--> Skip to main content

Nasihat Pernikahan Islam Agar Hubungan Langgeng Sampai Tua

Banyak orang yang beranggapan bahwa menjalani kehidupan setelah menikah itu menyenangkan. Memang iya, sangat menyenangkan karena bisa hidup bersama dengan orang yang dicintai. Meskipun kehidupan setelah menikah itu menyenangkan, bukan berarti kehidupan setelah menikah akan selalu mudah dilakukan. Karena dalam kehidupan setelah pernikahan pastinya ada banyak masalah yang muncul baik itu masalah yang berasal dari dalam maupun masalah yang datang dari luar. Entah itu masalah dari keluarga, masalah datang dari pekerjaan maupun berbagai hal lainnya yang bisa memicu terjadinya pertengkaran.

Nasihat Pernikahan Islam

Apalagi kalau hubungan pernikahan yang dibina telah berlangsung lama. Maka secara perlahan rasa bosan dapat muncul kapanpun sehingga dapat menguji kesetiaan. Sehingga, banyak yang beranggapan bahwa mempertahankan hubungan pernikahan bukanlah menjadi hal yang mudah dilakukan. Maka dari itulah agar pernikahan bisa langgeng sampai tua simak beberapa nasihat pernikahan islam berikut ini agar hubungan bisa langgeng.

Nasihat Pernikahan Islam Agar Hubungan Langgeng Sampai Tua

Bagi pasangan pengantin baru, mendapat nasehat pernikahan yang menyentuh tentu akan menjadi bekal yang terbaik. Hal ini penting sebelum pasangan pengantin memasuki gerbang rumah tangga yang sesungguhnya. Nah, berikut ini adalah beberapa nasihat pernikahan Islam yang perlu anda ketahui agar hubungan pernikahan kalian bisa langgeng sampai tua.

Niatkan Menikah untuk Ibadah

Tatalah niat menikah itu untuk tujuan ibadah. Dalam islam pernikahan merupakan ibadah yang mulia dan suci. Maka dari itulah, menikah tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena menikah merupaan bentuk ibadah terpanjang dan layak untuk dijaga hingga maut memisahkan.

Saling Berkomunikasi

Dalam menjalin sebuah hubungan, komunikasi menjadi kunci yang sangat penting, termasuk juga dalam hubungan pernikahan. Karena komunikasi sangat penting maka pastikan anda dan pasangan selalu membangun komunikasi dengan baik setiap harinya. Jika ada apa-apa misalnya jika menginginkan sesuatu, jika ada masalah, atau jika sedang dihadapkan pada sebuah pilihan, cobalah bicarakan hal tersebut dengan baik kepada pasangan.

Selalu lah ingat, bahwa kamu setelah menikah kamu tidak hidup sendirian melainkan sudah ada pasangan yang menemanimu. Jadi, jangan menyembunyikan masalah apapun dari pasangan karena dapat memicu pertengkaran. Selain itu, jangan selalu mengambil keputusan sendiri untuk urusan yang penting, usahakan meminta saran dari pasangan, karena keputusan yang kamu ambil juga bisa berefek pada kehidupan kalian berdua. Intinya, jika pasangan suami istri bisa menjalin komunikasi dengan baik, maka dapat meminimalisir kesalahpahaman dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Tetap romantis

Banyak pasangan yang sebelum menikah romantisnya minta ampun, namun setelah menikah justru cueknya minta ampun. Padahal, bersikap romantis kepada pasangan itu sangat penting agar rumah tangga bisa tetap harmonis. Sebagai contoh ucapan selamat malam yang diberikan kepada pasangan di waktu malam, sebagai rasa perhatian kepada pasangan. Bisa juga dengan ucapan-ucapan lainnya yang bersifat romantis sebagai bentuk perhatian kepada pasangan. Selain dengan kata-kata, bersikap romantis kepada pasangan juga bisa diwujudkan dengan melakukan suatu kegiatan seperti makan malam bersama, memberikan kejutan, nonton film bersama atau melakukan hal lainnya yang tentunya bisa membuat pasangan menjadi merasa senang.

Saling Menghargai

Ketika hubungan pernikahan sudah terjalin lama, biasanya sering kali lupa menghargai pasangan. Sebagai pasangan suami istri harusnya tetap saling menghargai. Bentuk penghargaan tidaklah selalu berupa materi maupun barang. Menghargai pasangan bisa juga dengan hal-hal kecil, misalnya dengan memujinya, mendengarkan pasangan bercerita, mengatakan maaf jika ada salah, mengatakan tolong ketika meminta bantuan, dan mengucapkan terimakasih untuk semua yang telah dilakukan padamu. Beberapa hal tersebut, sering kali dianggap sepele, namun sebenarnya itu sangat berarti bagi pasanganmu.

Saling membantu

Banyak yang beranggapan bahwa bekerja adalah tugas suami dan membereskan rumah beserta segala macamnya adalah tugas istri. Tetapi, hanya karena sudah mempunyai tugas masing-masing, bukan berarti tidak bisa saling membantu pekerjaan pasangan. Karena, dalam rumah tangga yang baik itu harus saling membantu dan harus pintar-pintar membagi tugas agar semuanya bisa beres.

Hindari berprasangka buruk terhadap pasangan

Bukan berarti setelah menikah, dia selalu harus menempel kemana-mana denganmu. Karena selain dia butuh dirimu, dia juga butuh keluarga juga teman-temannya. Selama dia tahu batasan, tahu waktu, kamu tidak perlu terlalu banyak melarangnya. Ketika pasanganmu sedang berada jauh darimu, hindari berprasangka buruk tentangnya. Karena prasangka buruk tersebut hanya dapat membuat pasangamu merasa tidak nyaman hingga akhirnya bisa memicu terjadinya pertengkaran. Jadi, cobalah berikan kepercayaan kepadanya selama dia tahu waktu dan batasan.

Itulah penjelasan nasihat pernikahan islam singkat yang dapat saya tuliskan, semoga nasihat tersebut bisa bermanfaat bagi anda dan pasangan anda dalam menjaga hubungan pernikahan agar bisa langgeng sampai tua.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar