--> Skip to main content

Hal Menarik Tentang Universitas Pertamina

Jakarta menjadi tujuan banyak orang untuk mengadu nasib, namun tahukah kamu bahwa Jakarta juga dijadikan sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan bagi banyak pelajar di Indonesia. Di Jakarta ada banyak pilihan kampus terbaik, baik itu negeri maupun swasta yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Salah satu dari sekian banyaknya kampus di jakarta yang bisa kamu jadikan pilihan terbaik untuk melanjutkan pendidikan adalah Universitas Pertamina.

Hal Menarik Tentang Universitas Pertamina

Mungkin kampus tersebut masih terdengar asing ditelinga kamu. Hal ini mungkin karena Unviersitas Pertamina merupakan kampus yang baru berdiri karena didirkan pada tahun 2016. Meskipun baru Universitas Pertamina termasuk salah Kampus terbaik di jakarta yang telah meraih banyak prestasi dan mampu bersaing dengan kampus-kampus besar lainnya baik itu swasta maupun negeri.

Dariawal berdirinya, Univrsitas Pertamina berdiri di bawah naungan PT Pertamina. Siapa sih yang tidak kenal dengan Pertamina? Pertamina merupakan perusahaan BUMN yang menyelenggarakan usaha dalam bidang energi dan petrokimia yang termasuk perusahaan industri gas dan minyak bumi nomor satu di Indonesia. Universitas Pertamina didirikan berdasarkan dari Surat Keputusan Mentri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 60/KPT/I/2016 tentang pendirian Universitas Pertamina pada tanggal 1 Februari 2016. Didirikannya Universitas Pertamina ni merupakan suatu wujud kontribusi PT Pertamina terhadap masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi. Jadi

Karena berada di bawah naungan PT Pertamina, maka jika kuliah di sini, akan ada kesempatan untuk bergabung dengan Pertamina. Siapa sih yang akan menolak jika bekerja di PT Pertamina? Jika kamu menjadi mahasiswa yang berprestasi dan bisa menjadi lulusan terbaik di Universitas Pertamina, maka kesempatan besar untuk bergabung dengan perusahaan industri gas dan minyak bumi nomor satu di Indonesia ini akan sangat terbuka lebar.

Hal menarik selanjutnya dari Universitas Pertamina yaitu dipimpin oleh seorang tokoh pendidikan ternama yaitu Prof. Akhmaloka., Ph.D. Rektor Universitas Peertamina dalam bidang pendidikan ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Nama beliau tentu sudah tidak asing bagi mereka yang telah berkecimpung dalam dunia pendidikan tinggi. Beliau sebelumnya pernah menjabat sebagai Rektur di ITB (Institut Teknologi Bandung) pada periode 2010-2015 dengan reputasi yang baik. Bahkan beliau juga pernah mendapakan penghargaan sebagai Doctor of Science (Honoris Causa) dari University of Selangor, dari Malaysia. Tidak hanya itu saja, beliau juga pernah terpilih sebagai Peneliti Hibah Bersaing Terbaik dalam bidang Bioteknologi dan mendapatkan bintang jasa dari Presiden RI. Sejak tahun 1992 hingga sekarang, beliau aktif dalam berbagai riset pada bidang bioteknologi. Di International Institute of Biotechnology, Inggris, Prof. Akhmaloka., Ph.D mendapatkan gelar Diploma in Biotechnology dan di University of Kent at Canterbury beliau mendapatkan gelar doctor.

Sebagai Universitas swasta unggulan, hingga saat ini Universitas Pertamina mempunyai 6 fakultas dan 15 jurusan atau program studi S1. Berikut ini adalah beberapa fakultas dan program studi yang ada di Universitas Pertamina.

  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan Program Studi: Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, dan Teknik Geofisika.
  • Fakultas Teknologi Industri, dengan Program Studi: Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Logistik dan Teknik Kimia.
  • Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan Program Studi: Kimia dan Ilmu Komputer.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan Program Studi: Ekonomi dan Manajemen.
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan Program Studi: Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan.
  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan Program Studi: Komunikasi dan Hubungan Internasional.

Itulah beberapa hal menarik tentang Universitas Pertamina, semoga informasi yang telah saya tulis di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar