Skip to main content

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Pendidikan sebagai kunci penguatan peran perempuan baik itu di dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat. Karena melalui pendidikan seorang perempuan dapat memperluas pengetahuannya, menambah keterampilan dalam dirinya dan tentu saja dapat menguatkan karakter seorang perempuan. Seorang perempuan yang berpendidikan akan lebih cenderung diterima dengan baik di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Dulu sering terdengar kalimat “Perempuan tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, karena nantinya hanya berakhir di dapur mengurus suami dan anak. Dengan katalain, kodrat seorang perempuan akan berakhir di rumah mengurus rumah tangga dan keluarga.

Berbicara tentang perempuan, perempuan zaman sekarang dengan perempuan zaman dulu sebelum adanya emansipasi itu berbeda. Dulu sebelum adanya emansipasi wanita, perempuan memiliki kedudukan yang rendah di bawah laki-laki dan dipandang lemah. Sementara sekarang, perempuan kedudukannya menjadi lebih terangkat sehingga dapat melakukan kegiatan yang sama seperti laki-laki. Hal ini muncul karena adanya emansipasi wanita yang telah diperjuangkan oleh R. A Kartini.

RA Kartini

Melalui pendidikanlah peran perempuan menjadi sama pentingnya dengan laki-laki. Maksudnya yaitu perempuan juga bisa sekolah setinggi mungkin dan juga bisa berkarir seperti laki-laki. Jadi perempuan tidak hanya di rumah mengurus keluarga saja, tetapi juga bisa ikut andil dalam membantu mencari nafkah keluarga. Seorang perempuan yang memperoleh pendidikan di lingkungannya dengan baik, akan sangat berpengaruh terhadap perannya dalam kehidupan.

Pendidikan

Lingkungan pendidikan tidak hanya bisa diperoleh di sekolah saja, tetapi pendidikan bisa diperoleh dimana saja dan kapan saja. Misalnya di lingkungan keluarga dan di lingkungan masyarakat. Melalui berbagai lingkungan pendidikan inilah yang dapat membuat peran perempuan menjadi semakin kuat.

1. Pendidikan di Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga merupakan pendidikan yang pertama. Karena di keluargalah pertama kalinya seseorang anak mendapatkan bimbingan. Pendidikan dalam keluarga diantaranya meliputi pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan. Sebagian besar sifat dan tabiat seorang anak diambil dari orang tuanya dan anggota keluarga lainnya. Sehingga melalui pendidikan keluarga yang baik seorang perempuan akan bisa mempunyai akhlak dan pandangan hidup keagamaan yang baik. Inilah pendidikan yang dapat menguatkan peran perempuan pertama kalinya.

2. Pendidikan di Lingkungan Sekolah

Di lingkungan sekolah seseorang bisa memperoleh berbagai macam ilmu pengetahuan, ilmu sosial dan berbagai keterampilan. Ilmu-ilmu tersebut bisa diperoleh melalui kegiatan pembelajaran dan kegiatan bersama dengan teman-teman sekolahnya. Ilmu-ilmu tersebutlah yang akan membuat seorang perempuan mempunyai pengetahuan yang luas, sikap-sikap sosial yang baik dan berbagai keterampilan yang bermanfaat. Dengan begitu maka seorang perempuan akan mempunyai pola pikir untuk terus maju dan berkembang menjadi yang terbaik. Selain itu ilmu-ilmu tersebut juga dapat diterapkan kepada orang lain sesuai dengan profesinya sehingga dapat membuat peran perempuan menjadi lebih kuat.

3. Pendidikan di Lingkungan Masyarakat

Melalui pendidikan di lingkungan masyarakat inilah permpuan bisa mendapatkan nilai-nilai kehidupan sosial. Nilai-nilai tersebut bisa didapatkan dengan cara berinterksi dengan masyaakat atau bisa melalui organisasi kemasyarakatan. Misalnya dalam organisasi masyarakat seorang perempuan bisa berperan sebagai sekretaris, bendahara, pembicara bahkan ketua organisasi. Dengan begitu maka dapat melatih mental dan menguatkan peran perempuan. Sehingga perempuan tidak dianggap sebelah mata dan tidak diremehkan.

Dari ketiga lingkungan pendidikan yang berbeda tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa setiap lingkungan pendidikan yang berbeda mempunyai cara masing-masing dalam menguatkan perempuan agar bisa berdaya saing. Akan tetapi hal itu juga harus diimbangi dengan kemauan untuk terus belajar dan mencoba.

Karena begitu pentingnya pengaruh pendidikan bagi perempuan, maka setiap perempuan harus mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk belajar, menambah pengetahuan dan ketermpilan melalui berbagai media. Salah satunya bisa melalui EduCenter. Apa itu EduCenter? Kenapa melalui EduCenter?

EduCenter adalah sebuah mall edukasi di Indonesia yang mengusung konsep “One Stop Education of Excellence”. EduCenter memiliki tujuan untuk mengatasi solusi yang dialami oleh para pelajar pada saat ini. Pendidikan EduCenter diciptakan untuk mengefisiensikan dan memaksimalkan waktu yang dimiliki oleh anak-anak dalam belajar. Selain itu, EduCenter juga merupakan mall edukasi pertama di Indonesia, menyadari pentingnya pendidikan untuk mendukung penyetaraan gender dan menguatkan peran perempuan di masyarakat luas. Untuk menjaga kenyamanan dan kesenangan penggunanya, EduCenter menyediakan berbagai fasilitas seperti restoran, taman bermain anak dan masih banyak yang lainnya.

Itulah pentingnya pendidikan sebagai kunci penguatan peran perempuan. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

#educenterid
Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar