--> Skip to main content

Penyebab Rambut Lepek dan Cara Mengatasinya

Rambut lepek merupakan kondisi rambut yang terlihat kempis, kurang volumenya, tipis dan berminyak. Kondisi rambut lepek tentunya akan mengganggu penampilan anda dan membuat anda menjadi kurang percaya diri. Namun, anda tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rambut lepek. Tetapi, sebelum itu anda perlu tahu dulu apa saja penyebab rambut lepek.

Penyebab Rambut Lepek dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Lepek

Biasanya rambut lepek terjadi karena jumlah minyak yang berlebih pada kulit kepala. Pada dasarnya kulit kepala memiliki minyak alami yang disebut sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak atau kelenjar sebasea. Minyak alami di kulit kelapa tersebut berfungsi menjaga kulit kepala agar tetap sehat. Namun, terkadang kelenjar minyak terlalu aktif sehingga memproduksi minyak berlebih yang mengakibatkan rambut menjadi berminyak dan lepek.

Adapun beberapa penyebab produksi minyak berlebih di kulit kepala adalah sebagai berikut:

1. Cuaca yang Panas

Salah satu faktor yang mempengaruhi produksi minyak berlebih di kulit kepala adalah cuaca yang panas. Saat cuaca panas tentunya akan merasa kegerahan dan keringat akan banyak keluar. Keluarnya keringat ini akan mendistribusikan minyak alami di kulit kepala ke seluruh rambut. Jadi wajar jika saat cuaca panas rambut menjadi lepek maksimal apalagi saat berpanas-panasan seharian di luar ruangan.

2. Terlalu sering keramas

Keramas memang menjadi salah satu cara merawat rambut agar tetap sehat. Namun, jika kermas terlalu sering dilakukan maka produksi minyak di kulit kepala bisa menjadi lebih meningkat. Akibatnya, dapat menimbulkan masalah rambut lepek.

3. Salah mengaplikasikan kondisioner

Teknik yang salah dalam penggunaan kondisioner justru dapat membuat rambut semakin lepek. Kesalahan umum saat menggunakan kondisioner adalah mengaplikasikannya hingga bagian kulit kepala. Inilah kesalahan yang sering terjadi yang dapat membuat rambut menjadi semakin berminyak dan lepek. Oleh karena itu, selalu perhatikan cara penggunaan kondisioner yang tepat.

4. Terlalu Sering Disisir

Menyisir memang dapat membuat rambut menjadi terlihat lebih rapi. Namun, kebiasaan terlalu sering menyisir ini justru dapat merangsang kelenjar minyak untuk memprosuksi minyak berlebih. Jadi jangan heran jika rambut menjadi lepek saat anda terlalu sering menyisir rambut.

5. Mengikat rambut atau memakai penutup kepala saat rambut basah

Terkadang masalah rambut lepek juga bisa disebabkan oleh masalah yang sepele. Misalnya mengikat rambut atau memakai penutup kepala seperti topi atau hijab saat kondisi rambut belum kering. Beberapa kebiasaan tersebut dapat memicu produksi minyak berlebih sehingga kulit kepala dan rambut menjadi semakin lembab, berminyak dan lepek. Hal ini karena, jika rambut diikat atau tertutup oleh penutup kepala saat masih basah maka rambut tidak bisa bernapas dan terkena udara segar yang dapat mengeringkan rambut secara alami.

Cara Mengatasi Rambut Lepek

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut lepek, maka selanjutnya bisa mengambil langkah untuk mengatasi rambut lepek. Berikut ini adalah cara mengatasi rambut lepek yang dapat anda lakukan:

  1. Saat cuaca sedang panas, berikan perlindungan pada rambut dan kulit kepala dengan mencegah terpapar langsung panasnya terik matahari, dan polusi udara saat berada di luar ruangan. Sebaiknya saat keluar rumah kenakan penutup kepala seperti topi bagi laki-laki dan hijab bagi perempuan.
  2. Untuk menghindari masalah rambut lepek, sebaiknya jangan terlalu sering keramas. Setidaknya keramas dilakukan maksimal 3-4 kali dalam seminggu. Dengan cara seperti ini, rambut bisa lebih bervolume dan kelenjar minyak tidak akan memproduksi minyak secara berlebihan.
  3. Hindari mengaplikasikan kondisioner pada bagian dasar kulit kepala agar tidak membuat rambut menjadi semakin berminyak dan lepek. Cara penggunaan kondisioner yang tepat adalah dengan mengoleskannya pada bagian pertengahan rambut hingga ujung helai rambut secara merata.
  4. Cara mengatasi rambut lepek selanjutnya yaitu, sisisrlah rambut seperlunya saja misalnya setelah keramas. Jika memang harus merapikan rambut, cukup sisir menggunakan jari saja namun pastikan jari anda terjaga kebersihannya.
  5. Sebelum mengikat rambut atau memakai penutup kepala seperti topi dan hijab, pastikan punya waktu yang cukup untuk mengeringkan rambut dengan sempurna agar tidak mengalami masalah rambut lepek.

Itulah beberapa penyebab rambut lepek dan cara mengatasinya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar