--> Skip to main content

Pelajari Tren SEO 2023 Yang Akan Datang

Tahun 2023 sebentar lagi akan datang, ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk masa depan yang lebih baik. Apalagi bagi kamu yang saat ini berprofesi sebagai pebisnis di era digital misalnya sebagai blogger atau pengelola website. Maka kamu harus tahu seperti apa Tren SEO 2023.

Tren SEO 2023

Yang namanya SEO itu akan terus mengalami perkembangan. Jadi kita harus mempelajarinya dengan baik. Apa yang berhasil di tahun lalu, mungkin bisa jadi tidak berhasil di tahun ini, dan apa yang berhasil di tahun ini bisa jadi tidak berhasil di tahun depan. Itulah kenapa sangat penting untuk selalu mengikuti tren SEO terbaru, agar kita bisa selalu berhasil.

Di tahun 2023 ini, tidak menutup kemungkinan Google akan melakukan pembaruan dalam skala besar. Oleh karena itu, mari kita menganalisis dan mengoptimasi SEO pada blog atau situs kita secara berkala. Namun, sebelum mengoptimasi SEO kita perlu tahu dulu seperti apa tren SEO 2023.

Seperti apa Tren SEO 2023?

Di bawah ini adalah tren SEO yang harus di pelajari di tahun 2023:

Pengindeksan Terhadap Seluler

Semakin banyaknya orang yang menggunakan perangkat seluler untuk mengakses internet. Maka pengindekan google memprioritaskan untuk mengindeks situs berdasarkan versi seluler. Sehingga, apabila situs kamu ingin diindeks dengan benar, maka kamu harus memastikan bahwa versi seluler situs kamu mutakhir. Aturlah situs kamu dengan desain responsive, loading yang cepat dan dengan navigasi yang mudah untuk digunakan.

AMP

AMP (Accelerated Mobile Pages) merupakan teknologi yang dapat membuat sistus memuat lebih cepat ketika diakses menggunakan perangkat seluler. AMP bekerja dengan memuat kode HTML yang dibutuhkan untuk suatu halaman sebelum pengguna memintanya. AMP didesain untuk meningkatkan pengalaman pengguna seluler dan membantu dalam memperoleh peringkat lebih tinggi pada halaman hasil pencarian. Apabila kamu mempunyai situs yang dioptimalkan untuk seluler, maka dengan menerapkan AMP akan bisa membantu dalam meningkatkan SEO.

Pencarian Suara

Dengan semakin meningkatnya popularitas speaker pintar, maka semakin banyak pula orang yang menggunakan fitur pencarian suara untuk mencari informasi di mesin pencari. Untuk mengoptimalkan situs dalam hal pencarian suara, kamu harus lebih fokus pada kata kunci yang lengkap. Hal tersebut dikarenakan orang lebih cenderung berbicara dengan kalimat yang lengkap ketika menggunakan penelusuran suara. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa situs kamu mobile friendly karena saat ini banyak orang yang menggunakan penelusuran suara melalui perangkat seluler.

Cuplikan Unggulan

Cuplikan unggulan merupakan jawaban secara singkat dari pertanyaan yang muncul pada bagian atas di halaman hasil pencarian. Cuplikan unggulan dirancang untuk memberikan jawaban secara cepat dan mudah atas pertanyaan pengguna mesin pencari. Nah, supaya situs kamu dapat muncul pada cuplikan unggulan, maka kamu harus dapat memastikan bahwa konten yang telah kamu tulis itu baik dan informatif.

Pencarian Visual

Pencarian visual merupakan jenis pencarian yang menggunakan gambar, bukan menggunakan keyword untuk mencari sebuah informasi. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan gambar atau mengambil foto suatu barang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Agar situs kamu bisa lebih optimal dalam hal pencarian visual, maka kamu harus memastikan bahwa situs kamu mempunyai gambar maupun video yang berkualitas tinggi. Pada gambar yang ada di situs kamu juga harus kamu sertakan keterangan dan deskripsi supaya mesin pencari bisa dengan mudah menemukannya.

Schema Markup

Schema markup merupakan kode yang bisa ditambahkan ke website untuk membantu mesin pencari dalam memahami konten. Schema markup ini bisa digunakan untuk identifikasi jenis konten pada situs web, misalnya konten artikel, produk, ulasan maupun yang lainnya. Dengan menambahkan schema markup ke situs, maka akan bisa membantu dalam meningkatkan Rasio klik-tayang dan lintas organik.

Artificial Intelligence (AI)

Dalam hal SEO, AI telah memiliki peran yang besar. AI digunakan oleh Google untuk membantunya dalam memahami maksud dari penggunanya, kemudian memberikan hasil yang lebih relevan kepada penggunanya. AI juga bisa membantumu dalam mengoptimalkan situs kamu agar lebih SEO. Misalnya, saat ini telah ada tool SEO berbasis AI yang bisa digunakan untuk membantu meneliti kata kunci dan untuk mengoptimalkan konten. Nah, agar situs kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu perlu berinvestasi tool SEO berbasis AI, selain kamu harus fokus membuat konten yang relevan dan berkualitas. Dengan demikian situs kamu akan bisa mendapatkan peringkat terdepan pada halaman hasil pencarian.

RankBrain

RankBrain merupakan sistem Artificial Intelligence yang membantu Google dalam memahami permintaan dari pengguna. Hal tersebut dilakukan dengan cara menggabungkan kueri yang memiliki arti yang mirip, kemudian melakukan pemeringkatan hasil berdasarkan dari relevansi. RankBrain itu terus mengalami perkembangan, itu artinya strategi SEO di masa lalu yang berhasil, mungkin di masa mendatang tidak akan berhasil. Itulah sebabnya kenapa penting untuk tetap mengikuti tren SEO yang terbaru.

Itulah tren SEO 2023 yang akan datang dan yang perlu kamu pelajari, semoga informasi yang telah saya tulis di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar