--> Skip to main content

Perbedaan Cloud Hosting dan VPS Hosting

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - March 02, 2023

Mungkin saat ini kamu sedang bingung dalam memilih dan membandingkan antara cloud hosting dengan VPS Hosting. Dimana saat ini telah banyak penyedia hosting yang menawarkan cloud hosting murah dan VPS hosting murah. Dari banyaknya jenis hosting seperti shared hosting, cloud hosting, VPS hosting dan dedicated hosting, yang memiliki kemiripan dari segi harga adalah VPS hosting dan cloud hosting untuk paket medium hingga level high. Lalu apa perbedaan antara cloud hosting Dan VPS hosting? Nah, bagi kamu yang belum tahu, mungkin penjelasan ini dapat membantu kamu dalam mengetahui perbedaannya sehingga bisa membantumu dalam menentukan pilihan antara Cloud Hosting ata VPS yang sesuai dengan kebutuhan mu.

Perbedaan Cloud Hosting dan VPS Hosting

Apa itu Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan sumber daya dari kumpulan beberapa server dalam satu kelompok untuk bisa lebih meningkatkan performanya, menyeimbangkan beban loadnya dan untuk lebih bisa memaksimalkan uptimenya. Dengan demikian jika pada salah satu servernya terjadi gangguan atau sedang dalam proses maintance atau sedang sibuk maka trafik website secara otomatis akan di route ke server yang lain yang ada dalam satu kelompok server. Sehingga dengan begitu website masih tetap bisa diakses dengan baik dan bisa menerima traffik. Dalam penggunaannya cloud hosting ini cukup mudah karena bersifat fully-managed, itu artinya pengguna tidak perlu memikirkan untuk pengelolaan maupun perawatan teknis servernya.

Apa itu VPS Hosting

VPS Hosting merupakan singkatan dari Virtual Private Server Hosting yaitu jenis hosting yang memakai teknologi virtualisasi dan memberikan sumber daya secara khusus atau pribadi pada server walaupun digunakan oleh banyak pengguna. Pengguna yang menggunakan VPS hosting tidak akan mempengaruhi kinerja maupun sumberdaya yang digunakan oleh pengguna lain. Dalam penggunaannya VPS hosting ini dapat memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi seperti mengatur dan mengelola sumber daya yang ada dengan leluasa sesuai dengan kebutuhannya. VPS hosting akan lebih tepat jika digunakan sebagai hosting untuk website yang sudah memiliki trafik tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan VPS hosting, saat ini telah banyak penyedia hosting yang menawarkan hosting vps murah Indonesia.

Perbedaan Cloud Hosting Dan VPS Hosting

Terdapat beberapa hal yang dapat membedakan antara Cloud Hosting dan VPS Hosting yang dapat kamu jadikan pertimbangan dalam membeli sebuah layanan hosting. Adapun beberapa perbedaannya yaitu sebagai berikut:

1. Harga

Jika dilihat dari segi harga, Cloud Hosting memiliki harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan VPS hosting. Namun untuk Cloud Hosting tertinggi harganya sudah setara dengan harga VPS Hosting dengan berbagai macam kelebihan yang dimilikinya.

2. Performa

Dilihat dari performanya, VPS Hosting memiliki performa yang lebih unggul apabila dibandingkan dengan Cloud Hosting. Hal itu karena pengguna VPS Hosting dapat melakukan kustomisasi server virtual secara bebas. Namun, performanya bisa lebih unggul jika bisa melakukan seting VPS Hosting dengan benar. VPS Hosting bersifat unmanaged, jadi akan mengharuskan kamu untuk melakukan konfigurasi sendiri. Apabila tidak ingin direpotkan dengan seting server, maka akan lebih jika memilih Cloud Hosting saja.

3. Kustomisasi

Dalam hal kustomisasi, VPS Hosting lebih bebas melakukan kustomisasi, jadi kamu bisa menginstall aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan saja sehingga tidak akan membebani server virtual yang kamu gunakan. Sementara untuk Cloud Hosting, kamu tidak dapat melakukan kustomisasi server karena semua telah tersedia dan tinggal kamu gunakan saja.

4. Kapasitas

Dilihat dari kapasitasnya, antara Cloud Hosting dengan VPS Hosting mempunyai kapasitas yang hampir sama. Yang membedakan hanya dari ssegi spesifikasi hardware yang dipakai. Maka dari itulah kamu perlu memperhatikan spesifikasi hardwarenya karena dapat berpengaruh terhadap kecepatan akses websitemu.

5. Keamanan

Dari segi keamanan, VPS mempunyai keunggulan dengan virtual servernya yang hanya digunakan satu akun saja. Namun, semua itu kembali pada kemampuan yang kamu miliki sebagai pengguna dalam melakukan konfigrurasi server. Sementara untuk Cloud Hosting, keamanannya sudah dimanage oleh provider hosting, akan tetapi yang perlu menjadi catatan dalam satu server cloud itu saling terkoneksi antara satu server dengan server lain. Maka dari itulah tingkat kerenatanan terhadap keamanan servernya akan lebih tinggi.

Itulah penjelasan tentang perbedaan Cloud Hosting dan VPS Hosting, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar