--> Skip to main content

Cara Agar Jaringan Internet Stabil di Smartphone

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 14, 2022

Jaringan intenet yang tidak stabil memang sangat menyebalkan, apalagi jika banyak pekerjaan atau tugas yang harus kamu kerjakan secara online. Tentunya jaringan internet stabil dan cepat adalah hal yang paling kamu butuhkan saat ini. Dengan jaringan internet yang stabil maka pekerjaan atau tugasmu tersebut bisa kamu kerjakan dengan lancar.

jaringan internet stabil

Masalah jaringan internet tidak hanya dipengaruhi oleh operator seluler yang kamu gunakan saja, tetapi terdapat juga berbagai faktor lain yang juga dapat mempengaruhi kualitas jaringan internet di smartphonemu. Untuk dapat mengatasinya, terdapat beberapa hal yang harus kamu lakukan agar jaringan internetmu bisa kembali stabil dan cepat.

Cara Membuat Jaringan Internet Stabil di Smartphone

Berikut ini adalah beberapa cara membuat jaringan internet stabil di hp atau smartphone yang perlu kamu lakukan:

1. Me-restart smartphone

Salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi semua sistem operasi pada saat mengalami kendala adalah dengan me-restartnya. Bisa jadi jaringan internet yang tidak stabil di smartphone kamu disebabkan oleh hal-hal yang tidak diketahui. Oleh karena itu, me-restart smartphone bisa menjadi pilihan agar sistem bisa kembali bekerja dalam kondisi yang bersih dari aplikasi yang menyebabkan sistem mengalami overload.

Cara untuk me-restart smartphone cukup mudah. Bagi kamu pengguna smartphone android, kamu hanya perlu menekan lama tombol power, setelah itu pilih restart. Sedangkan bagi kamu yang menggunakan smartphone iPhone caranya yaitu tekan dan tahan tombol volume dan tombol samping sampai tampil penggeser daya mati. Tarik penggeser, kemudian tunggulah sekitar 30 detik sampai iPhone mati. Setelah iPhone mati, maka untuk menyalakan kembali tekan dan tahan tombol samping hingga menyala.

2. Merubah Lokasi

Selain karena cuaca, penyebab lain masalah jaringan internet tidak stabil di smartphone adalah lokasi. Apabila lokasimu beerada di dalam sebuah gedung atau berada di dataran tinggi seperti di pegunungan, maka akan banyak hambatan yang dapat menyebabkan kualitas jaringan menjadi menurun. Jika memang begitu, maka kamu bisa pindah ke tempat lain yang tidak banyak hambatannya supaya jaringan internet pada smartphonemu bisa stabil dan lancar.

3. Nonaktifkan Aplikasi dan Update Aplikasi

Jaringan internet yang tidak stabil terkadang disebabkan oleh aplikasi yang bermasalah. Oleh karena itu, kamu bisa menonaktifkan penggunaan data pada aplikasi yang kira-kira dapat memberatkan kinerja smartphonemu. Selain itu kamu juga bisa melakukan update aplikasi supaya kinerjanya bisa lebih optimal.

Bagi pengguna Android, kamu bisa melakukan cara seperti ini: Buka Pengaturan -> Jaringan & Internet -> Jaringan seluler -> Penggunaan data. Setelah itu, pilih aplikasi untuk mencegah penggunaan data pada aplikasi tersebut. Sedangkan untuk kamu yang menggunakan iPhone, kamu bisa buka Pengaturan -> Seluler, kemudian nonaktifkan akses aplikasi ke jaringan data seluler.

4. Nonaktifkan Data Saver atau Mode Data Rendah

Baik itu smartphone android maupun iPhone, keduanya terdapat mode yang dirancang untuk menhemat penggunaan data. Sebenarnya mode ini bermanfaat ketika kamu hanya memiliki kuota data yang terbatas, tetapi hal ini bisa membuat jaringan internet pada smartphonemu menjadi lambat. Oleh karena itu agar jaringan internet bisa kembali stabil dan lancar cobalah untuk me-nonaktifkan mode data saver atau mode data rendah.

5. Nonaktifkan VPN

Apabila masalah jaringan internet terus berlanjut, masalah ini mungkin saja berasal dari pengunaan koneksi VPN. Oleh karena itu, solusinya kamu dapat menonaktifkan VPN terlebih dahulu. Jika kamu memang memerlukan VPN, sebaiknya kamu gunakan VPN lain yang kecepatannya lebih cepat dan stabil.

6. Memilih operator seluler dengan jaringan Internet stabil

Cara lain untuk memaksimalkan kecepatan jaringan internet adalah dengan memilih operator seluler yang memiliki jaringan internet stabil. Saat ini jaringan xl hadir dengan jaringan 4.5G terbarunya yang lebih stabil. Dengan jaringan terbarunya tersebut, kamu dapat mengakses internet, bermain game atau aktivitas lainnya dengan lancar di mana pun dan kapan pun.

Demikian penjelasan yang dapat saya tuliskan tentang cara agar jaringan internet stabil di smartphone, semoga penjelasan yang telah saya tulis di sini dapat bermanfaat bagi kamu semua.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar