--> Skip to main content

Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi Covid-19

Saat ini virus corona atau Covid-19 telah menyebar luas ke berbagai negara di belahan dunia. Mulai dari negara berkembang hingga negara maju kini berperang melawan Covid-19 termasuk negara kita Indonesia. Karena menyebar luasnya virus ini, maka Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO. Kondisi ini jelas tidak boleh diremehkan karena sepanjang sejarah hanya beberapa penyakit saja yang digolongkan sebagai pandemi.

Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi

Terjadinya pandemi Covid-19 ini tentunya memiliki dampak yang cukup serius bagi kehidupan kita. Akibat dari pandemi ini, masyaakat dihimbau pemerintah untuk melakukan social and physical distancing untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Himbauan tersebut tentunya akan berdampak pada berbagai aktivitas lainnya, misalnya yaitu aktivitas belajar, bekerja, bahkan kegiatan ibadah. Dengan kondisi seperti ini maka saatnya kita memaksimalkan teknologi informasi untuk menunjang berbagai aktivitas yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Ditengah pandemi seperti saat ini, memaksimalkan teknologi informasi merupakan solusi yang cukup efektif. Karena dengan teknologi informasi kita bisa berkomunikasi dengan keluarga, teman dan juga rekan kerja dari jarak jauh. Sehingga kita tetap bisa melakukan kegiatan belajar, bekerja dan kegiatan lainnya meskipun berada di rumah. Dapat dikatakan bawa peran teknologi informasi sangatlah penting ditengah pandemi ini, baik itu dalam bidang pendidikan, ekonomi, bisnis, kesehatan, bahkan agama. Untuk dapat memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi Covid-19

1. Menggunakan Aplikasi Video Conference untuk Melakukan Pertemuan Jarak Jauh

Semenjak meluasnya pandemi ini, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk belajar dari rumah. Kebijakan ini berlaku bagi institusi pendidikan mana pun, baik itu yang negeri maupun swasta. Dalam konsisi seperti ini, menggunakan aplikasi video conference bisa menjadi solusi yang tepat untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Aplikasi video converence merupakan aplikasi yang dapat mempertemukan puluhan bahkan ribuan peserta secara virtual. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini, memungkinkan siswa dan guru dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara online. Sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan kondusif meskipun berada ditengah pandemi.

Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi

Selain itu, aplikasi video conference juga banyak digunakan oleh para pekerja profesional. Karena aplikasi ini dapat menjadi solusi untuk mengadakan meeting ataupun seminar jarak jauh. Selain dapat melakukan tatap muka secara virtual, aplikasi ini juga mempunyai fitur screen share, yaitu fitur yang dapat membagikan tampilan desktop pada audiens lain. Dengan memanfaatkan teknologi yang terdapat pada aplikasi ini, maka aktivitas meeting maupun seminar dapat berjalan dengan baik.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

2. Menggunakan E-Commerce dan Pembayaran Digital untuk Berbelanja

Adanya kebijakan social distancing, membuat masyarakat mau tidak mau harus tetap berdiam diri di rumah selama tidak mempunyai kepentingan apapun. Meskipun berdiam diri di rumah anda tidak perlu bingung jika ingin berbelanja. Karena anda masih bisa berbelanja online menggunakan e-commerce. Melalui teknologi e-commerce anda dapat membeli berbagai kebutuhan sehari-hari dengan mudah tanpa menghabiskan waktu dan tenaga.

Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi

Untuk melakkukan pembayaran, anda bisa menggunakan fasilitas internet banking, m-banking maupun pembayaran digital lainnya. Sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan praktis karena bisa melalui smartphone. Pilih barang yang anda inginkan, kemudian bayar dengan pembayaran digital. Dengan kemudahan berbelanja online di e-commerce, anda tidak perlu repot untuk keluar rumah selama masa pandemi.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

3. Membuat Website untuk Memasarkan Produk

Adanya pandemi Covid-19 ini tentunya juga berdampak pada penghasilan masyarakat Indonesia. Tidak sedikit dari pegawai yang diberikan upah hanya sebesar 50% bahkan ada yang terkena PHK. Tentunya ini menjadi masalah yang cukup serius karena tidak adanya pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Lalu bagaimanakah solusinya? Solusinya adalah anda bisa memulai berjualan online agar tetap bisa menyambung hidup.

Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi

Untuk berjualan online anda bisa menggunakan media sosial dan e-commerce. Selain itu anda juga bisa membangun sebuah website untuk dapat melakukan pemasaran produk secara efektif. Karena dengan membangun website akan lebih mudah untuk melakukan branding. Selain itu bisnis jualan online anda akan terkesan lebih eksklusif dan profesional. Jika anda ingin membuat website, anda bisa membeli domain dan Hosting di penyedia layanan hosting dan domain. Sebelum membuat website, terlebih dahulu anda harus menentukan nama domain atau alamat website, di mana nantinya akan menjadi brand atau merk dagang anda. Untuk melihat ketersediaan nama domain yang anda ingikan, anda bisa melakukan cek domain secara gratis di penyedia domain tanpa harus melakukan order terlebih dahulu.

Baca Juga:

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

4. Memanfaatkan Aplikasi Kesehatan

Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi

Selama masa pandemi berlangsung, masyarakat banyak yang panik akan kondisi kesehatannya, apakah mereka terjangkit Covid-19 ataukah tidak. Untuk mengetahui status kesehatan, anda dapat menggunakan aplikasi kesehatan “Bersatu Lawan COVID-19” untuk deteksi gejala Covid-19 secara mandiri. Aplikasi Bersatu Lawan COVID-19 merupakan mobile apps yang dibangun oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Tujuan dibangunnya aplikasi ini adalah untuk menekan penularan dan membantu pelayanan COVID-19. Aplikasi ini dapat di download pada situs resmi pemerintah yaitu https://covid19.go.id/ atau dapat didownload di play store. Selain terdapat fitur deteksi gejala Covid-19, juga terdapat fitur pemantauan isolasi diri, telekonsultasi dan juga terdapat informasi untuk mengetaui kerawanan daerah dan edukasi harian seputar Covid-19.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

5. Memanfaatkan Aplikasi Keagamaan

Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi

Pandemi Covid-19 hadir beriringan dengan datangnya Bulan Suci Ramadhan. Sehingga membuat suasana Ramadhan di tahun ini berbeda dari biasanya, dimana masyarakat tidak diperbolehkan melaksanakan sholat tarawih berjamaah dan menghadiri kajian. Untuk tetap mendapatkan pahala selama di rumah, anda bisa memanfaatkan aplikasi keagamaan dengan menggunakan smartphone. Anda bisa mendownload aplikasi Al-Qur’an, kumpulan do’a sehari-hari, jadwal sholat dan lain-lain. Selain itu untuk menonton kajian-kajian, anda bisa menonton video di Youtube ataupun aplikasi lain. Dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut, ramadhan selama pandemi Covid-19 menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

Dengan memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi Covid 19, maka masyarakat bisa dengan mudah melakukan berbagai aktivitas meskipun hanya dari rumah. Semoga dengan mentaati anjuran pemerintah, virus corona bisa hilang dalam waktu dekat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar