--> Skip to main content

Kopi jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang terus mengalami perkembangan. Dapat dikatakan bahwa saat ini industri kopi menjadi salah satu industri yang paling menjanjikan. Bagi para penikmat kopi biasanya mempunyai cara tersendiri untuk menikmati kopi. Entah itu disajikan panas, dingin, kopi hitam saja atau dengan bahan tambahan. Kopi tersebut sama enaknya, selama menggunakan kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen.

Kopi jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Apa itu Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen?

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu kopi dan apa itu essen.

1. Pengertian Kopi

Kopi adalah minuman hasil dari seduhan biji kopi yang sebelumnya telah di sangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

2. Pengertian Essen

Essen adalah zat tambahan makanan yang berguna untuk menambah aroma pada makanan. Essen terbuat dari aroma bahan makanan, tidak memiliki rasa dan warna dan berbentuk cair. Minuman yang diberi essen kopi, maka minuman tersebut akan beraroma kopi. Tetapi minuman tersebut tidak dapat disebut kopi jujur karena hanya aromanya saja.

Sehingga dapat dijelaskan bahwa kopi jujur adalah minuman kopi yang benar-benar kopi. Asli terbuat dari biji kopi yang telah menjadi bubuk tanpa adanya campuran essen.

Lalu, kalau kopi susu, cappuccino, moccacino, kopi jahe dan berbagai macam kopi kekinian apakah itu termasuk kopi jujur ataukah bukan?

Tergantung, kalau kopi yang digunakan adalah asli berasal dari biji kopi yang telah menjadi bubuk, berarti itu kopi jujur. Jadi tidak menjadi masalah kalau kemudian ditambahkan campuran gula pasir, susu, cokelat, gula aren, jahe dan lain-lain. Yang terpenting adalah bubuk kopinya. Karena bubuk kopi asli merupakan kunci dari kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Minum Kopi

Manfaat Minum Kopi

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa seseorang yang minum kopi 2-3 cangkir setiap hari akan memiliki risiko yang lebih rendah mengalami penyakit yang serius. Adapun beberapa manfaat dari minum kopi diantaranya yaitu:

  • Menurunkan risiko depresi dan gangguan fungsi otak
  • Menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2
  • Menurunkan risiko terkena penyakit pada organ hati
  • Menurunkan risiko terkena penyakit parkinson
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mempertahankan tubuh tetap langsing, karena mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak.

Akan tetapi beberapa manfaat kopi tersebut tidak akan bisa didapat jika kopi dikonsumsi dengan gula dan susu, apalagi kalau hanya sekedar essen kopi. Yang terbaik adalah minum kopi jujur, asli tanpa gula. Karena kopi asli atau murni itu mengandung antioksidan yang tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), kalium, mangan, natrium, dan magnesium.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Karakteristik Kopi

Karakteristik kopi secara umum ditentukan dari tempat asalnya. Karena lingungan tempat kopi tumbuh dan suhu tumbuh akan memberikan pengaruh pada aroma maupun rasanya. Adapun karakteristik kopi berdasarkan daerah asal tempat tumbuh suhu tumbuh dibedakan menjadi 2 yaitu kopi robusta dan arabika. Nah apa pengertian kopi robusta dan arabika?

pengertian kopi robusta dan arabika

1. Pengertian Kopi Robusta

Kopi robusta adalah kopi yang tumbuh di tempat yang ketinggiannya dibawah 1000 meter di atas permukaan laut. Kopi robusta mempunyai kadar kafein yang tinggi tetapi rendah asam.

2. Pengertian Kopi Arabika

Kopi arabika adalah kopi yang tumbuh di tempat ketinggian di atas 1000 meter di atas permukaan laut. Kopi arabika mempunyai kadar kafein yang rendah tetapi tinggi asam. Untuk setiap berat yang sama arabika hanya mengandung 1% kafein, sedangkan robusta mengandung 2% kafein.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kopi Blockchain

Sekarang zamanannya serba internet, berbagai aktivitas kita dalam sehari-hari ditunjang dengan keberadaan internet. Sampai-sampai saat kita ngopi pun kita sambil internetan. Dapatkah internet membuat petani kopi lebih sejahtera? Tentu saja bisa karena melalui internet bisa lebih cepat memasarkan kopi yang dipanennya. Selain itu kini juga telah tersedia teknologi baru yaitu Kopi Blockchain. Apa itu kopi Blockchain?

Kopi Blockchain

Sebelumnya kita harus tahu dulu blockchain itu apa. Blockchain merupakan sistem penyimpanan data digital yang didalamnya berisi catatan yang terhubung melalui kriptografi. Teknologi blockchain telah dimanfaatkan oleh berbagai bidang salah satunya yang cukup terkenal yaitu untuk transaksi mata uang kripto seperti Bitcoin. Kelebihan dari Blockchain yaitu data yang disimpan di dalam suatu komputer tidak dapat dirubah/ tersimpan di dalam block (tamper-proof), dengan begitu transparasi data menjadi lebih terjamin.

Jadi, Kopi Blockchain adalah sebuah platform penyedia jasa digitalisasi komoditas kopi yang menggunakan teknologi Blockchain. Platform ini memfasilitasi sistem transparasi dan keandalan, dengan fasilitas tersebut diharapkan dapat meminimalisir mafia dalam bisnis kopi agar dalam bisnis kopi tidak ada yang dirugikan (kopi jujur).

Silahkan Download: Google Play

Dengan adanya Kopi BlockChain ini diharapkan para petani dapat menjual hasil panen kopi secara langsung kepada pihak pembeli tanpa melalui orang ketiga. Dalam hal ini petani juga bisa memberikan informasi tentang kualitas biji kopi kepada pembeli. Selain itu petani juga bisa memberikan informasi seperti asal kopi, kondisi tanah, prediksi cuaca, bahkan terdapat juga informasi keuangan petani. Sehingga melalui platform kopi blockchain ini dapat memudahkan pekerjaan petani kopi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Aksi Kopi Jujur Lawan Corona

Dalam masa pandemi corona seperti yang terjadi saat ini, para penikmat kopi harus memendam rasa rindu untuk ngopi-ngopi di kedai kopi. Karena kini kedai-kedai kopi di seluruh penjuru kota tutup demi mengurangi potensi penyebaran virus corona.

Aksi Kopi Jujur Lawan Corona

Dibalik itu ternyata, munculah aksi 1 Juta cup KOPI JUJUR Gratis dalam upaya #KopiJujurLawanCorona. Kopi Jujur gratis ini diolah dengan menggunakan 100 % kopi asli dan aman dikonsumsi oleh para tenaga medis, tenaga kesehatan dan seluruh karyawan maupun staff yang menjadi garda depan dalam penanggulangan wabah Covid-19 di jakarta.

Selain itu aksi kopi jujur ini juga mengajak seluruh komunitas kopi, para barista, pengusaha, Public Figure, para-millenial influencer, blogger, youtuber, tiktokers, selebgram dan seluruh masyarakat luas untuk memberikan dukungan atas aksi 1 juta kopi gratis sebagai suatu bentuk solidaritas dalam melawan wabah Covid-19 di Jakarta dengan membantu share, like, dan mensupport penyebarluasan informasi kegiatan.

Aksi ini dimulai tanggal 30 Maret 2020. Dengan dukungan awal 10.000 cup kopi jujur Gratis dari Bencoolen Coffe, berupa kopi Tubruk 100% Fine Robusta Asli, Kopi Jahe, Kopi Filter, Tenaga Barista dan peralatan kopi lengkap bagi 8 Rumah Sakit yang menjadi rujukan di Jakarta.

Bentuk aksi tersebut merupakan tanda sayang, solidaritas, dukungan dan bentuk kepedulian terhadap para pejuang kesehatan. Karena kita tahu bagaimana besarnya risiko yang dihadapi para tenaga medis yang berada di garda depan pengobatan melawan corona ini. Rasa lelah, dan resiko yang tinggi harus mereka hadapi, jadi mereka harus tetap fit dan fokus dalam mengangani para pasien.

Selain itu aksi ini juga membagi-bagikan kopi, makanan dan masker gratis kepada para sopir taksi dan para pekerja lainnya yang secara ekonomi mereka sangat terdampak karena adanya pandemi corona.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat saya tulis tentang Kopi jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen, Kopi Blockchain dan Aksi Kopi Jujur Lawan Corona. Semoga tulisan di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat.

Baca juga: Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Referensi:
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi
  2. https://resepkoki.id/apa-bedanya-essens-vs-pasta-perisa/
  3. https://www.alodokter.com/potensi-manfaat-kopi-terkandung-di-tiap-kenikmatan-seruputnya
  4. https://kopitree.co.id/mengenal-karakter-kopi-berdasarkan-asalnya/
  5. https://www.ekrut.com/media/blockchain-adalah
  6. https://www.kompasiana.com/nadiavisagola/5e1318cb097f362b9c7af4b3/melihat-sistem-kopi-blockchain-yang-membawa-provinsi-bengkulu-meraih-penghargaan-internasional
  7. http://www.kopijujur.id/

Referensi diakses pada tanggal 30-4-2020

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar