--> Skip to main content

Tips Menata Ruang Kantor Agar Lebih Nyaman

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - April 02, 2023

Tentunya setiap perusahaan mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Begitu juga dengan penataan ruang kantornya. Ruang kantor merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk diperhatikan, mulai dari konsepnya hingga desain ruangannya. Tujuan dari itu semua tentu supaya karyawan yang kerja di kantor merasa lebih nyaman. Suasana ruang kantor yang nyaman dan menyenangkan tentu dapat membuat para karyawan menjadi betah dan lebih produktif dalam melakukan pekerjaannya.

Tips Menata Ruang Kantor

Meskipun sekarang ini telah banyak perusahaan yang lebih memilih sewa kantor di sebuah gedung tertentu, akan tetapi hal ini bukan berarti penataan ruang kantor dikesampingkan. Justru penataan ruang kantor sangat penting untuk diperhatikan demi kenyamanan. Nah, bagi anda yang berencana untuk melakukan penataan ulang ruang kerja agar terasa lebih nyaman dan menyenangkan, maka anda harus tahu beberapa tipsnya.

Tips Penataan Ruang Kantor Agar Lebih Nyaman

Adapun tips penataan ruang kantor agar terasa lebih nyaman dan menyenangkan adalah sebagai berikut ini:

1. Mengatur Posisi Per Divisi

Belakangan ini ruangan dengan konsep coworking space memang sedang trend dan banyak diminati. Konsep tersebut menggunakan meja tanpa adanya kubikal yang ditempatkan di satu ruangan yang besar. Tentunya bagi kamu yang ingin menata ruang kantor bisa menerapkan konsep ini. Akan tetapi, pastikan posisinya tidak terlalu berdekatan. Maksudnya ada jarak antar posisi untuk satu divisi dengan divisi yang lain. Tujuannya yaitu untuk menjaga efektivitas dan kenyamanan para karyawan yang bekerja. Cara ini perlu menjadi perhatian karena menata ruang dengan mangatur posisi tiap-tiap divisi dapat membuat komunikasi menjadi lebih baik.

2. Menambahkan Tanaman Hidup Atau Foto atau Lukisan

Supaya ruang kantor menjadi lebih terasa nyaman, bisa juga dengan menambahkan tanaman hidup untuk hiasan. Sekarang ini telah banyak tanaman hias yang ukurannya kecil yang dapat ditaruh di meja, seperti bamboo cina, kaktus atau sukulen. Selain dapat membuat meja tampilan menjadi kelihatan lebih menarik, tanaman hidup juga dapat memberikan energi positif selama bekerja. Selain itu, juga dapat menambahkan foto atau lukisan sebagai hiasan untuk ruangan. Dengan ruangan yang menarik tentunya akan menambah semangat dalam bekerja.

3. Fasilitas Cermin Besar

Tentunya setiap perusahaan akan menuntut setiap karyawannya untuk selalu berpenampilan formal, rapi dan menarik saat bekerja. Untuk bisa menunjang peraturan tersebut, bisa dengan menambahkan fasilitas kaca besar pada bagian pintu masuk ruang kerja. Tujuannya yaitu supaya para karyawan dapat mengecek dan merapikan penampilannya sebelum memasuki ruang kantor. Dengan penampilan yang rapi tentu dapat membuat karyawan lebih bersemangat untuk bekerja.

Selain fasilitas cermin besar, sebaiknya ruang kerja terbuat dari kaca supaya para karyawan dapat melihat pemandangan di luar. Cara seperti ini dilakukan agar karyawan tidak merasa stres saat bekerja. Selain itu ini juga dapat membuat karyawan menjadi merasa lebih rileks dan nyaman di ruang kerja. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan kaca maka biaya untuk listrik akan lebih hemat karena terbantu oleh penerangan alami.

4. Menempatkan Barang Sesuai Posisinya

Menempatkan barang sesuai posisinya dapat membuat para karyawan menjadi merasa nyaman meskipun harus duduk lama di ruang kantor. Hal-hal yang penting untuk diperhatikan yaitu sebaiknya layar laptop atau komputer mempunyai kemiringan 10-15 derajat agar tidak membuat mata menjadi merasa cepat lelah saat menatap layar komputer atau laptop dalam waktu yang lama. Selain itu penempatan meja kerja juga menjadi hal yang berpengaruh terhadap kenyamanan ruang kerja. Untuk itu sebaiknya gunakan meja kerja yang fleksibel agar karyawan bisa menata meja sesuai keinginan dan kenyamanannya.

5. Menyediakan tempat Beristirahat

Bekerja seharian di sebuah ruangan tentu dapat membuat karyawan merasa bosan dan lelah. Maka dari itu penting untuk menyediakan tempat beristirahat. Tempat beristirahat ini sekaligus menjadi tempat bermain yang dapat menyegarkan pikiran para karyawan. Untuk itu sebaiknya tempat ini didesain dengan konsep yang menyenangkan dan dapat memberikan inspirasi untuk para karyawan. Penataannya bisa dengan menambahkan sofa, kursi santai, berbagai hiasan, dan buku-buku bacaan yang berkaitan dengan perusahaan. Dengan begitu maka karyawan akan lebih bersemangat dan bisa lebih termotivasi dalam menjalankan pekerjaannya.

Setiap ruang kantor yang disewakan di sebuah gedung tentu mempunyai fasilitas bawaan yang berbeda-beda karena harga properti yang disewakan itu berbeda-beda. Maka dari itulah sangat penting untuk melakukan penataan ruang kantor agar bisa digunakan dengan nyaman dan menyenangkan. Dengan demikian maka dapat membuat para karyawan yang bekerja menjadi lebih produktif dalam mengerjakan pekerjaannya.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar