--> Skip to main content

Tips Perawatan Camera CCTV outdoor di Stadion Olahraga

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - May 28, 2023
Tips Perawatan Camera CCTV Outdoor di Stadion Olahraga
https://www.pexels.com/photo/football-stadium-61135/ 

Camera CCTV memang digunakan untuk mengawasi keamanan lingkungan. Tidak hanya lingkungan indoor namun juga outdoor. Saat ini CCTV memang banyak ditemukan di tempat-tempat outdoor, salah satunya stadion olahraga. Tentunya penggunaan CCTV di tempat ini harus dilakukan dengan tepat dan perawatannya juga harus benar.

Perawatan yang baik akan membantu meningkatkan daya pakai CCTV tersebut. Jika dirawat dengan benar, perangkat CCTV juga pasti akan merekam kondisi di lingkungan tersebut secara optimal. Mari cari tahu seperti apa cara merawat CCTV outdoor di stadion olahraga yang baik dan benar.

Tips-Tips Merawat Camera CCTV outdoor

Banyak orang hanya fokus pada cara pasang CCTV. Setelah terpasang, mereka tidak peduli pada cara perawatan CCTV tersebut. Sebaiknya Anda mengikuti tips-tips perawatan kamera CCTV berikut ini:

  • Bersihkan Perangkat CCTV secara Rutin

Pertama, cobalah untuk selalu memperhatikan kebersihan perangkat CCTV. Kualitas hasil rekaman sangat dipengaruhi oleh kebersihan perangkat kamera itu sendiri. Apalagi untuk kamera pengawas yang diletakkan outdoor.

Kamera yang dipasang di area outdoor stadion olahraga biasanya mudah kotor. Paparan debu, kotoran, dan sinar matahari akan membuat perangkat kamera jadi kotor. Jika tidak dibersihkan secara rutin maka performa CCTV bisa berkurang.

Seringkali pengguna CCTV lupa membersihkan debu dan kotoran yang ada di lensa kamera. Padahal jika lensa tertutup debu hasil rekaman akan jadi buram dan tidak akurat. Ini akan merugikan Anda sebagai pengguna CCTV jadi lebih baik dibersihkan secara rutin.

  • Perhatikan Pengaturan Rekaman

Pastikan untuk terus mengecek pengaturan rekaman CCTV secara rutin. Setelah lama dipakai, seringkali pengaturan CCTV jadi berubah. Hal ini kemudian ikut menurunkan performa hasil rekaman dan malah membuatnya jadi tidak akurat.

Selain membersihkan perangkat kamera secara berkala, Anda juga perlu memeriksa pengaturannya. Pastikan pengaturan kamera sudah sesuai dengan kebutuhan. Jika pengaturan berubah maka Anda harus mengaturnya kembali. Pastikan pengaturannya sudah optimal sehingga hasil rekaman sesuai ekspektasi.

Setiap produk CCTV biasanya memiliki spesifikasi dan cara pengaturan yang berbeda. Jadi sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu bagaimana cara pengaturannya. Cari tahu mode setting yang paling optimal dan bisa memberikan hasil rekaman terbaik. Ini akan membantu Anda mendapatkan CCTV dengan performa yang memuaskan.

  • Lakukan Pengecekan Perangkat secara Berkala

Usahakan untuk melakukan pengecekan perangkat secara berkala. Ini juga tidak kalah penting karena seringkali ada bagian perangkat CCTV yang mengalami kerusakan. Jika bagian komponen CCTV rusak maka fungsinya juga pasti akan terganggu.

Cek satu per satu apakah semua komponen CCTV bekerja dengan baik atau tidak. Apabila ada salah satu komponen saja yang rusak sebaiknya segera diperbaiki. Tujuannya agar perangkat CCTV tetap bisa bekerja secara optimal dan memberikan hasil video yang bagus.

Di zaman sekarang ini perangkat CCTV sudah semakin canggih. Semakin canggih CCTV-nya maka semakin sedikit juga komponen perangkat CCTV yang digunakan. Meskipun begitu pastikan untuk selalu memeriksa setiap komponennya demi memastikan akurasi rekaman.

Tips Perawatan Camera CCTV Outdoor di Stadion Olahraga
https://www.pexels.com/photo/aerial-photography-of-people-playing-baseball-1757433/ 
  • Cek Akurasi Rekaman

Setelah mengikuti cara pasang CCTV yang benar, Anda juga harus memastikan hasil rekaman sudah akurat. Cobalah untuk memeriksa contoh hasil rekaman dari CCTV tersebut. Jika akurasi rekamannya bagus dan cukup tinggi maka CCTV bisa diandalkan untuk mengawasi lingkungan.

Seiring berjalannya waktu, bisa saja akurasi rekaman berubah dan menurun. Kalau Anda tidak memeriksa akurasinya maka bisa saja hal tersebut tidak disadari. Jadi lebih baik cek secara rutin sehingga bisa memastikan bahwa akurasi rekaman CCTV selalu terjaga.

Banyak sekali pengguna CCTV yang merasa tidak puas dengan kamera pengawasnya. Sebenarnya kesalahan bukan terletak pada produk CCTV yang dipakai melainkan kelalaian pengaturan dan cek akurasi. Bahkan CCTV yang bagus dan mahal sekalipun perlu dicek akurasinya secara rutin.

  • Lakukan backup Hasil Rekaman

Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan backup hasil rekaman. Hal ini seringkali dilupakan oleh pengguna CCTV. Padahal jika tidak dilakukan backup maka bisa jadi file video rekaman akan terus menumpuk. Nantinya hal ini bisa mengganggu performa CCTV.

Selain memahami bagaimana cara pasang CCTV yang benar, usahakan juga untuk mengetahui cara backup-nya. Pastikan untuk melakukan backup dengan benar sehingga semua file rekaman tersimpan rapi.

Sebaiknya Anda membuat jadwal backup secara rutin. Adanya jadwal backup otomatis membuat Anda bisa menyelamatkan semua dokumen video rekaman secara aman.

Pilih Produk CCTV Hikvision Acusence

Camera CCTV menjadi kebutuhan penting yang perlu Anda penuhi di zaman sekarang. Tentunya Anda juga harus memilih produk CCTV yang tepat dan berkualitas. Hikvision AcuSense bisa menjadi pilihan produk terbaik untuk menjaga keamanan lingkungan Anda. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh CCTV Hikvision AcuSense:

  • Memberi hasil rekaman yang sangat detail dan akurat.
  • Memiliki hasil rekaman responsif secara real time.
  • Efisiensi tinggi karena ada pengelompokkan hasil rekaman sesuai kategori.
  • Memiliki cara pasang CCTV yang mudah, tidak perlu bantuan teknisi.

Semua kelebihan ini akan menguntungkan Anda sebagai pengguna CCTV. Hikvision AcuSense memiliki teknologi canggih yang akan meningkatkan efektivitas pengawasan sebuah lingkungan. Spesifikasi yang dimiliki cocok sekali untuk digunakan di lingkungan outdoor stadion olahraga.

Camera CCTV Hikvision AcuSense akan memberikan pengawasan yang optimal dan berkualitas. Hasil rekaman di lingkungan outdoor bisa lebih bagus dan jernih. Langsung saja klik di sini untuk informasi lebih lengkap tentang produk CCTV satu ini.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar