--> Skip to main content

Manfaat Omega 3 Dan 6 Untuk Anak

Untuk tumbuh kembang anak yang ideal, anak membutuhkan ragam nutrisi yang berguna untuk tubuhnya. Adapun nutrisi yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak beberapa diantaranya adalah asam lemak omega 3 dan omega 6. Sayangnya, masih ada sebagian dari orang tua yang masih belum tahu betul apa itu asam lemak omega 3 dan 6, sehingga menyebabkan asupan nutrisi untuk anak-anaknya masih tergolong rendah. Padahal, manfaat omega 3 dan 6 untuk anak ada banyak.

omega 3

Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya, terlebih dahulu kamu perlu tahu apa itu omega 3 dan omega 6. Omega 3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan hanya bisa didapatkan melalui asupan makanan. Sedangkan Omega-6 adalah jenis asam lemak tak jenuh ganda yang menjalankan fungsi esensial untuk tubuh. Meskipun sifatnya esensial dan harus dikonsumsi dari makanan sehat, porsi omega-6 harus diseimbangkan dengan omega-3.

Manfaat Omega 3 Untuk Anak

Adapun beberapa manfaat omega 3 untuk anak diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Meningkatkan kecerdasan

Omega 3 mempunyai manfaat yang sangat penting bagi anak yaitu dapat meningkatkan kecerdasan dan menguatkan fungsi otak anak. Dengan asupan omega 3 yang cukup anak akan menjadi lebih mudah berkonsentrasi dan akan berdampak pada peningkatan kecerdasan anak.

2. Meningkatkan kemampuan membaca

Anak-anak yang memperoleh asupan omega 3 yang cukup akan cenderung mempunyai kemampuan membaca yang lebih baik. Jika kemampuan membaca anak baik, maka anak akan lebih mudah untuk menyerap pelajaran dan akan mempunyai wawasan yang luas. Selain itu anak juga akan lebih bersikap baik saat di sekolah.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh dan Mencegah Berbagai Penyakit

Asupan omega 3 yang cukup dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh anak sehingga anak tidak akan mudah terserang penyakit.

4. Menyeimbangkan Koordinasi Tangan dan Mata

Ketika anak sedang belajar akan membutuhkan keseimbangan koordinasi antara tangan dengan mata, terlebih ketika mengerjakan tugas dan mencatat pelajaran di sekolah. Dengan asupan omega 3 yang cukup untuk anak maka bisa membantu menyeimbangkan koordinasi tangan dengan mata.

5. Meningkatkan kesehatan mental

Minyak ikan yang mengandung omega 3 ternyata bisa digunakan sebagai obat depresi. Jadi, omega 3 tidak hanya baik untuk kesehatan fisik anak saja, tetapi juga baik untuk kesehatan mental anak.

6. Membantu mencegah kegemukan

Makanan yang mengandung omega 3 tidak akan membuat anak menjadi gemuk, tetapi sebaliknya asam lemak omega 3 justru bisa mengendalikan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang. Dengan mengkonsumsi omega 3 secara rutin, maka anak akan terhindar dari risiko kegemukan dari sejak kecil hingga dewasa.

Makanan Yang Mengandung Omega 3

Adapun sumber makanan yang mengandung omega 3 untuk anak diantaranya yaitu jenis ikan yang berlemak seperti salmon, tuna, sarden, tenggiri, herring dan marekel serta yang tidak ketinggalan adalah telur. Makanan lainnya yang juga mengandung asam lemak diantaranya yaitu alpukat, kacang kenari, kacang kedelai, canola, bayam, raps dan walnut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Omega 6 Untuk Anak

Beberapa manfaat omega 6 untuk anak diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Membantu pembentukan dan perkembangan otak

Selain omega 3, pemberian omega 6 yang seimbang pada anak juga dapat membantu perkembangan fungsi otak agar bisa lebih optimal.

2. Meningkatkan daya konsentrasi

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang pintar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberikan asupan makanan yang mengandung omega 6 sebagai nutrisi tambahan yang dapat meningkatkan daya konsentrasi anak. Jika anak memiliki konsentrasi yang baik, maka anak akan lebih cepat menangkap pelajaran.

3. Menjaga kesehatan mata, kulit dan rambut

Nutrisi untuk menjaga kesehatan mata, kulit dan rambut tidak hanya berasal dari vitamin saja. Tetapi juga bisa didapatkan dari sumber makanan yang mengandung omega 6. Karena omega 6 dapat berperan dalam membantu menjaga kesehatan organ-organ tersebut. Jika kesehatan organ tubuh anak dapat terjaga dengan baik, maka dalam masa pertumbuhannya anak akan bisa beraktivitas dengan baik.

4. Mengurangi risiko penyakit kronis

Omega 6 dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak, sehingga dengan asupan omega 6 yang seimbang maka dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, pembuluh darah, hipertensi, dan peradangan.

5. Menurunkan kolesterol jahat

Jika omega 6 dikonsumsi sesuai batas kebutuhan anak maka dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Untuk itu agar terhindar dari peningkatan kolesterol jahat, sebaiknya seimbangkan asupan nutrisi anak dengan memberikan makanan sehat yang mengandung omega 6.

6. Mengontrol berat badan

Jika dikonsumsi dengan tepat, omega 6 dapat mengontrol berat badan anak. Seperti yang kita ketahui, sekarang ini banyak anak yang terbiasa mengkonsumsi makanan cepat saji dan cemilan manis. Kebiasaan ini sebaiknya hindari atau kurangi dan menggantinya dengan mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung omega 6 yang lebih menyehatkan, misalnya susu, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan. Pastikan juga porsi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anak, tidak kurang juga tidak berlebihan.

7. Mengendalikan gula darah

Biasanya anak-anak lebih menyukai makan makanan yang manis, hal itu tentunya dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Apabila kadar gula darah dalam tubuh terlalu tinggi, maka dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Untuk itu sebaiknya berikan makanan yang mengandung sumber omega 6 agar kadar gula darah dapat terkendalikan.

8. Menjaga kesehatan tulang

Mungkin yang sering kita dengar nutrisi yang dapat membantu kesehatan tulang adalah kalsium. Namun, ternyata memberikan omega 6 pada anak juga dapat membantu kesehatan tulang agar lebih sehat dan kuat.

9. Mengatur metabolisme tubuh

Metabolisme merupakan proses pengolahan makanan dan minuman menjadi energi di dalam tubuh. Pemberian asupan omega 6 yang tepat dapat membantu mengatur metabolisme dalam tubuh agar lebih optimal, tentunya juga harus diimbangi dengan asupan nutrisi lain.

Makanan Yang Mengandung Omega 6

Contoh makanan yang mengandung omega 6 diantaranya adalah: Ikan laut (salmon, sarden, tuna, tengiri, markel, kod), minyak kedelai, minyak kenari, minyak safflower, kacang-kacangan (kedelai, almond, edamame, mede, walnut, hazelnut, pecan), biji bunga matahari, biji labu, biji wijen, mentega, mayones, daging sapi, telur, tahu, brokoli, dan selada.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan tentang manfaat omega 3 dan 6 untuk anak, semoga penjelasan yang dapat kami uraikan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar