--> Skip to main content

Bosspanel Menjadi Solusi Terbaik Untuk Panel Dinding Bangunan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 05, 2022

Bosspanel adalah PreCast Sandwich panel dinding yang dapat dijadikan sebagai material alternatif pengganti dinding yang pada umumnya menggunakan material bata merah, batako, dan bata ringan. Jika dibandingkan dengan material konvensional, bosspanel ini lebih unggul karena kuat dan dapat diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan kontruksi yang akan di bangun oleh jasa kontraktor seperti panel dinding, dinding PreCast, panel lantai, dan dak beton ringan.

Bosspanel Menjadi Solusi Terbaik Untuk Panel Dinding Bangunan

Bosspanel merupakan sandwich panel ringan yang terbuat dari material campuran antara papan semen yang kepadatannya tinggi dan serat papan kalsium silikat sebagai permukaannya untuk menambah kekuatannya, di bagian dalam terdiri dari semen dan Expanded Polystryene (EPS) yang mempunyai partikel busa polystyrene. Partikel busa polystyrene merupakan partikel yang menghasilkan material hemat energi dengan berat masa ringan, lebih ringan 65% jika dibandingkan batu bata konvensional.

EPS cement sandwich panel merupakan jenis bahan bangunan baru yang mempunyai berbagai keuntungan dalam berbagai penggunaan termasuk untuk rumah prefabrikasi, dinding bagian dalam dan luar ruangan, bangunan struktur rangka baja, lantai dan juga atap.

Panel dinding precast Bosspanel pemasangannya tidak membutuhkan semen seperti halnya bata konvensional, namun pemasangannya cukup dengan menyusun lembaran-lembaran panel menggunakan Bossnail. Bossnail sendiri merupakan sistem penguncian pada bosspanel sebagai pengikat yang kuat antar panel.

Mengapa Memilih Menggunakan Bosspanel?

Bosspanel bisa menjadi solusi terbaik untuk panel dinding bangunan, karena dibuat secara pabrikasi menggunakan sistem yang baik sehingga kualitasnya akan tetap terjaga dan proses pemasangannya pun cepat.

1. Lebih Mudah, Cepat, dan Hemat

Pemasangan panel dinding yang mudah, karena hanya dengan menyusun lembaran-lembaran panel dan menyambungnya menggunakan bossnail. Jadi pemasangannya ini tidak membutuhkan plester dan aci seperti pemasangan bata. Pemasangannya tidak memerlukan banyak tenaga, waktu dan biaya sehingga bisa dibilang pemasangannya mudah, cepat dan hemat biaya. Kecepatan rata-rata untuk pemasangan bosspanel yaitu 10m2/jam. Kecepatan tersebut jauh lebih cepat dibandingkan dengan pemasangan bata ringan yang rata-rata kecepatannya 3m2/jam dan bata merah yang kecepatan rata-ratanya 1m2/jam.

2. Lebih Ringan dan Kuat

Panel dinding bosspanel memiliki volume yang padat namun lebih ringan, dengan berat 45kg/m2, lebih ringan dibandingkan dengan bata ringan yang beratnya 117kg/m2 dan bata merah yang beratnya 255kg/m2. Sehingga produk bosspanel ini bisa menjadi andalan sebagai solusi untuk pembangunan masa kini. Panel dinding bosspanel merupakan produk yang dibuat bisa tahan terhadap air, guncangan dan gempa. Selain itu produk ini juga memiliki ketahanan terhadap cuaca yang juga menjadi salah satu keunggulan dari produk Bosspanel baik itu ketika proses pemasangan maupun ketika telah menjadi bangunan.

3. Lebih Tipis

Ada berbagai macam ukuran produk panel dinding bosspanel dengan ketebalannya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Ketebalannya mulai dari 5 cm, 6 cm, 7.5 cm sampai 10 cm yang dilengkapi dengan tulang wiremesh untuk dak lantai, dengan kapasitas maupun fungsi yang berbeda sehingga akan mudah diaplikasikan untuk konstruksi bangunan. Selain itu, ukuran panel juga dapat disesuaikan dengan kapasitas bangunan modern.

Apa Kelebihan Bosspanel?

Membangun sebuah hunian dan gedung menggunakan Bosspanel akan membuat biaya menjadi lebih terkontrol, Harga Panel Dinding yang tidak begitu mahal dengan kualitas yang baik, material yang terbuang menjadi minim, dan lebih ramah lingkungan karena material diproduksi dipabrik sebelum dimulainya pembangunan, itu artinya pekerjaan menjadi lebih siap pada saat di lapangan. Selain itu, panel dinding Bosspanel juga memiliki kelebihan dari segi bahan yang digunakannya, diantaranya yaitu:

  • Ringan, kuat, dan non asbestos
  • Tahan terhadap air
  • Tahan terhadap api (Kelas A1)
  • Tahan terhadap guncangan dan gempa
  • Bisa menjadi peredam suara yang baik hingga 38 DB
  • Anti tikus dan rayap
  • Isolasi suhu yang baik
  • Pemasangan cepat sehingga lebih hemat tenaga, waktu, dan juga biaya
  • Mudah dalam dekorasi bisa dipaku, dibor, dan dipasangi skrup di semua titik
  • Tidak memerlukan finishing plester maupun aci
  • Lebih ramah lingkungan karena bahan yang digunakan tidak berbahaya.

Itulah mengapa Bosspanel menjadi solusi terbaik untuk panel dinding bangunan anda, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar