--> Skip to main content

Apa Itu Melia Propolis

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - November 19, 2022

Mungkin anda sudah sering mendengar yang namanya melia propolis berkat banyaknya iklan atau artikel yang membahasnya di Internet. Di Indonesia sendiri banyak orang yang berjualan melia propulis dan turut mengedukasi manfaat dari propolis. Namun, bagi kamu yang belum tahu apa itu melia propolis, maka pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan tentang apa itu melia propolis beserta dengan manfaatnya.

Apa Itu Melia Propolis

Apa itu Melia Propolis?

Melia propolis merupakan suatu produk suplemen komersil yang berupa getah alami dihasilkan dari lebah madu pada saat sedang membuat sarangnya. Getahnya tersebut asalnya tebuat dari campuran liur lebah, lilin lebah atau beeswax, dan juga beberapa kandungan yang lainnya. Propolis mempunyai tekstur yang lengket dengan warna coklat kehijauan.

Banyak peneliti yang sudah menemukan bahwa propolis lebah memiliki kandungan sekitar 300 jenis senyawa aktif. Beberapa diantaranya yaitu flavonoid, resin, serbuk sari, minyak aromatik, balsam, dan berbagai bahan organic yang lainnya.

Kandungan flavonoid merupakan salah satu senyawa yang paling banyak proporsinya di dalam propolis. Berdasarkan penjelasan dari Journal of food science, kandungan flavonoid dalam propolis termasuk dalam antioksidan yang dapat menangkal efek radikal bebas yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan sel-sel tubuh.

Manfaat Melia Propolis

Adapun beberapa manfaat dari produk melia propolis ini adalah dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati kutil, sariawan, dan gangguan pada pencernaan misalnya infeksi H. pylori yang dapat menyebabkan masalah tukak lambung.

Tidak hanya itu saja, melia propolis juga umum digunakan oleh masyarakat untuk mengobati berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur protozoa. Contohnya herpes genital (infeksi virus), ISPA dan TBC (infeksi bakteri), flu biasa, H1N1 atau flu babi, dan HIV. Selain itu, melia propolis juga dapat digunakan untuk membantu mengobati kanker hidung dan tenggorokan serta vaginitis. Pada beberapa kasus tertentu ada juga yang menggunakan propolis sebagai bahan dalam kosmetik.

Dalam Bentuk Apa Melia propolis Tersedia?

Melia propolis tersedia dalam bentuk kemasan botol, ada yang 6ml, 30ml, dan ada juga yang 55 ml. Informasi harga melia propolis dari yang 6ml,30 ml hingga harga melia propolis 55ml bisa di cek di meliaindo.com.

Cara Menggunakan Melia Propolis

Cara penggunaan melia propolis yaitu bisa digunakan sebagai obat oles untuk membersihkan luka, mengobati bengkak dan mengobati luka bakar yang ringan. Selain bisa digunakan sebagai selep, propolis juga bisa digunakan sebagai obat kumur yang dapat digunakan untuk membantu mengobati sariawan dan peradangan. Selain itu dengan menggunakan melia propolis ini juga dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan setelah menjalani operasi mulut.

Efek Samping dari Melia Propolis

Sampai saat ini belum ditemukan penelitian medis yang memang cukup valid dalam menyimpulkan keamanan propolis. Umumnya propolis termasuk golongan produk herbal dengan risiko yang rendah, tetapi hal ini bukan berarti propolis tidak bisa menimbulkan efek samping sama sekali.

Mungkin, melia propolis aman digunakan jika penggunaannya pada kulit hanya dalam jumlah sedang atau sesuai dengan petunjuk. Tetapi, apabila kamu memiliki riwayat alergi terhadap lebah, serbuk sari maupun produk yang berasal dari lebah yang lainnya seperti madu atau lilin lebah, maka bisa diperkirakan bahwa propolis juga dapat menimbulkan terjadinya reaksi alergi pada kulitmu. Jika terjadi reaksi alergi yang parah (anafilaksis) misalnya ruam kulit, sesak nafas, pembengkakan di area wajah, bibir, lidah dan tenggorokan, maka segera cari pertolongan medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian penjelasan yang dapat saya tuliskan tentang apa itu melia propolis, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar