--> Skip to main content

Peluang Usaha Menjadi Blogger Hasilkan Banyak Uang

Di zaman yang serba online seperti saat ini, manusia tidak dapat lepas dari yang namanya gadget dan internet. Dapat dikatakan kedua hal tersebut sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup layaknya seperti makanan dan pakaian. Dengan internet pula banyak peluang usaha bermunculan salah satunya yaitu peluang usaha menjadi seorang blogger.

Peluang Usaha Menjadi Blogger

Blogger adalah seseorang yang membuat dan mengelola blog (memiliki blog), dimana dalam mengelola blog seorang blogger membagikan informasi kepada audiens melalui tulisan artikel yang dibuatnya berdasarkan suatu segment tertentu untuk tujuan pribadi maupun bisnis.

Bagi seseorang yang hobinya menulis dan suka berbagai informasi kepada orang banyak, tentunya hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan karena selain anda bisa menyalurkan hobi juga bisa menghasilkan uang. Enaknya menjadi seorang blogger adalah jam kerjanya yang bebas karena bisa dikerjakan kapan pun dan di mana pun tanpa terikat dengan jam kerja.

Dengan menjadi blogger yang tekun anda bisa menghasilkan banyak uang. Meskipun pada awalnya anda harus berusaha dengan ekstra untuk membangun sebuah blog, tetapi apabila blog yang anda miliki sudah populer dan memiliki banyak pengunjug atau visitor maka akan sangat mudah untuk menghasilkan banyak uang hingga jutaan rupiah. Lalu dari manakah sumber penghasilan aau uang yang didapatkan oleh blogger?

Sumber Penghasilan Blogger

Adapun beberapa sumber penghasilan yang bisa didapatkan oleh blogger diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Iklan

Menampilkan iklan menjadi salah satu cara yang paling banyak digunakan blogger untuk menghasilkan uang. Untuk bisa menampilkan iklan, seorang blogger harus bergabung pada suatu platform iklan tertentu, kemudian menambahkan script ke blog agar iklan bisa tampil. Adapun beberapa platform iklan yang umum menjadi sumber penghasilan blogger adalah Adsense, MGID, Adsterra dan lain-lain.

Hasil yang didapatkan tergantung dari jenis iklan yang ditayangkan juga tergantung dari nilai klik dan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung. Harga tiap klik berbeda-beda tergantung iklannya, biasanya iklan yang tampil tergantung dari topik yang dibahas dalam blog. Contohnya, jika blog anda membahas tentang ponsel maka blog akan lebih banyak menampilkan iklan ponsel, tentunya harga per iklannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan blog yang membahas tentang mainan untuk anak-anak.

2. Afiliasi

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog melalui program afiliasi. Dengan bergabung dalam program afiliasi anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk yang dilakukan melalui kode, link atau banner afiliasi yang anda tampilkan dalam blog anda. Besarnya komisi yang anda terima tergantung dari ketentuan masing-masing platform afiliasi yang anda ikuti. Biasanya ada yang memberikan komisi 10%, 20% atau 25% dari setiap penjualan yang berhasil.

3. Endorse

Endorse merupakan teknik promosi dengan cara mengulas tentang suatu produk. Apabila blog milik anda sukses, maka tidak jarang pihak lain yang akan menghubungi anda untuk mempromosikan produk mereka. Jika anda menyetujui kerjasama yang ditawarkan, maka anda akan mendapatkan uang dari promosi tersebut.

Sebagai seorang blogger, anda hanya perlu membuat sebuah artikel yang isinya menjelaskan seperti apa produk tersebut mulai dari fitur-fiturnya dan juga berbagai kelebihan yang ada dalam produk tersebut. Jika mereka merasa puas dengan ulasan produk dalam artikel yang anda buat, maka bukan tidak mungkin lagi kerjasama akan terus meningkat dan tentunya anda akan mendapatkan uang lebih banyak.

4. Berjualan Produk

Bagi anda yang mempunyai bisnis, apapun jenis produknya baik itu berupa barang maupun produk digital, blog bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan secara online. Contohnya, anda memiliki produk pakaian, maka anda bisa mengisi blog dengan artikel seputar tutorial fashion dimana dalam artikel tersebut anda sisipkan produk pakaian yang sesuai dengan artikel yang anda bahas.

5. Menawarkan Jasa

Blog juga dapat digunakan untuk menawarkan jasa atau keahlian tertentu yang anda miliki. Contohnya bagi anda yang memiliki keahlian dalam bidang coding, maka anda bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada para pengunjung blog anda. Untuk melakukan hal itu tentunya anda juga harus menunjukkan keahlian yang anda miliki terlebih dahulu melalui blog tersebut.

Demikian penjelasan tentang peluang usaha menjadi blogger, bagaimana apakah kamu tertarik menjadi blogger? Semoga penjelasan yang saya tulis di atas dapat bermanfaat ya.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar