--> Skip to main content

Obat Sakit Gigi Secara Alami Dan Ampuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 13, 2021

Obat sakit gigi secara alami sebenarnya ada banyak yang bisa di temukan di rumah. Untuk mengatasi sakit gigi, anda hanya perlu memanfaatkan beberapa bahan, yang kemudian menjadikannya sebagai suatu obat untuk pertolongan pertama.

obat sakit gigi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang obat sakit gigi, berikut penjelasan tentang sakit gigi. Munculnya rasa sakit gigi ditandai dengan rasa nyeri di dalam maupun di sekitar gigi. Selain rasa nyeri terkadang sakit gigi disertai dengan munculnya gejala lain misalnya sakit kepala, gigi sensitif, gigi bengkak, hingga terjadi pendarahan pada gigi. Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari rusaknya gigi, gigi bengkak, tumbuh gigi, cedera, infeksi gusi, infeksi sinusitis, fraktur gigi, hingga rusaknya tambalan gigi.

Obat Sakit Gigi Alami Dan Ampuh

Sakit gigi dapat diatasi dengan berbagai macam cara, salah satunya yaitu menggunakan obat sakit gigi alami yang mudah ditemukan di rumah. Adapun bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi adalah:

1. Air Garam

Air garam dapat anda jadikan sebagai obat sakit gigi. Caranya yaitu dengan mencampurkan garam sebanyak 1/2 sendok teh ke dalam satu gelas air hangat kemudian gunakan untuk obat kumur. Air garam bisa dijadikan sebagai disinfektan alami yang dapat mengurangi peradangan dan dapat menyembuhkan luka pada mulut. Selain itu, berkumur dengan air garam juga dapat membantu membuang sisa-sisa makanan dan kotoran yang menempel pada sela-sela gigi.

2. Bawang Putih

Bawang putih sudah sejak lama dipercaya sebagai obat sakit gigi. Bawang putih diyakini berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri dan sakit pada gigi selain itu dapat membunuh bakteri pada plak gigi. Cara penggunaan bawang putih sebagai obat sakit gigi, bisa dengan cara menghancurkan satu suing bawang putih hingga halus, kemudian mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit. Selain itu, anda juga bisa langsung mengunyahnya dan merasakan khasiat bawang putih tersebut.

3. Es Batu

Apabila sakit gigi dikarenakan oleh benturan yang menyebabkan cedera pada gigi, kamu bisa menempelkan es batu yang dibungkus dengan kain tipis di sisi luar pipi. Untuk meredakan nyeri cara ini bisa dibilang cukup ampuh.

4. Teh peppermint

Teh peppermint selain dapat diminum, dapat juga dimanfaatkan untuk obat sakit gigi dan mengatasi gigi sensitif. Untuk menjadikannya sebagai obat gigi, bisa menggunakan teh celup peppermint. Silahkan panaskan air, kemudian celupkan kantung teh peppermint, setelah itu angkat dan dinginkan kantung teh tersebut selama beberapa menit menggunakan freezer. Jika sudah dingin, selanjutnya gigit kantong teh peppermint tersebut menggunakan gigi yang sakit.

5. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh berkhasiat untuk meredakan rasa sakit, mengurangi terjadinya peradangan, dan menjadi antiseptik alami karena mengandung senyawa kimia eugenol. Untuk menjadikan cengkeh sebagai obat sakit gigi, cukup dengan mencampurkan 3 tetes minyak cengkeh dengan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Selanjutnya, masukkan kapas kemudian biarkan minyak menyerap di dalam kapas. Kemudian, taruh kapas tersebut pada gigi yang sakit.

Selain melalui cara tersebut, anda dapat meneteskan 1 minyak cengkeh ke dalam satu gelas air dan menggunakannya untuk obat kumur. Biasanya minyak cengkeh tersedia di toko obat. Meskipun tidak begitu efektif untuk menghilangkan sakit gigi, tetapi cara ini dipercaya dapat mengurangi nyeri.

Selain dengan memanfaatkan bahan-bahan tersebut, kamu juga harus disiplin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Karena masalah sakit gigi sering kali disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Jadi mulai sekarang, biasakan menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari secara rutin yaitu di waktu pagi dan malam. Gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut dengan gagang yang pas supaya dapat menjangkau semua area sela-sela gigi. Untuk yang mempunyai masalah gigi sensitif, sebaiknya gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif pada saat menyikat gigi.

Apabila penggunaan obat sakit gigi secara alami telah dilakukan selama 2 hari, namun keluhan tidak juga membaik, maka segeralah berkonsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang obat sakit gigi secara alami dan ampuh. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar