--> Skip to main content

Kenali dan Pahami Berbagai Metode Test Covid-19

Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu produktif meskipun dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Saat ini pemerintah telah berupaya untuk melakukan pencegahan penularan virus Covid-19 dengan melakukan berbagai protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga kebersihan dan kesehatan, jaga jarak dan menghindari kerumunan. Tidak hanya itu saja pemerintah pun juga berusaha melakukan pendeteksian potensi terinfeksi pada seseorang.

Metode Test Covid 19

Mengenail dan Memahami Berbagai Metode Test Covid-19

Jadi, dalam menghadapi wabah pandemi selama beberapa bulan ini, pemerintah telah memiliki 3 jenis pemeriksaan yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR), Rapid Test, dan Tes Cepat Molekuler (TCM). Nah, untuk penjelasan dari 3 jenis metode pemeriksaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Polymerase Chain Reaction (PCR)

Jenis tes pemeriksaan ini menggunakan sampel usapan lendir dari hidung atau tenggorokan. Dua lokasi tersebut dipilih karena merupakan tempat virus bereplikasi (menggandakan dirinya). Virus yang aktif mempunyai material genetika yang dapat berupa DNA dan RNA. Nah, pada virus corona, material genetiknya adalah RNA. Material RNA inilah yang diamplifikasi dengan RT-PCR sehingga dapat dideteksi. Untuk memperoleh hasilnya, pemeriksaan PCR memerlukan waktu yang lebih lama karena hanya bisa dilakukan di laboratorium yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

2. Rapid Test

Pemeriksaan rapid test berbeda dengan PCR, karena dalam pemeriksaan rapid test ini menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah digunakan untuk mendeteksi immunoglobin. Karena seseorang yang terinfeksi virus corona akan membentuk antibodi yang disebut sebagai immunoglobin, yang dapat didetiksi di darah. Nah, immuniglobin inilah yang akan dideteksi dengan metode rapid test. Rapid test dapat dilakukan di mana saja dan untuk mendapatkan hasilnya dengan menggunakan kit hanya memerlukan waktu antara 15-20 menit. Akan tetapi, rapid test ini mempunyai kelemahan yaitu bisa menghasilkan “fase negative” atau hasil tes nampak negatif meski sebenarnya adalah positif. Hal ini biasanya terjadi apabila tes dilakukan kurang dari 7 hari setelah terinfeksi.

3. Tes Cepat Molekuler (TCM)

Sebelumnya TCM dikenal digunakan untuk mendiagnosis penyakit tuberkulosis (TB) berdasarkan dari pemeriksaan molekuler. Pemeriksaan menggunakan metode TCM ini menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat yang berbasis cartridge. Jadi tes ini mengidentifikasi RNA pada virus corona dengan mesin yang menggunakan cartridge khusus yang dapat mendeteksi virus corona. Hasil pemeriksaan TCM ini terbilang cukup cepat karena hasilnya dapat diketahui hanya dalam waktu kurang dari 2 jam.

Itulah 3 macam metode pemeriksaan atau test Covid-19 yang dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia. Bagi kamu yang tinggal atau berdomisili di Jakarta, tentunya memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi dibanding dengan daerah lain di Indonesia. Hal itu karena Jakarta merupakan daerah awal pusat penyebaran Covid-19 di indonesia yang sampai saat ini menjadi salah satu provinsi dengan jumlah kasus positif terbanyak di Indonesia. Bersyukurnya, di jakarta kini sudah banyak fasilitas kesehatan yang menyediakan tes pemeriksaan seperti 3 metode test Covid-19 yang sudah dijelaskan di atas. Nah, untuk mengetahui di mana covid test jakarta bisa dilakukan, anda bisa mencari dan menemukannya dengan mudah melalui situs web atau aplikasi halodoc.

Apa itu halodoc? Halodoc adalah sebuah aplikasi yang dapat memberikan solusi secara lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Ineondaia. Halodoc didirikan oleh Jonathan Sudharta pada tahun 2016. Melalui Halodoc, orang bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis, membeli obat dan melakukan pemeriksaan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kita download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Google Play App Store

Demikian informasi tentang Metode Test Covid-19 yang dapat saya tuliskan, semoga dapat bermanfaat.

Referensi:
  1. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4961867/perbedaan-3-jenis-tes-corona-di-indonesia-pcr-rapid-test-dan-tcm
  2. https://www.halodoc.com/
Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar