kerja dan Pengertian Kartu Pra Kerja

Pengertian Pra Kerja

Apa arti pra kerja? Arti pra kerja adalah sebelum kerja. Jadi pengertian dari pra kerja adalah istilah yang digunakan untuk orang yang sama sekali tidak bekerja, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari 2 hari selama satu minggu, maupun orang yang sedang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan mempersiapkan diri untuk menjadi pekerja. Pra kerja bisa juga disebut sebagai tunakarya atau pengangguran.

Dalam suatu kelompok tenaga kerja, pra kerja termasuk dalam kelompok angkatan kerja. Pra kerja belum mendapatkan pekerjaan bisa saja dikarenakan oleh beberapa hal. Karena itulah, pemerintah berusaha untuk mengurangi jumlah pra kerja dengan cara mengadakan pelatihan mandiri. Misal saja pra kerja dapat mengikuti pelatihan barista, apabila ingin membuka usaha kedai kopi. Biasanya pelatihan mandiri yang diadakan oleh pemerintah bisa diikuti dengan menggunakan bantuan berupa kartu pra kerja. Apa itu kartu pra kerja? Berikut ini adalah penjelasannya.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

Pengertian Kartu Pra Kerja

Apa pengertian dari kartu pra kerja? Pengertian kartu pra kerja adalah sebuah kartu yang dikeluarkan pemerintah dan digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan bagi warga negara indonesia yang belum memiliki ketermpilan. Dengan kata lain definisi kartu pra kerja adalah kartu yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai suatu program bantuan yang berupa biaya untuk pengembangan kompetensi pra kerja (para pencari kerja, pekerja yang di-PHK, dan yang membutuhkan peningkatan keterampilan).

Kartu pra kerja dinilai efektif untuk industri 4.0, sehingga diharapkan melalui kartu pra kerja ini dapat menanggulangi kemiskinan. Setiap pendaftar atau pemohon yang telah lulus seleksi dan mendapatkan atau memegang kartu pra kerja, masing masing akan menerima uang sejumlah Rp. 3.550.000. Apabila dirinci bantuan insentif tersebut meliputi:

  1. Biaya untuk pelatihan (Rp. 1.000.000) yang tidak bisa dicairkan.
  2. Insentif pasca pelatihan (Rp. 600.000) perbulan selama 4 bulan.
  3. Insentif survei keberkerjaan (Rp. 150.000).

Melalui bantuan kartu pra kerja tersebut, maka pemilik kartu pra kerja dapat mengikuti beberapa pelatihan atau kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi atau kemampuan kerja.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Syarat dan ketentuan mendaftar kartu pra kerja adalah sebagai berikut ini:

  • WNI (Warga Negara Indonesia) yang dapat dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Telah berusia diaatas 18 tahun.
  • Tidak sedang sekolah atau kuliah.
  • Informasi mengenai syarat dan ketentuan secara lengkap bisa lihat di https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan.
Kembali ke Poin Pembahasan ↑

Manfaat Kartu Pra Kerja

Terdapat beberapa manfaat dan kegunaan kartu pra kerja. Adapun penjelasan tentang manfaat kartu pra kerja adalah sebagai berikut ini:

  • Dapat membantu meringankan biaya pelatihan yang biasanya ditanggung pihak pekerja dan perusahaan.
  • Dapat mengurangi biaya dalam mencari informasi tentang pelatihan.
  • Dapat mendorong keberkerjaan seseorang melalui pengurangan mismatch.
  • Dapat menjadikan komplemen dari pendidikan formal.
Kembali ke Poin Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan tentang pengertian pra kerja dan pengertian kartu pra kerja. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar