--> Skip to main content

Mengenal Panel Dinding, Kegunaan Dan Jenis-Jenisnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 03, 2022

Memiliki sebuah rumah dengan tampilan yang cantik dan menarik tentunya sangat menyenangkan dan menjadi impian setiap orang. Namun, untuk mewujudkan hal itu kamu mungkin perlu mempercayakannya pada jasa kontraktor, agar hasilnya bisa lebih maksimal. Nah, salah satu cara mempercantik tampilan rumah agar lebih menarik adalah dengan menggunakan panel dinding. Apa itu panel dinding? Agar kamu bisa lebih mengenal panel dinding beserta jenis dan kegunaannya maka kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Panel Dinding

Apa Itu Panel Dinding

Panel dinding merupakan lembar papan yang memiliki corak, motif dan struktur tertentu yang dapat digunakan sebagai pelapis dinding. Dengan memasang panel dinding maka dinding akan tampak bermotif dan memiliki struktur. Panel dinding umumnya berbentuk 3D sehingga bisa menonjolkan suatu elemen (focal point) pada sebuah ruangan.

Kegunaan Panel Dinding

Ada banyak sekali kegunaan panel dinding yang perlu kamu ketahui sebelum kamu mengaplikasikannya untuk ruangan rumahmu. Adapun beberapa kegunaan dari panel dinding diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengubah tampilan ruangan menjadi lebih cantik, indah menarik dan memiliki nilai seni
  • Menambah kenyamanan pada sebuah ruangan
  • Sebagai media untuk berekspresi dengan cara mendesain ruangan menggunakan motif sesuai keinginan dan juga bisa menyalurkan suasana hati maupun karakter dari seseorang
  • Dapat digunakan sebagai solusi atau penutup pada dinding yang terdapat kerusakan, seperti cat pudar, lapisan rontok maupun lubang
  • Dapat menjadi kesan tersendiri pada saat ada tamu yang datang dan bisa saja tamu tersebut merasa nyaman dan suka dengan nuansa ruangan rumahmu

Jenis-Jenis Panel Dinding

Setelah mengetahui apa itu panel dinding dan kegunaannya, kamu juga pelu tahu jenis-jenis panel dinding. Adapun beberpa jenis panel dinding diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Panel dinding dekoratif

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan panel dinding untuk meningkatkan nilai estetika pada sebuah ruangan maka kamu bisa memilih untuk menggunakan panel dinding dekoratif. Jenis panel dinding ini terbuat dari material yang beragam dan ada banyak sekali varian modelnya. Panel dinding dekoratif biasanya diaplikasikan pada ruangan dengan tujuan untuk memberi kesan yang modern. Selain itu, ruangan akan terasa lebih unik dan berbeda dari yang lainnya.

2. Panel dinding MDF (Medium Density Fiberboard)

Panel dinding MDF merupakan panel dinding yang mempunyai sebuah lapisan melamin di bagian atasnya dan akan terlihat seperti lantai keramik. Selain itu, pada panel dinding MDF ini terdapat motif berupa garis kerutan yang dapat memberikan kesan sebuah celah pada keramik. Tentunya ini dapat membuat tampilan dinding menjadi lebih elegan.

3. Panel dinding akustik

Bagi kamu yang ingin memiliki ruangan yang tenang dan kedap terhadap suara, maka kamu bisa menggunakan panel dinding akustik. Panel jenis ini jika dipasang pada sebuah ruangan mampu menyerap suara bising dan juga bisa memberikan efek akustik yang menarik. Umumnya panel dinding akustik ini terbuat dari lapisan busa yang ditutupi kain supaya terlihat lebih rapi.

4. Panel Dinding Eksterior

Selain di dalam rumah, juga ada panel dinding eksterior yang dapat mengubah tampilan luar rumah agar tidak terlihat polos dan membosankan. Panel dinding eksterior ini memiliki ketahanan terhadap kelembapan sehingga lebih baik daripada panel dinding yang biasa dipasang di dalam rumah. Karena hal itulah harga panel dinding eksterior ini lebih tinggi dibandingkan dengan harga panel dinding yang digunakan di dalam rumah.

Itulah beberapa penjelasan tentang panel dinding beserta kegunaan dan jenis-jenisnya. Jika kamu ingin memiliki dinding rumah yang terlihat cantik dan menarik maka kamu bisa mengaplikasikan panel dinding di rumah. Semoga informasi yang telah saya tulis dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kamu.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar