--> Skip to main content

Perbedaan Mahar Seserahan dan Hantaran dalam Pernikahan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 16, 2022

Mahar, seserahan, dan hantaran merupakan sesuatu yang tidak bisa dilewatkan dalam rangkaian prosesi pernikahan. Bagi beberapa orang ketiga hal tersebut mungkin masih terasa asing. Sementara, bagi calon pengantin hal tersebut penting untuk dipahami, karena perbedaan mahar, seserahan, dan hantaran itu beda-beda tipis. Namun, ketiganya memiliki perbedaan yang bisa dikenali dengan mudah.

Perbedaan Mahar Seserahan dan Hantaran

Perbedaan Mahar Seserahan Dan Hantaran

Untuk mengetahui perbedaan antara mahar, seserahan, dan hantaran pernikahan, maka kita perlu tahu dulu tentang pengertian mahar nikah, pengertian seserahan, dan pengertian hantaran.

1. Pengertian Mahar

Mahar pernikahan merupakan salah satu syarat sahnya sebuah pernikahan dalam agama Islam. Mahar menjadi hak murni bagi mempelai wanita yang diberikan oleh mempelai pria pada saat akad nikah. Selain itu, mahar pernikahan memiliki makna yang mendalam yaitu untuk menghormati dan memuliakan seorang wanita.

Calon pengantin wanita dapat meminta berbagai jenis mahar kepada calon pengantin pria karena tidak ada ketentuan mahar harus dalam bentuk apa dan dalam jumlah berapa. Biasanya mahar sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak dan yang terpenting tidak memberatkan pihak pria. Jadi, mahar yang terbaik untuk seorang wanita adalah yang paling ringan bagi calon suaminya. Sementara mahar terbaik bagi seorang pria adalah mahar yang sesuai dengan kemampuannya.

Adapun bentuk mahar yang banyak dijumpai di masyarakat yaitu berupa uang, perhiasan, dan seperangkat alat sholat. Selain barang-barang tersebut boleh juga menggunakan barang lainnya bahkan ada juga yang menggunakan hafalan Al-Qur’an sebagai mahar nikah. Nah, bagi anda yang memerlukan mahar nikah untuk pasangan anda, anda bisa membuka halaman: Mahar Pernikahan Pemalang.

2. Pengertian Seserahan

Secara etimologi, kata seserahan itu berasal dari kata serah yang berarti menyerahkan. Kata serah yang diberikan imbuhan -an menjadi serahan berarti sesuatu yang diserahkan. Sedangkan, secara terminologi kata seserahan berarti menyerahkan sejumlah barang dalam bentuk peralatan atau perlengkapan rumah tangga.

Pengertian seserahan pernikahan yaitu simbol bahwa seorang calon pengantin pria itu mampu atau sanggup untuk menafkahi atau mencukupi calon istrinya dengan baik setelah pernikahan. Simbol dari seserahan tersebut bisa berupa kebutuhan tubuh mulai dari yang paling atas sampai bawah. Barang-barang seserahan yang dibawa itu memiliki makna dan doa untuk kesejahteraan kedua calon mempelai di kehidupan setelah pernikahan.

Adapun contoh seserahan pernikahan yang lengkap secara umum diantaranya dapat berupa:

  • Al-Qur’an dan seperangkat alat sholat. Simbol dari seserahan ini yaitu pernikahan yang dilakukan itu harus bisa bertumpu pada nilai-nilai agama.
  • Setelan pakaian bisa berupa setelan pakaian tidur, pakaian kerja, hingga pakaian dalam. Seserahan ini memiliki simbol agar rahasia rumah tangga bisa disimpan dengan baik.
  • Alas kaki dapat berupa sepatu, sandal, selop, heels maupun jenis alas kaki yang lain. Simbol alas kaki yaitu supaya kedua belah belah pihak mampu menjalani kehidupannya dengan mantap secara beriringan di jalan yang benar.
  • Makanan tradisional yang bertekstur yang basah dan lengket. Hal ini memiliki simbol supaya pasangan yang hendak menikah bisa lengket sampai akhir hayat, dan antara kedua keluarga bisa terjalin silaturahmi yang baik selamanya.

3. Pengertian Hantaran

Hantaran pernikahan yaitu buah tangan sebagai pengetuk pintu bagi kedua belah pihak untuk mempererat hubungan antara keluarga mempelai pria dengan keluarga mempelai wanita. Biasanya hantaran pernikahan diberikan saling bergantian antara kedua belah pihak keluarga baik dari pihak pria maupun wanita. Jadi, biasanya kedua keluarga saling memberi dan menerima atau tukar menukar hantaran pernikahan tersebut untuk mempererat hubungan. Hantaran pernikahan bisa berupa aneka jenis makanan, kue, buah, gula, beras dan lain-lain. Barang-barang hantaran tersebut dikemas dengan menarik supaya bisa senada dengan mahar dan seserahan. Nah, bagi anda yang memerlukan hantaran pernikahan untuk pasangan anda, maka anda bisa membuka halaman: Hantaran Pernikahan Pemalang.

Demikian penjelasan tentang perbedaan mahar seserahan dan hantaran dalam pernikahan, semoga penjelasan yang saya tulis di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar