Skip to main content

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Pelatihan barista dan usaha warung kopi kini semakin banyak diminati. Itu terjadi karena saat ini industri kopi telah menjadi salah satu industri yang paling menjanjikan. Semua itu tidak terlepas dari peminat kopi yang kian banyak, mulai dari remaja hingga dewasa semua gemar minum kopi. Selain karena rasanya yang khas dengan pahitnya, tempatnya juga menjadi faktor utama untuk menikmati kopi. Bisa dibilang kopi menjadi wadah untuk nongkrong.

Terkait dengan peminat kopi yang kian banyak, maka peluang bisnis kopi semakin menguntungkan dengan prospek yang cerah. Sehingga kini bisnis kopi dengan konsep kedai, telah menjamur di Indonesia. Sayangnya dibalik menjamurnya usaha kedai kopi, masih banyak yang kekurangan tangan-tangan terampil untuk meracik kopi dengan cita rasa yang tinggi (barista).

Ramainya usaha bisnis kopi yang bermunculan memang berbanding terbalik dengan jumlah barista yang ada. Karena itulah maka kini The BENCOOLEN Coffee telah membuka program pelatihan barista dan usaha warung kopi yang juga didukung melalui program kartu prakerja. Kartu prakerja merupakan kartu yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai program bantuan yang berupa biaya untuk pengembangan kompetensi para pencari kerja (prakerja), pekerja yang telah di PHK dan yang membutuhkan peningkatan kapasitas.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

The BENCOOLEN Coffee memberikan pelatihan di bidang kopi kepada anda yang ingin membuka usaha kopi, namun bingung bagaimana caranya. Selain itu juga bagi anda yang ingin menjadi barista handal, serta yang ingin tahu pemasaran kopi secara online maupun yang ingin menjadi agen kopi Indonesia. The BENCOOLEN Coffee sendiri adalah brand perusahaan yang didirikan untuk mambangun usaha kopi guna meningkatkan kesejahteraan petani. Nama The BENCOOLEN Coffee sudah tidak asing lagi sejak adanya aksi 1 Juta cup Kopi Jujur Gratis beberapa waktu lalu. Nah, bagi anda yang ingin mengikuti program pelatihan, berikut ini adalah penjelasannya.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Bagaimana cara mengikuti program pelatihan ini?

Cara mengikutinya, anda cukup mendaftarkan diri anda di website https://prakerja.bencoolencoffee.com/registrasi/. Kemudian melakukan pembayaran (bisa menggunakan kartu prakerja). Terdapat 3 paket pelatihan yang dapat anda pilih diantaranya yaitu:

  1. Menjadi barista pemula.
  2. Usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim.
  3. Outlet warung kopi.
Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Bagi anda yang mengikuti semua pelatihan tersebut maka akan diberikan bimbingan secara gratis mengenai meracik kopi dan membuka outlet. Selain itu anda juga akan mendapatkan coffee bag 100 gram sebagai bahan pembuatan kopi secara cuma-cuma. (selama persediaan masih ada karena jumlahnya terbatas).

Siapa yang dapat mengikuti pelatihan ini?

Pelatihan ini dapat diikuti oleh:

  1. Para kaum millennial.
  2. Para pemilik UMKM.
  3. Masyarakat umum yang tertarik membuka usaha kedai kopi kekinian dengan modal yang minim.
  4. Para peserta prakerja yang telah memiliki kartu prakerja sebagai bantuan yang berupa biaya untuk pengembangan kompetensi.

Baca juga artikel tentang: Pengertian Pra Kerja dan Pengertian Kartu Pra Kerja

Syarat Mengikuti Pelatihan

Untuk mengikuti pelatihan ini tidak ada syarat khusus, peserta hanya perlu memiliki kelengkapan komputer untuk mengakses materi yang diberikan:

  • Koneksi internet yang stabil.
  • Gadget (laptop/ handphone).
  • Mendownload Aplikasi ZOOM.
  • Buku dan alat tulis untuk mencatat.

Manfaat Mengikuti Pelatihan

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Adapun manfaat mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Pengetahuan Tentang Kopi

Bagi anda yang mengikuti pelatihan ini, anda akan mendapatkan pengetahuan tentang karakteristik dari Kopi jujur. Mengetahui jenis-jenis kopi, juga akan dapat menerapkan bagaimana teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi serta penjelasan tugas dari profesi barista. Pengetahuan dan kemampuan tersebut merupakan modal dasar bagi seseorang yang ingin menjalankan usaha warung kopi. Karena dengan pengetahuan dan kemampuan tersebut, akan mampu menarik para pelanggan dengan kualitas dan karakter minuman kopi yang anda sajikan.

2. Memahami Kebutuhan Menjadi Seorang Barista

Setiap profesi tentunya membutuhkan alat-alat tertentu untuk dapat menunjang pekerjaannya, disamping itu juga harus memiliki keahlian khusus untuk mengoperasikan alat-alat tersebut. Tentunya hal ini tidak jauh berbeda dengan anda ketika menjadi seorang barista. Dimana anda akan membutuhkan alat-alat tertentu untuk menyajikan berbagai jenis kopi dengan karakter dan cita rasa terbaik. Pemahaman tentang penggunaan peralatan-peralatan kopi inilah yang akan didapatkan ketika mengikuti pelatihan barista.

3. Menjadi Barista Handal

Bagi anda yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan tips dan trik meracik kopi berkarakter dan berkualitas standar barista. Juga akan mendapatkan pemahaman, apresiasi dan wawasan yang lebih mendalam tentang rasa dan aroma kopi. Sehingga dengan begitu anda akan mampu menjadi barista yang handal.

4. Wirausaha Warung Kopi

Dalam pelatihan ini anda akan mendapatkan pelatihan tentang bagaimana membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal yang minim. Dimana nantinya anda akan bisa membuka usaha kopi dengan modal yang minim di daerah anda. Meskipun modal awalnya minim, namun profesionalisme tetap ditekankan kepada anda, sehingga anda tetap bisa memberikan penyajian kopi dengan cita rasa terbaik.

Bagaimana anda tertarik dengan pelatihan barista dan usaha warung kopi? Jika ya, segera daftarkan diri anda dan jadilah Barista Merdeka. Semoga informasi yang telah saya berikan di sini dapat bermanfaat.

Referensi:
  1. https://prakerja.bencoolencoffee.com/
  2. http://www.kopijujur.id/
Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar