--> Skip to main content

Perbedaan Anjing Ras Dan Kampung

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 10, 2022

Ada berbagai hal yang dapat membedakan antara anjing ras dengan anjing kampung, mulain dari perawatannya hingga makanannya. Umumnya perawatan anjing ras cenderung lebih sulit jika dibandingkan dengan anjing kampung. Meskipun banyak perbedaan anjing ras dan kampung, semua tergantung dari alasan dan kebutuhan seseorang memelihara anjing.

Perbedaan Anjing Ras Dan Kampung

Bagi sebagian orang anjing bisa menjadi sahabat karena kesetiaannya atau karena mudah dilatih. Sehingga tidak heran jika hewan yang satu ini dijadikan sebagai hewan peliharaan bagi orang-orang tertentu. Selain itu, ada juga orang yang menjadikan anjing sebagai penjaga rumah, penjaga perkebunan, penjaga peternakan, membantu dalam berburu, bahkan dijadikan sebagai anjing pelacak yang membantu polisi dalam melacak jejak-jejak kejahatan. Namun, bagi beberapa orang ada juga yang memelihara anjing karena tren ataupun gengsi semata. Untuk alasan yang ini, mungkin beberapa orang lebih memilih memelihara anjing ras.

Biasanya orang-orang tertentu yang memelihara anjing ras seperti rottweiler, husky, bulldog, atau jenis anjing ras lainnya itu untuk dilombakan pada sebuah acara kontes anjing. Sehingga, karena anjing ras ini dipelihara untuk tujuan kontes maka anjing dijual dengan harga yang cukup tinggi. Akan tetapi, tidak sedikit juga orang yang memelihara anjing dengan kondisi yang seadanya. Karena cara pemeliharaannya yang terkesan seperti gaya kampung, sehingga orang sering menyebutnya sebagai anjing kampung.

Perbedaan Anjing Kampung Dan Ras

Ada berbagai hal yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui beda anjing kampung dan ras. Untuk anjing ras dilihat dari segi perawatannya bisa dibilang lebih sulit dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Hal tersebut dilakukan agar kesehatan fisik dan metal anjing bisa selalu terjaga dengan baik. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan anjing ras yaitu jumlah dan asupan makanannya harus teratur.

Sedangkan untuk anjing kampung jika dilihat dari perawatannya tidak sesulit anjing ras. Jika dirawat dengan baik anjing kampung pun juga bisa menjadi anjing yang berkualitas. Kemudian jika dilihat dari segi harga, untuk harga anjing kampung tidak semahal anjing ras, selain itu makanannya pun seadanya tidak harus makanan yang istimewa seperti halnya anjing ras.

Hal tersebut karena anjing kampung sudah terbiasa berkeliaran di alam bebas, sehingga anjing kampung tidak memerlukan perawatan secara khusus dan lebih mudah dalam beradaptasi di berbagai lingkungan. Dapat dikatakan, anjing kampung ini mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik dan tidak mudah sakit. Sebab anjing kampung pada dasarnya merupakan anjing liar yang dapat hidup di alam bebas.

Yang tidak kalah pentingnya adalah anjing kampung dikenal sebagai anjing yang pemberani dan tidak kenal rasa takut, kecuali pada tuannya. Karena hal inilah, anjing kampung seringkali dijadikan sebagai penjaga rumah, penjaga perkebunan, penjaga peternakan dan juga sebagai anjing pemburu.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa jika alasan seseorang memelihara anjing adalah sebagai teman dalam berburu atau untuk menjaga rumah, menjaga perkebunan, menjaga peternakan, mungkin anjing kampung bisa menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, jika orang-orang tertentu ingin memelihara anjing untuk tujuan kontes atau mengikuti sebuah perlombaan, maka anjing ras mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Demikian penjelasan yang dapat saya tulis tentang perbedaan anjing ras dan kampung, semoga penjelasan yang sudah saya tulis di sini bisa menambah pengetahuan anda tentang anjing ras dan anjing kampung.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar