--> Skip to main content

Ketahui Langkah-Langkah dalam Memilih Sistem ERP Disini!

Seperti yang Anda ketahui, bidang teknologi pada saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, terutama sejak hadirnya pandemi Covid-19 yang mengharuskan para perusahaan dan pekerja untuk melakukan pekerjaan jarak jauh.

Dengan adanya perkembangan yang terjadi pada bidang teknologi tersebut, tentu menghadirkan banyak kemudahan pada berbagai bidang, salah satunya ada pada bidang bisnis yang menghadirkan sistem ERP.

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) sendiri dapat membantu perusahaan dalam mengatur, mengotomatisasi, dan mengubah cara Anda dalam melakukan bisnis. ERP software juga menawarkan banyak kemudahan bagi perusahaan seperti data yang sudah terintegrasi antara satu dengan lainnya, sehingga Anda tidak perlu lagi untuk membuka halaman berkali-kali hanya untuk merubah data.

Selain itu, penggunaan sistem ERP juga dapat meminimalisir terjadinya human error, lebih efisien dalam penggunaan SDM, dan dapat menunjang produktivitas perusahaan.

Jika Anda ingin menggunakan sistem ERP pada perusahaan yang Anda jalankan, maka Anda harus mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam menentukan software ERP terbaik dan tepat untuk bisnis yang Anda jalankan, berikut adalah penjelasannya.

Langkah-Langkah dalam Memilih Sistem ERP

Adapun beberapa langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam memilih sistem ERP, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Tinjauan dan Analisis Proses

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sistem ERP memiliki peranan yang penting dalam pengelolaan sebuah bisnis. Maka dari itu, sebelum menentukan sistem ERP yang akan digunakan oleh perusahaan, Anda harus melakukan tinjauan dan analisis terlebih dahulu dengan cara mendefinisikan dan mendokumentasikan proses bisnis yang Anda jalani mulai dari poin-poin kekurangan dan kekuatan dari bisnis yang sedang dijalankan.

2. Memilih Developer yang Sudah Berpengalaman

Langkah kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan memilih developer yang sudah berpengalaman. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara mengecek testimoni pelanggan yang dimilikinya melalui website developer tersebut. Dalam hal ini, Anda juga dapat melakukan pertimbangan terhadap reputasi dari developer yang dituju.

3. Menanyakan Soal Fitur-Fitur Apa Saja yang Terdapat Pada Aplikasi ERP

Agar mendapatkan sistem ERP terbaik, Anda harus bisa menanyakan mengenai fitur-fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi yang tersebut. Perlu diperhatikan bagi Anda bahwa semakin sistem ERP itu sesuai dengan perusahaan, maka akan semakin dikit waktu yang digunakan dalam proses trial and error. Dalam hal ini, tentu Anda dapat menghemat waktu dan dapat sesegera mungkin untuk dapat menerapkan sistem ERP pada bisnis yang Anda jalani.

4. Mempertimbangkan Anggaran (Total Biaya Kepemilikan)

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah dengan memahami total biaya kepemilikan dan perhatikan semua biaya tersembunyi sebelum mendapatkan sistem ERP untuk perusahaan yang Anda jalani.

5. Request Demo untuk Memastikan Kecocokan dengan Kebutuhan Perusahaan

Sebelum memutuskan untuk membeli sistem ERP, Anda dapat mengajukan untuk melakukan demo gratis agar dapat memastikan kecocokan sistem dengan kebutuhan yang dimiliki oleh perusahaan.

6. Aksesibilitas dan Mobilitas Lengkap

Pastikan bagi Anda untuk memilih software ERP yang mudah untuk diakses dan ramah pengguna, sehingga seluruh karyawan yang Anda miliki dapat dengan mudah untuk melakukan adaptasi pada penggunaan dan pengelolaan sistem ERP.

Selain itu, saat ini sudah terdapat banyak software perencanaan sumber daya Enterprise yang canggih dan dapat digunakan pada ponsel, tablet, dan laptop. Hal ini tentu dapat memberikan kemudahan bagi manajemen perusahaan dalam mengakses data penting walaupun saat sedang bepergian. Selain itu, penggunaan sistem ERP pada perusahaan juga dapat meningkatkan tingkat fleksibilitas operasional perusahaan.

Itulah informasi mengenai langkah-langkah dalam memilih sistem ERP yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar