--> Skip to main content

Tips Melakukan Cicilan Mobil baru bagi Pemula

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 09, 2022

Meskipun mobil menjadi kebutuhan sekunder, tetap saja mobil menjadi kendaraan yang membantu mobilitas sehari-hari yang menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat perkotaan. Dahulu, membeli mobil hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kelas menengah ke atas, namun sekarang semua orang bisa membeli mobil idaman yang diinginkan.

Tips Melakukan Cicilan Mobil baru bagi Pemula

Bukan hanya banyak promo-promo mobil murah dan berkualitas, tetapi sekarang ini sistem pembelian mobil juga dipermudah. Salah satunya membeli mobil menggunakan sistem kredit. Sistem kredit adalah sistem yang digunakan dengan cara mencicil setiap bulannya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Namun, membeli mobil menggunakan sistem kredit tidak semudah yang dibayangkan terutama bagi pemula yang masih belum memahami sistem kredit mobil. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang perlu dipahami dalam melakukan cicilan mobil baru Anda.

Menghitung Kemampuan Finansial Bulanan

Menghitung kemampuan finansial bulanan Anda menjadi hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli mobil secara kredit. Hal ini berkaitan dengan pengeluaran bulanan Anda. Pada saat awal membeli mobil secara kredit, pastinya Anda harus menyiapkan uang muka atau DP terlebih dahulu. Selain itu, hal yang lebih penting lagi adalah dengan memperhatikan kebutuhan bulanan Anda yang nantinya akan berkaitan dengan cicilan bulanan, biaya perawatan, bahkan asuransi mobil. Oleh karena itu, pastikan cicilan bulanan Anda nanti tidak lebih dari 20% dari pemasukan bulanan.

Menyiapkan Uang Muka atau DP

Jika sudah menemukan dealer, leasing, serta jenis mobil yang diinginkan, maka Anda perlu memikirkan tentang uang mukanya. DP atau uang muka ini merupakan hal penting ketika Anda mengajukan kredit mobil, baik mobil bekas maupun baru. Jumlah uang muka atau DP nantinya akan berpengaruh pada cicilan bulanan yang Anda bayarkan. Jika ketentuan untuk DP sebesar 25%, Anda dapat membayarkan uang muka dengan nilai yang lebih besar dari ketentuan tersebut. Semakin besar uang muka yang Anda bayarkan, maka semakin kecil cicilan bulanan dan bunga yang Anda bayarkan setiap bulannya.

Memahami Semua Aturan dalam Kredit Mobil

Sebelumnya, perhatikan mengenai ketentuan-ketentuan sistem kredit yang berlaku di dalamnya sebelum menyetujui perjanjian pembelian tersebut. Anda harus memastikan bahwa tidak ada yang salah dalam ketentuan tersebut. Pembelian mobil dengan sistem kredit pastinya akan berpengaruh pada keuangan Anda nantinya, maka lakukan perhitungan yang matang dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda saat ini. Dan pastikan Anda tetap bisa membayar cicilan mobil baru secara rutin.

Lakukan Konsultasi bersama SEVA sebelum Membeli Mobil

SEVA adalah situs jual beli mobil online terlengkap dan terpercaya dan merupakan produk dari PT Astra Auto Digital. Visi yang dimiliki SEVA adalah untuk menyediakan wadah finance first yang bisa membantu konsumen dalam mendapatkan mobil yang diinginkan sesuai dengan kekuatan finansialnya.

Oleh karena itu, layanan SEVA hadir melalui situs dan format aplikasi yang dilengkapi dengan fitur andalan yaitu, Instant Approval, Car Recommendation, dan Loan Calculator, serta dorongan jaringan terintegrasi dari ACC, TAF, Asuransi Astra, dan outlet dealer rekanan SEVA. SEVA mempunyai Fitur Instant Approval yang memudahkan konsumen dalam merencanakan bagan pembiayaan secara cepat sesuai dengan kemampuan finansial. Semua fitur dan produk SEVA dihadirkan untuk memudahkan Anda agar dapat membeli mobil dengan mudah dan praktis melalui layanan online.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil baru. Jika menggunakan sistem kredit, jangan lupa untuk membayar cicilan mobil baru secara teratur. Untuk itu, Anda bisa menggunakan SEVA agar bisa membantu Anda dalam memeriksa kondisi finansial sebelum membeli mobil baru.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar