--> Skip to main content

Tips Mencegah Gejala Gula Darah Tinggi pada Lansia

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Maret 26, 2023

Ketika sudah menderita diabetes, mencegah gula darah naik sudah menjadi bagian dari aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Hal tersebut karena dengan menjaga kestabilan gula darah maka dapat membantu memperkecil kemungkinan terjadinya komplikasi diabetes seperti gangguan mata, ginjal maupun penyakit syaraf seperti penyakit Neuropati Perifer.

Tips Mencegah Gejala Gula Darah Tinggi pada Lansia

Seseorang yang telah berusia lanjut akan mempunyai risiko yang lebih besar terkena penyakit diabetes tipe 2. Maka dari itu bagi lansia yang terkena diabetes dianjurkan untuk melakukan hal-hal yang dapat mencegah gejala gula darah tinggi. Sehingga, dengan demikian gula darah bisa lebih stabil.

Tips Mencegah Gejala Gula Darah Tinggi pada Lansia

Untuk mencegah gula darah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

Menjalani Pola Makan Tepat

Menjalani pola makan yang tepat dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah naiknya gula darah pada lansia. Sebaiknya membatasi asupan makanan yang mengandung gula, pemanis buatan, karbohidrat tinggi dan lemak jenuh. Perbanyaklah mengkonsumsi buah, sayuran, biji-bijian, serat, lemak tak jenuh dan daging tanpa lemak. Selain memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, penting juga mengetahui seberapa banyak makanan yang dikonsumsi dan kapan waktu yang tepat untuk makan supaya kesehatan bisa tetap optimal.

Melakukan Aktivitas Fisik Sederhana

Meskipun sudah lansia, tetapi sebaiknya jangan sampai lupa untuk selalu rutin melakukan aktivitas fisik. Saat di rumah lansia dapat melakukan berbagai aktivitas yang sederhana seperti berjalan di dalam rumah atau bersih-bersih rumah. Apabila kesehatan masih dalam kondisi optimal, maka tidak ada salahnya jika melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari, melakukan aerobic atau bersepeda.

Melakukan olahraga secara rutin, selain dapat mengontrol kadar gula darah juga dapat mengontrol berat badan supaya tetap stabil sehingga terhindar dari obesitas. Obesitas merupakan salah satu pemicu terjadinya diabetes pada lansia. Ketika lansia melakukan aktivitas fisik atau berolahraga sebaiknya didampingi yang muda supaya bisa terhindar dari cedera.

Melakukan Pengecekan Kadar Glukosa Secara Rutin

Sebaiknya sedia alat untuk mengecek kadar glukosa dirumah supaya bisa melakukan pengecekan glukosa secara rutin di rumah.

Melakukan Pengobatan dengan Baik

Pastikan menjalani pengobatan secara rutin sesuai anjuran dari dokter, meskipun merasa kondisi dalam keadaan sehat. Hal ini dilakukan supaya kadar gula darah bisa tetap terkontrol dengan baik.

Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin

Selain memastikan kadar gula agar tetap stabil, lansia juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin misalnya pengecekan tekanan darah, kolesterol, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan mata serta kesehatan ginjal. Tujuan pemeriksaan kesehatan tersebut yaitu untuk memastikan bahwa tidak adanya komplikasi yang dialami lansia.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Pastikan lansia menjalani gaya hidup sehat seperti beristirahat atau tidur dengan waktu yang cukup, tidak merokok, memperbanyak mengkonsumsi air putih dan untuk mengontrol diabetes.

Biasanya penderita diabetes cenderung lebih mudah terkena inkontinensia urin yang bisa membuatnya harus bolak-balik ke kamar mandi. Maka dari itulah agar tidak bolak-balik ke kamar mandi lansia perlu menggunakan pampers untuk dewasa. Nah, salah satu rekomendasi pampers untuk dewasa yang nyaman digunakan adalah Confidence. Pampers Confidence memiliki bentuk yang pas dibadan dan ketika digunakan tidak menggelembung sehingga tetap nyaman saat digunakan untuk melakukan aktivitas.

Nah, itulah penjelasan tentang tips mencegah gejala gula darah tinggi pada lansia, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar