--> Skip to main content

Pertama Kali Merasakan Overheat Pada Toyota Avanza? Ini Daftar Penyebabnya

Perawatan pada kendaraan merupakan hal yang sangat penting untuk selalu dilakukan. Dengan melakukan perawatan baik dalam mengganti oli mesin hingga pemeliharaan sparepart pendukung lainnya maka akan membuat keadaan mesin menjadi tetap prima. Dengan keadaan prima, pemilik kendaraan tidak perlu khawatir untuk membawa kendaraan baik jarak jauh atau dekat. Bahkan dengan selalu merawat kendaraan dengan baik akan membuat harga jual ketika dibutuhkan tetap tinggi. Lalu apa bedanya jika mobil tidak dirawat dengan baik? tentunya akan ada masalah yang mungkin saja muncul ketika di jalan dan akan membuat harga jual turun. Jika sudah banyak masalah yang muncul, maka hal yang mungkin saja terjadi yaitu mobil akan mengalami overheat. Lalu apa saja yang menyebabkan mobil menjadi overheat khususnya pada Toyota Avanza, berikut ini penjelesannya.

Penyebab Overheat Pada Toyota Avanza

Lupa mengganti air radiator

Proses pendinginan pada mobil akan dilakukan oleh air radiator sehingga jika kualitas airnya sudah buruk maka bisa mengganggu kinerjanya. Sehingga harus dilakukan proses pengurasan yang disertai dengan penggantian menggunakan air yang baru. Dengan rutin ganti air radiator, maka akan membuat pendinginan akan terus bekerja dengan normal. Selain itu cobalah untuk mengecek ketinggian dari air dalam radiator, jika memang berkurang maka harus bisa menambahkan kembali air radiator. Tetapi jika memang air cepat habis, maka perlu dicek apakah ada kebocoran atau tidak. Jika memang ada kebocoran, ada baiknya untuk segera diperbaiki ke bengkel terdekat.

Adanya kerusakan pada selang

Jika proses yang diawali dengan mengecek level dan kualitas air radiator, maka selanjutnya bisa cek bagian selang. Komponen selang ini juga harus selalu menjadi perhatian para pemilik kendaraan Toyota Avanza karena seiring dengan penggunaan maka akan terjadi perubahan sehingga fungsinya berkurang. Perubahan yang sering pada selang seperti mengecil, memuai, atau bisa juga bocor. Jika mengecil, maka akan membuat aliran air radiator menjadi tersendat, sedangkan jika ada bocor maka membuat air radiator jadi cepat habis. Biasanya hal yang membuat mobil overheat adalah tidak adanya air radiator yang mengalir melalui selang sehingga panas tidak bisa dikendalikan dengan baik.

Radiator mengalami kebocoran

Jika tidak ada masalah pada air radiator dan juga selangnya, maka kemungkinan besar terjadi kebocoran pada komponen radiator, apalagi komponen ini menjadi komponen utama yang memiliki fungsi yang penting. Jika memang ada kebocoran atau rembes pada radiator, tentunya harus segera diperbaiki di bengkel resmi sehingga tidak terjadi lagi masalah overheat.

Itulah 3 penyebab mobil jadi overheat, hal ini tentunya bisa menjadi peringatan bagi orang yang ingin beli Toyota Avanza bekas agar mengetahui apakah mobil yang akan dibeli sering mengalami overheat atau tidak. Jika tidak ingin ribet dan mau mendapatkan mobil bekas berkualitas yang dilengkapi dengan garansi maka bisa cari di mobbil. Awal kemunculannya bernama mo88i tetapi sekarang sudah berubah menjadi mobbi yang selalu siap membantu masyarakat dalam menjual sekaligus membeli kendaraan bekas dengan cara yang praktis.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar