--> Skip to main content

Apa Itu Software Payroll?

Software merupakan sebuah program yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia, seperti untuk mengelola data, melakukan perhitungan, membuat dokumen, mengolah gambar dan lain-lain. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, maka software pun terus mengalami perkembangan yang pesat. Terbukti bahwa saat ini telah banyak software yang tersedia, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu software yaitu software payroll. Apa itu software payroll? Simak penjelasannya di sini.

Apa Itu Software Payroll

Tentang Software Payroll

Software payroll adalah sebuah program dalam bentuk sistem penggajian yang dapat mempermudah perusahaan, khususnya pada bagian HRD dalam hal melakuan perhitungan dan pembayaran gaji para karyawan. Melalui software payroll ini perusahaan bisa melakukan perhitungan gaji bersih yang harus dibayarkan kepada karyawan dengan mudah dan cepat berdasarkan data kehadiran karyawan atau absensi, karyawan lembur, iuran, insentif, bonus, dan tunjangan. Tidak hanya itu, software payroll juga dapat melakukan perhitungan pajak penghasilan, potongan pinjaman dan lain-lain.

Fungsi Software Payroll

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang fungsi software payroll :

  1. Untuk menghitung potongan dan jumlah gaji yang diberikan oleh karyawan. Setelah geji kotor ditentukan, maka sistem secara otomatis akan menghitung besarnya potongan seperti potongan pajak, pinjaman, asuransi, maupun BPJS. Seluruh potongan tersebut akan dimasukkan ke dalam gaji kotor sebelum akhirnya dikirim ke rekening karyawan secara otomatis. Bahkan pada sistem software payroll tertentu ada yang bisa menyertakan penggantian biaya (reimbursement) secara otomatis, misalnya penggantian biaya bisnis, penggantian biaya perjalan bisnis, penggantian biaya kesehatan yang mungkin tidak menggunakan BPJS dan berbagai pengeluaran yang dilakukan karyawan yang lainnya.
  2. Untuk menyimpan data dengan aman dan tentunya secara otomatis. Melakukan penyimpanan data secara manual dapat memakan banyak waktu, lebih sulit dikerjakan, membutuhkan banyak kertas dan memakan banyak tempat untuk menyimpannya. Dengan kecanggihan software payroll yang dijalankan menggunakan sistem, maka perusahaan tidak perlu repot-repot mempersiapkan hal tersebut. Data lama yang sudah tidak diperlukan juga bisa dihapus dengan mudah.
  3. Untuk membuat formulir pajak sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan. Nantinya formulir pajak tersebut bisa dicetak dan dikirimkan kepada pihak yang bersangkutan.
  4. Terdapat fitur self-service yang dapat memungkinkan karwayan untuk mengakses data informasi tentang jumlah gaji, waktu kerja, potongan, bonus dan lain-lain secara langsung dengan mudah.
  5. Sistem software payroll berbasis cloud, sehingga bisa diakses kapan pun dan dimana pun. Selain itu sistem berbasis cloud ini juga secara otomatis dapat ter-update ketika ada perubahan kebijakan pajak sehingga gaji karyawan akan selalu bisa disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
  6. Pembuatan laporan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan dapat dilakukan dengan mudah dan detail.
  7. Software payroll dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan karena setiap perusahaan tidak memiliki kebutuhan yang sama.

Perusahaan Membutuhkan Software Payroll Karyawan

Proses penggajian perusahaan kepada karyawan-karyawannya dilakukan setiap bulan dan harus dikerjakan secara teratur dan akurat. Oleh karena itu, berinvestasi dalam penggunaan software payroll meruapakan suatu hal yang penting bagi sebuah perusahaan apalagi kalau perusaaan tersebut adalah perusahaan yang besar. Dengan menggunakan software payroll, perusahaan tidak perlu khawatir lagi akan terjadinya kesalahan perhitungan dan pengiriman gaji karyawan karena bisa diselesaikan secara otomatis oleh sistem. Selain itu dengan menggunakan software ini akan lebih menghemat waktu dan energi, dan juga biaya.

Demikian penjelasan yang dapat saya tuliskan tentang apa itu software payroll, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar