--> Skip to main content

Aplikasi Kamus Bahasa Makassar ke Indonesia Terbaik

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - April 03, 2023

Bisa berkomunikasi dengan berbagai bahasa tentu menjadi impian setiap orang. Termasuk berkomunikasi dengan bahasa daerah yaitu bahasa Makassar. Setelah saya membaca postingan dari situs Monitoringclub.org tentang Kamus Bahasa Makassar Sehari Hari Lengkap 864 Kata + Lontara Mangkasarak, maka saya tertarik untuk menelusuri apikasi android kamus bahasa makassar. Ada beberapa aplikasi kamus bahasa makassar ke Indonesia yang bisa digunakan untuk membantu belajar bahasa makassar.

Aplikasi Kamus Bahasa Makassar ke Indonesia Terbaik

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa dengan mudah mangartikan kosakata bahasa Makassar yang mungkin belum kamu ketahui. Selain itu, aplikasi kamus bahasa Makassar ke bahasa Indonesia juga dapat membantu kamu agar bisa mengkomunikasikan setiap katanya dengan baik dan benar.

Aplikasi Kamus Bahasa Makassar ke Indonesia Terbaik

Bagi kamu yang ingin menuturkan bahasa makassar, tetapi kamu belum menguasai bahasa makassar, kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi kamus bahasa makasar. Berikut ini adalah beberapa aplikasi kamus bahasa Makassar yang dapat kamu gunakan:

1. Kamus Bugis Offline

Aplikasi yang bisa kamu coba yang pertama yaitu aplikasi Kamus Bugis Offline. Sesuai namanya, meskipun sedang tidak terkoneksi dengan internet, kamu tetap dapat menggunakan aplikasi ini. Adapun fitur yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu penelusuran, kosakata lengkap, zoom halaman, interface sederhana, dan terdapat teks penelusuran terjemahan yang dapat di copy maupun paste.

Kamus Bugis Offline

Melalui aplikasi ini kamu bisa mendalami bahasa Makassar dengan mudah, hal tersebut karena aplikasi kamus bugis ini menyajikan terjemahan bahasa Makassar atau bugis yang diurutkan sesuai dengan urutan abjad. Selain itu aplikasi yang dikembangkan oleh Developer Al Barokah ini cukup ringan dan ukurannya pun kecil yaitu 3,2 MB sehingga tidak memberatkan ponsel kamu. Menariknya aplikasi ini dapat dipasang OS android minimal android 2.3.

2. Kamus Bugis

Seperti halnya aplikasi sebelumnya, aplikasi kamus bugis ini merupakan kamus bahasa Makassar yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa makasar/ bahasa bugis ke dalam bahasa Indonesia. Selain dapat menerjemahkan bahasa bugis ke bahasa Indonesia, aplikasi ini juga dapat menerjemahkan dari bahasa bugis atau bahasa Makassar ke bahasa Inggris.

Kamus Bugis

Maka dari itulah, aplikasi ini dapat digunakan oleh orang dari luar negeri yang juga ingin belajar tentang bahasa bugis/ bahasa Makassar. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu terkenal sebagai aplikasi yang cukup lengkap dengan kata atau frasa yang diurutkan sesuai urutan abjad. Dengan demikian maka akan memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa Makassar. Selain itu aplikasi ini mempunyai tampilan sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapa saja dengan nyaman. Aplikasi ini mempunyai ukuran yang cukup kecil yaitu 2,7 MB, sementara penerbit aplikasi ini yaitu diterbitkan oleh developer Douglas Laskowske.

3. Kamus Bahasa Bugis Offline

Meskipun mempunyai nama yang hampir mirip dengan aplikasi yang telah saya sebutkan sebelumnya, tetapi aplikasi ini adalah aplikasi yang berbeda dengan fungsi yang serupa. Melalui aplikasi Kamus Bahasa Bugis Offline kamu bisa dengan mudah menerjemahkan berbagai kata dalam bahasa bugis atau bahasa Makassar ke bahasa Indonesia begitu pula sebaliknya.

Kamus Bahasa Bugis Offline

Sesuai namanya, kamu dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet. Dalam aplikasi ini hal menarik lainnya yaitu kamu dapat mencantumkan usulan frasa sehingga akan ada turunan kata-kata lain yang muncul saat akan diterjemahkan. Contohnya pada saat kamu menuliskan kata “kamu”, maka akan tampil frasa-frasa seperti “dirimu” dan yang lainnya.

Sesuai nama aplikasinya, kamu dapat menggunakan aplikasi ini secara offline tanpa terkoneksi dengan jaringan internet. Aplikasi ini mempunyai ukuran 6,5 MB dan dapat digunakan di ponsel android minimal android 4.1. Penerbit aplikasi Kamus Bahasa Bugis Offline ini diterbitkan oleh developer Parchus Studio.

Itulah beberapa pilihan aplikasi kamus bahasa makassar ke indonesia terbaik yang dapat kamu gunakan, semoga dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar