--> Skip to main content

Bagaimana Layanan Rehabilitasi Yang Tepat Bagi Pecandu Narkoba?

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 07, 2022

Layanan rehabilitasi narkoba merupakan layanan yang diberikan oleh penyelenggara rehabilitasi narkoba kepada para pecandu narkoba baik itu secara medis maupun sosial agar pecandu narkoba bisa pulih dari ketergantungannya terhadap narkoba. Penyelenggara layanan rehabilitasi narkoba, bisa diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta seperti Ashefa Griya Pusaka.

Bagaimana Layanan Rehabilitasi Yang Tepat Bagi Pecandu Narkoba?

Bagaimana Layanan Rehabilitasi Yang Tepat?

Layanan rehabilitasi narkoba yang tepat yaitu layanan rehabilitasi yang dilakukan secara Komperhensif dan Terintegrasi yang meliputi layanan rehabilitasi medis dan layanan rehabilitasi sosial. Selain itu, program layanan rehabilitasi narkoba yang dilakukan juga disesuaikan dengan kebutuhan setiap pasien, karena setiap pasien membutuhkan penanganan yang berbeda-beda dan tidak bisa disama ratakan. Program layanan yang diberikan disesuaikan dengan rencana rawatan masing-masing pasien berdasarkan dari kebutuhan pasien itu sendiri dan juga berapa lama rehabilitasi narkoba dilakukan kepada pasien.

Langkah tersebut dinilai efektif dilakukan di Ashefa Griya Pusaka dalam memberikan layanan rehabilitasi untuk pecandu narkoba. Sebab setiap pasien itu mempunyai persoalan yang berbeda-beda dan perlu penanganan yang berbeda juga baik itu penanganan secara medis maupun secara sosial.

Selain rencana rawatan berdasarkan dari kebutuhan pasien, keunggulan layanan rehabilitasi narkoba di Ashefa Griya Pusaka yang lain yaitu meliputi Fasilitas yang nyaman, Tenaga Profesional Tersertifikasi, Humanis, dan data pasien terjaga kerahasiaannya. Dengan berbagai keunggulan layanan rehabilitasi yang ada di Ashefa Griya Pusaka, menjadikan Ashefa Griya Pusaka sebagai tempat untuk pemulihan yang tepat dari ketergantungan terhadap narkoba bagi para pengguna maupun pecandu narkoba.

Bentuk layanan program rehabilitasi narkoba yang diberikan oleh Ashefa Griya Pusaka, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Detoxifikasi/ observasi/ stabilisasi

Detoxifikasi sebagai proses untuk mengeluarkan endapan racun dampak dari penggunaan narkoba. Prosesnya dilakukan dengan penghentian penggunaan narkoba. Ketika pecandu berhenti mengkonsumsi narkoba, maka pecandu akan menderita gerjala akibat putus obat. Dari situlah dokter dan tim medis melakukan observasi untuk dapat memberikan obat yang tepat untuk meredakan perasaan tidak nyaman yang ditimbulkan dari putus konsumsi narkoba. Dalam upaya pengembalian kondisi tubuh menjadi normal maka pecandu akan diberikan asupan makanan dan minuman bergizi yang mencukupi. Untuk langkah selanjutnya yaitu dilakukan stabilisasi, dimana dalam tahap ini dokter yang menangani memberikan pengobatan yang berguna untuk penyembuhan jangka panjang.

2. Program rawat inap (minimal 3 bulan)

Layanan program rawat inap 3 bulan yang diselenggarakan di Ashefa Griya Pusaka tidak hanya berfokus pada pada Adiksi pasien semata, tetapi juga program untuk mengenali dan menggali potensi diri dari setiap individu pasien yang dilakukan secara bertahap. Tujuannya yaitu supaya nantinya pasien bisa kembali produktif di tengah-tengah masyarakat.

3. Program rawat jalan

Layanan program rawat jalan di Ashefa Griya Pusaka ada 2 macam pilihan yaitu rawat jalan intensif dan rawat jalan reguler. Program rawat jalan tersebut direkomendasikan untuk pasien sesuai dengan hasil dari asesmen tertentu dan sebagai suatu bentuk program lanjutan karena telah menyelesaikan program rehabilitasi rawat inap.

Baca juga informasinya lebih lanjut di Radar Jogja

Dengan layanan rehabilitasi narkoba yang tepat, maka akan menentukan kualitas pemulihan. Jadi,.. tunggu apalagi? Jika ada keluarga atau kerabat yang mengalami ketergantungan atau kecanduan terhadap narkoba, maka segera lakukan rehabilitasi narkoba agar bisa segera pulih.

Demikian penjelasan yang dapat saya tuliskan tentang layanan rehabilitasi yang tepat bagi pecandu narkoba. Semoga penjelasan yang telah saya tulis di atas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar