--> Skip to main content

Cara Membuat Kerupuk Basreng

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 20, 2023

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara membuat kerupuk basreng, alangkah baiknya kita mengenal dulu apa itu kerupuk basreng. Kerupuk basreng (Baso Goreng) adalah cemilan yang semakin popular karena memiliki cita rasa yang lezat dank has. Kerupuk basreng merupakan bakso yang digoreng dengan tepung crispy hingga warnanya keemasan dan mempunyai tekstur luar yang renyah, tetapi di dalamnya tetap juicy. Dengan begitu akan memberikan dimensi cita rasa yang menggugah selera dan tekstur yang unik.

Cara Membuat Kerupuk Basreng

Kerupuk basreng sekarang ini telah hadir dengan variasi bentuk dan rasa yang semakin beragam sehingga membuatnya menjadi semakin unik dan istimewa. Dari mulai basreng dengan bumbu rempah yang khas Indonesia, hingga varian dengan menggunakan bahan-bahan alternatif. Inovasi tersebut tentu membuat kerupuk basreng sebagai cemilan semakin diminati oleh masyarakat karena bukan hanya lezat, namun juga bisa disesuaikan sesuai preferensi makanan yang diminati masyarakat saat ini.

Cara Membuat Kerupuk Basreng yang Menggugah Selera

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara membuat kerupuk basreng dari mulai bahan-bahan yang perlu dipersiapkan hingga proses pembuatannya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat, pastikan kamu telah menyiapkan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk basreng. Adapun beberapa bahan yang umum untuk disiapkan diantaranya addalah:

  • Kerupuk jenis apapun (kerupuk ikan, kerupuk udang, dan lain-lain).
  • Bakso yang siap goreng (ukurannya bisa kecil maupun besar, bisa disesuaikan sesuai selera).
  • Tepung bumbu.
  • Tepung terigu.
  • Bumbu pelengkap sesuai dengan selera (bawang putih bubuk, garam, lada, dan sebagainya).
  • Telur (untuk membuat lapisan lebih crispy ini opsional).
  • Minyak goreng seperlunya.

Proses Pembuatan

Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah dipersiapkan, maka selanjutnya adalah proses pembuatannya. Adapun proses pembuatannya adalah sebagai berikut ini:

Menyiapkan Baksonya

Apabila yang digunakan adalah bakso yang masih mentah, maka pastikan untuk memasaknya terlebih dahulu sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan. Apabial sudah matang, dinginkan baksonya sebentar supaya tidak terlalu lembab ketika hendak digoreng. Bisa juga memotong-motong baksonya, untuk ketebalannya bisa disesuaikan dengan selera.

Menyiapkan Untuk Adonan Tepungnya

Tepung terigu dengan tepung bumbu dicampurkan dalam mangkuk. Untuk menambahkan rasa, kamu dapat memberikan bumbu lain sesuai dengan seleramu.

Apabila mengingkan adanya lapisan yang terasa lebih crispy, maka celupkan bakso tersebut ke dalam telur yang sudah dikocok-kocok sebelum membalurinya menggunakan campuran tepung.

Menggoreng Kerupuk dan Bakso

Panaskanlah minyak goreng ke dalam wajan penggorengan menggunakan api yang sedang hingga dirasa cukup panas. Gorenglah kerupuk sampai mengembang dengan ditandai warna keemasan, lalu angkatlah dan tirikan.

Setelah itu, gorenglah bakso yang sudah dibalut menggunakan tepung hingga warnanya kecoklatan dan terlihat renyah. Stelah itu angkat dan tiriskan.

Menyajikan

Jika kerupuk bakso telah selesai digoreng, maka kamu bisa menyajikan kerupuk basreng, dengan menambahkan bumbu pelengkap seperti saus tomat, saus sambal, atau mungkin saus favoritmu. Untuk informasi lebih lengkap tentang kerupuk basreng mungkin kamu bisa mengunjungi situs kerupuk303.

Demikian penjelasan tentang Cara Membuat Kerupuk Basreng, semoga infomasi di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar