Skip to main content

Menebar Kebaikan Dapat Mengubah Banyak Hal Dalam Hidup Kita

Jika kita mengira berbuat baik itu adalah hal yang sulit, maka itu salah. Kebaikan itu tidaklah harus dilakukan dengan hal yang luar biasa. Tetapi kebaikan dapat pula dilakukan melalui berbagai hal yang sederhana. Jika kita mau, kita dapat melakukan berbagai kebaikan setiap hari. Asalkan ada kemauan. Jika kemauan untuk melakukan kebaikan-kebaikan telah kita miliki, maka kita akan bisa memberi warna bagi diri kita dan lingkungan yang ada di sekitar kita.

Menebar Kebaikan

Kebaikan dapat kita mulai dari hal yang kecil, misalnya tersenyum kepada seseorang. Meskipun terlihat sepele tetapi dengan tersenyum berdampak besar kepada orang lain untuk aktifitas selanjutnya. Karena tersenyum itu seperti halnya memberikan kebahagiaan. Misalnya pada saat kita membeli sesuatu di sebuah warung atau toko, jangan lupa memberikan senyuman kepada mereka. Karena sebuah senyuman sederhana pun dapat memberikan makna untuk membuat hari mereka menjadi lebih berwarna.

Kebaikan juga dapat kita wujudkan dalam bentuk ucapan terimakasih kepada seseorang yang telah berbuat baik kepada kita. Karena ucapan terimakasih tersebut dapat membuat orang tersebut merasa senang. Selain itu dapat mendorong orang tersebut untuk melakukan hal baik lainnya di lain waktu dalam situasi yang berbeda.

Kebaikan juga dapat kita lakukan jika ada orang yang sedang kesusahan dan perlu bantuan, entah itu dalam hal tenaga, ekonomi, ilmu atau hal lainnya. Selagi kita mampu untuk menolongnya, maka segeralah kita menolong orang yang sedang kesusahan tersebut. Karena hal yang menurut kita kecil, bagi orang yang sedang kesusahan ada sesuatu yang besar dan mungkin saja dapat merubah keadaan hidupnya. Misalnya dapat mengurangi beban kesusahan yang sedang dihadapinya.

Sebagai contoh pada saat kita zakat fitrah, walaupun yang kita keluarkan hanya 2,5 kg beras, akan tetapi bagi mereka yang menerimanya akan terlihat senang. Mereka dapat menyajikan ketupat untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarganya. Kebahagiaan seperti itulah yang dapat membuat pahala kita mengalir deras seperti air terjun.

Itulah beberapa contoh kebaikan yang dapat kita lakukan, yang sebenarnya masih banyak kebaikan-kebaikan lain yang dapat kita lakukan untuk orang lain.

Lalu...

Bagaiamana Menebar Kebaikan saat pandemi Covid-19?

Semenjak adanya pandemi covid-19 saat ini, kita semua dihimbau untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Hal itu dilakukan sebagai bentuk upaya untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

Apabila kamu khawatir jika harus menebar kebaikan langsung ke lapangan, maka kamu bisa melakukan donasi melalui dompetdhuafa.org. Karena Dompet Duafa dapat kamu jadikan sebagai wadah untuk tetap berbuat baik, meskipun kamu kini sedang berada dirumah. Melalui dompet duafa kamu dapat berdonasi untuk keperluan zakat, infak/ sedekah, wakaf dan kemanusiaan.

Dompet Dhuafa mengadakan campaign untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 dalam bentuk sembako. Mari ulurkan tangan kita untuk mereka yang sedang membutuhkan dengan cara berdonasi di dompet dhuafa. Karena kebaikan berbagi kita di sini menjadi kebahagiaan bagi mereka yang sedang membutuhkan pertolongan.

Mari kita menebar kebaikan, karena berawal dari kebaikan yang kita lakukan akan mendorong orang lain untuk menularkan kebaikan kepada orang lain lagi. Percayalah semua itu akan bisa mengubah banyak hal dalam kehidupan kita. Semakin banyak orang yang menebar kebaikan, maka akan semakin besar pula energi positif yang mengalir di sekitar kita. Jadi kita harus yakin, bahwa kebaikan yang telah tuhan berikan kepada kita, akan menjadi lebih bermakna dan bermanfaat apabila tidak hanya berhenti pada diri kita. Selain itu dengan kita menebar kebaikan itu sama halnya dengan menabung pahala untuk kelak di akhirat.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam postingan ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar