--> Skip to main content

Anti Belang, Ini 6 Tips Mudah Pilih Shade Bedak Cushion Sesuai Warna Kulit!

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 23, 2023

Memakai make up di wajah memang suatu hal yang menyenangkan, tidak hanya bisa membuat wajah terlihat lebih cantik namun juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Apalagi, jika make up yang digunakan cocok di kulit yang sesuai dengan karakteristik wajah. Salah satu kunci penting dari make up yang menawan adalah pemilihan shade bedak cushion.

Anti Belang, Ini 6 Tips Mudah Pilih Shade Bedak Cushion Sesuai Warna Kulit!

Karena cushion menjadi dasar dari make up, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan shade. Jika complexion dari cushion sudah pas shade-nya, maka make up akan memberikan efek berseri di wajah dan tidak belang. Sangat menarik, bukan? Yuk, kita simak tips mudah memilih shade cushion sesuai warna kulit di bawah ini!

6 Tips Mudah Memilih Shade Cushion Berdasarkan Warna Kulit

1. Undertone Kulit Menjadi Kunci

Kunci utama dalam memilih shade cushion adalah mengetahui undertone kulit, yang akan mempengaruhi warna skin tone milikmu. Ada tiga undertone, yaitu: cool, neutral, dan warm, bisa diketahui dari warna urat nadi di tangan. Undertone ini bisa menjadi acuan kamu dalam memilih shade produk kecantikan yang lain, tidak hanya cushion saja.

2. Skin Tone Kulit Sebagai Pertimbangan

Setelah tahu undertone milikmu, maka lihat skin tone. Apakah keduanya berbeda? Benar, skin tone bisa berubah akibat kebiasaan juga produk kecantikan yang dipakai, tidak seperti undertone yang sifatnya melekat. Skin tone orang Indonesia umumnya ada tiga, yaitu: putih gading, kuning langsat, dan sawo matang.

3. Coba Aplikasikan ke Kulit Langsung

Sekarang setelah tahu undertone dan skin tone milikmu, semuanya akan lebih mudah. Kini, banyak brand yang membuat shade bedak cushion berdasarkan keduanya, kamu tinggal menyesuaikan mana yang cocok dengan kulitmu saja. Jika kamu berbelanja secara offline, akan lebih baik untuk aplikasikan langsung ke titik penting, seperti leher atau dagu sebagai pertimbangan.

4. Pilih Satu Tingkat Lebih Cerah

Kamu juga harus mempertimbangkan tingkat oksidasi dari cushion yang dipilih. Jika punya oksidasi yang tinggi, maka perlu memilih shade yang satu tingkat lebih cerah. Karena saat oksidasi, cushion bisa berubah warna menjadi lebih gelap, yang berakibat make up juga menggelap. Jadi sebagai langkah preventif, lebih baik pilih shade yang lebih cerah dari kulit.

5. Pilih Tingkat Coverage dan Finish Look

Tidak hanya permasalahan shade yang penting, tapi kamu juga harus memilih tingkat coverage dan finish look dari cushion. Lebih baik pilih cushion yang punya buildable coverage, jadi kalau butuh untuk make up bold tinggal di build saja. Bedak cushion dengan coverage medium to full menjadi rekomendasi, karena kamu bisa membuat tingkat coverage sesuai keinginan.

Finish look juga penting, apakah cushion yang kamu inginkan punya matte atau luminous finish. Jika kulitmu tipe yang kering, kamu bisa memilih luminous finish, make up akan terlihat glowing dan sehat di kulit wajah. Sementara, jika kulit tipenya berminyak, coba untuk memilih yang matte finish. Dengan begitu, efek matte akan menyamarkan minyak berlebih di kulit wajah.

6. Pertimbangkan Formulasi Cushion

Kamu juga bisa mempertimbangkan formulasi dari bedak cushion. Kini, ada banyak cushion yang skincare infused, jadi selain untuk make up kulitmu juga tetap terawat dengan kandungan skincare di dalamnya. Selain itu, formulasi seperti long-lasting wear, blurring effect, juga kandungan SPF bisa menjadi bahan pertimbangan saat memilih cushion.

Beberapa tips mudah di atas bisa kamu coba saat bingung dalam memilih cushion yang sesuai dengan warna kulit. Memang kunci utamanya adalah menyesuaikan dengan undertone dan skintone, tapi kamu juga harus mempertimbangkan beberapa faktor lainnya. Misalnya seperti formulasi, finish look, juga tingkat coverage.

Anda bisa cek koleksi cushion foundation dari Buttonscarves Beauty sekarang juga! Tersedia pilihan matte dan glow-finish, dengan formula tahan lama menjadikan bedak cushion Buttonscarves Beauty menjadi salah satu cushion lokal pilihan banyak orang.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar