--> Skip to main content

Tips Memilih Pengacara Jakarta Yang Tepat

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - May 25, 2023

Dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak terlepas dari yang namanya permasalahan. Baik itu permasalahan yang dialami oleh seseorang maupun oleh perusahaan. Terkadang untuk menyelesaikan permasalahan kita membutuhkan konsultan hukum. Misalnya bagi kamu yang di Jakarta mungkkin bisa datang ke salah satu Kantor pengacara Jakarta untuk meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Tips Memilih Pengacara Jakarta Yang Tepat

Menggunakan bantuan jasa pengacara atau konsultan hukum memang sangat penting, akan tetapi banyaknya pengacara yang ada di Jakarta tentu bisa membuat kita bingung dalam memilihnya. Lalu bagaimanakah cara memilih jasa pengacara atau konsultan hukum Jakarta yang tepat? Simak penjelasannya di sini.

Tips Memilih Pengacara Jakarta Yang Tepat

Adapun beberapa tips dalam memilih pengacara Jakarta yang tepat yaitu sebagai berikut ini:

Memiliki track record baik

Track record atau portfolio dari seorang pengacara ini penting diperhatikan. Untuk mengetahui pengalaman seorang pengacara dapat dilihat dari sudah berapa banyak klien yang berhasil dibantunya dalam menyelesaikan masalah. Selain itu keahlian yang dimilikinya bagaimana dan apa keunggulannya dari pengacara yang lainnya.

Memilih yang sesuai dengan keahlian masalah

Kaitannya dengan pengetahuan hukum yang terbagi menjadi beberapa bidang keahlian. Maka akan sangat tidak mungkin apabila menyerahkan masalah untuk diselesaikan pada seseorang yang bukan ahlinya. Perlu diketahui, bahwa penasihat hukum atau pengacara itu tidak ahli dalam semua masalah hukum mereka mempunyai bidang keahlian masing-masing. Ada yang ahli dalam bidang hukum perdata, hukum pidana, hukum tata Negara dan yang lainnya. Jadi pastikan dalam memilih pengacara Jakarta itu pilih yang sesuai dengan keahlian masalah yang sedang dihadapi.

Utamakan pilih yang berkualitas

Dalam memilih jasa pengacara kualitas memang menjadi tolak ukur yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan akan menjadi taruhan atas permasalahan hukum yang sedang dihadapi apakan bisa terselesaikan dengan baik ataukah tidak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui pengacara yang berkualitas. Misalnya dengan melihat berapa lama kantor hukumnya berdiri, permasalahan apa saja yang pernah ditanganinya, apakah pernah menangani masaalah yang serupa dengan yang kamu alami, dan bagaimana hasil dari permasalahan yang pernah ditanganinya.

Mempunyai Pengalaman yang mumpuni

Dalam memilih pengacara penting juga melihat pengalaman seorang pengacara yang akan dipilih. Pastikan pengacara yang akan dipilih adalah pengacara yang berpengalaman. Ini penting karena tidak semua tahu teori hukum yang luas sesuai dengan praktik yang ada di lapangan. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki oleh pengacara, maka akan semakin mudah dalam memecahkan permasalahan hukum yang sedang kamu hadapi. Akan tetapi pengacara berpengalaman biasanya akan memasang tarif yang lebih tinggi dibanding dengan kompetitornya.

Pastikan memilih pengacara yang jujur dan berintegritas

Biasanya pengacara yang berkualitas itu mempunyai kejujuran dan integritas yang tinggi. Jadi hal ini penting untuk dipertimbangkan karena tidak sedikit masalah yang seharusnya dapat diselesaikan dengan mudah tetapi karena masalah honorium maka seakan-akan masalahnya sulit untuk diselesaikan. Jadi pastikan memilih pengacara yang jujur dan berintegritas.

Berkomitmen dalam menyelesaikan masalah

Tidak semua pengacara itu mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan masalah yang ada. Maka dari itulah pastikan memilih pengacara yang berkomitmen dalam menyelesaikan masalah, mintalah keterangan secara jelas apa saja yang akan dilakukan pengacara dalam menyelesaikan masalah hukum yang sedang kamu hadapi dan berapa biayanya.

Itulah beberapa tips memilih pengacara Jakarta yang tepat, yang mungkin dapat kamu jadikan sebagai acuan. Semoga penjelasan yang telah saya tulis ini dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar