--> Skip to main content

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu IDN App

Saat ini untuk mendapatkan sebuah informasi atau berita terbaru bisa didapatkan melalui berbagai cara. Salah satunya dengan membaca berita melalui internet, entah itu dengan mengakses sebuah website atau melalui aplikasi di smartphone. Sehingga tidak dipungkiri kini Internet telah menjadi tempat yang paling populer untuk mendapatkan sebuah informasi.

Tetapi, banyak orang termasuk saya secara pribadi terkadang masih meragukan informasi yang kita dapatkan dari internet. Keraguan akan informasi tersebut bukanlah tanpa alasan. Memang ada juga organisasi yang mengklaim bahwa mereka sangat peduli dengan keakuratan berita yang mereka sampaikan. Meskipun begitu, di luaran sana masih banyak sekali informasi yang kurang dapat dipercaya.

Tetapi hal tersebut bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan informasi dan berita yang dapat dipercaya. Nah, salah satu aplikasi baca berita yang bisa diandalkan dan dapat dipercaya adalah IDN App.

apa itu idn app

Apa itu IDN App?

IDN App adalah sebuah aplikasi baca berita terlengkap dan terpercaya yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. IDN App merupakan salah satu produk dari IDN Media yang memiliki fitur lengkap mulai dari baca berita, tulis artikel, tulis dan jawab pertanyaan serta masih banyak fitur-fitur yang lainnya.

Google Play App Store

Aplikasi IDN App resmi diluncurkan pada tanggal 16 Juni 2020. Sejak diluncurkan, IDN App telah menunjukkan pertumbuhan pengguna yang menjanjikan dan mendapatkan respon yang positif dari para audiens. Selain itu selama kurang dari 30 hari setelah peluncurannya telah mendapatkan 50.000 lebih pertanyaan dan jawaban dari para penggunanya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Review IDN App versi terbaru

Setelah mengenal apa itu IDN App, secara pribadi saya langsung menginstall IDN App di smartphone saya. Menurut saya ini adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang tampilan terbarunya jauh lebih fresh dan sangat cocok untuk para Millennial dan Gen Z. Tentunya kamu pasti akan merasakan seperti apa yang saya rasakan jika kamu menginstall dan menggunakan IDN App ini.

Review IDN App

Setelah menggunakan IDN App ini, menurut saya IDN App ini adalah aplikasi yang sangat menarik. Karena itulah saya memberikan nilai bintang 5 di play store untuk IDN App. Tentu saja penilaian yang saya berikan ini bukan tanpa alasan. Adapun beberapa alasan kenapa saya berani memberikan penilaian yang sangat baik untuk IDN App ini diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Tampilan newsfeed yang simple

Ketika pertama kali membuka aplikasi IDN App, saya yakin hal pertama yang akan anda lihat adalah tampilan newsfeed yang sederhana dan dilengkapi dengan scroll. Dengan tampilannya yang sederhana tersebut tentunya akan mempermudah para pembaca untuk mencari berita atau informasi terbaru tanpa perlu repot klik sana-sini. Selain informasi atau berita terbaru di menu home pada tampilan utama ini kamu juga bisa melihat berita yang sedang trending dengan membuka tab trending.

Berita Terbaru dan Trending

Tidak hanya itu saja kamu juga bisa menulis pertanyaan yang ingin kamu tanyakan ataupun membantu memberikan jawaban kepada pengguna lain yang bertanya pada menu Tanya Jawab. Jadi hadirnya adanya fitur Tanya Jawab ini, pengguna tidak hanya menjadi pembaca pasif saja tetapi mempunyai kesempatan untuk aktif berdiskusi. Bagi generasi millennial, keterampilan dalam berdiskusi ini sangatlah penting karena saat ini selain membutuhkan kreativitas, juga dibutuhkan pikiran yang kritis untuk mencapai kesuksesan.

Menulis Pertanyaan
Menjawab Pertanyaan

Pilih Topik Sesuai Keinginanmu

Sebagai salah satu aplikasi baca berita, IDN App mempunyai banyak sekali topik berita. Menariknya di sini topik berita yang ada di IDN App dapat disesuaikan dengan selera penggunanya. Beberapa topik yang ada di IDN App diantaranya adalah News, Bisnis, Sport, Otomotif, Travel, Soccer, Lifestyle, Teknologi, Science, Health, Food, Hype, Fiction, Men, Opinion, dan Quiz. Pada kolom quiz kamu bisa mengikuti berbagai kuis seperti quiz K-pop dan lain sebagainya.

Menentukan Topik

Agar kamu dapat memilih topik sesuai keinginanmu, maka kamu perlu melakukan registrasi di IDN Times Community, sehingga kamu bisa menggunakan fitur Topik special dan Topik Pilihanmu. Melalui fitur ini, kamu bisa memilih beberapa topik yang akan kamu jadikan sebagai Topik Pilihanmu.

Selain dapat menentukan topik berita, fitur Explore juga dapat digunakan untuk mencari berbagai informasi melalui kotak pencarian. Menariknya lagi terdapat pilihan untuk menampilkan hasil pencarian berdasarkan dari artikel yang ditulis, tanya jawab, member, tag bahkan bisa menampilkan semua pilihan tersebut.

Pencarian

Berita dapat dibagikan dan disimpan

Ketika menemukan sebuah berita atau informasi yang bermanfaat, memang sangat disarankan untuk membagikannya kepada orang lain agar orang lain juga memperoleh manfaat yang sama. Hal seperti ini bisa dilakukan di IDN App. Kamu bisa membagikan berita ke berbagai media sosial seperti Instagram Story, Whatsapp, Facebook, Twitter, Line, LinkedIn dan lainnya.

Membagikan Berita

Apabila kamu menemukan informasi atau berita yang kamu sukai dan ingin membacanya dilain waktu, kamu bisa menyimpan artikel tersebut menggunakan fitur Bookmark. Dengan fitur ini, kamu bisa mengakses artikel tersebut di lain waktu. Selain itu, ada juga fitur Terakhir Dibaca yang membuat pengguna bisa melihat histori berita apa saja yang sebelumnya pernah dibaca.

Bookmark
Terakhir Dibaca

Iklan yang tampil tidak mengganggu

Biasanya kalau menggunakan aplikasi tertentu terkadang kita terganggu dengan banyaknya iklan yang bermunculan. Bahkan terkadang iklan malah menutupi tulisan, belum lagi jika iklan tersebut tidak sengaja diklik, berbagai halaman yang tidak jelas akan langsung bermunculan. Nah, di IDN App ini bukan berarti tidak ada iklan yang tampil. Iklan tetap ada tetapi jumlah iklan yang tampil hanya sedikit dan penempatannya tidak mengganggu pengguna IDN App saat membaca berita. Sehingga pengguna akan merasa nyaman dan betah membaca berita sesuai topik yang disukainya tanpa harus terganggu oleh iklan.

Iklan di IDN App

Tampilan yang dapat disesuaikan

Terkadang membaca tulisan secara terus-menerus melalui layar smartphone memang membuat mata menjadi lelah. Oleh karena itu, kamu harus melakukan penyesuaian pada tampilan. Nah, di IDN App ini terdapat fitur yang dapat menyesuaikan tampilan. Kamu dapat memilih menggunakan mode malam atau mode terang ketika membaca berita. Jadi saat di siang hari kamu bisa menggunakan mode terang dan saat di malam hari kamu bisa menggunakan mode malam.

Untuk menggunakan fitur ini pengguna bisa membuka menu Profile. Kemudian pilih icon gear pada bagian kanan atas IDN App atau tepat berada di bagian atas foto profile. Setelah itu tinggal menyetelnya dari Off menjadi On untuk mengaktifkan mode malam. Bisa juga memilih opsi auto yang dapat menyesuaikan secara otomatis.

Menyesuaikan Tampilan
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Bagaimana IDN App membantumu dalam menentukan dan/atau berbagi informasi

Dengan cara menginstall dan menggunakan IDN App ini kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat salah satunya mendapatkan informasi atau berita sesuai dengan topik yang kamu inginkan. Selain itu melalui IDN App ini kamu juga bisa berbagi hasil tulisanmu melalui fitur tulis artikel.

Menulis Artikel

Jadi kamu dan semua pengguna IDN App dapat memanfaakan fitur ini untuk membagikan hasil karya tulis yang kamu buat. Menariknya lagi jika artikel yang telah kamu tulis berhasil ditayangkan oleh pihak IDN App, kamu akan mendapakan sejumlah poin. Nantinya poin yang kamu peroleh tersebut dapat kamu tukarkan dalam bentuk uang tunai.

Fitur ini menurut saya sangat bagus sekali karena dapat memberikan keuntungan bagi pengguna yang suka menulis dan juga pihak IDN App. Jadi dengan menjadi penulis di IDN App ini kamu bisa memperoleh penghasilan tambahan secara online.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kualitas konten di IDN App

Meskipun setiap pengguna IDN App bisa menjadi penulis di IDN App, namun tulisan yang dikirim tidak secara otomatis langsung dipublikasikan. Tulisan harus melalui verifikasi yang ketat dan tidak sembarangan. Jadi, IDN App ini mempunyai tim khusus yang melakukan pengecekan, apakah sebuah artikel yang dikirimkan itu benar-benar baik, akurat dan berasal dari sumber yang jelas. Itulah yang mengapa konten yang ada di IDN App ini berkualitas dan tidak ditemukan artikel Hoax atau artikel sampah.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah yang dapat saya tuliskan pada kesempatan kali ini tentang apa itu IDN App. Semua tulisan yang saya buat ini berdasarkan dari pengamatan dan pengalaman saya setelah mencoba dan mengakses IDN App. Mungkin masih ada yang kurang, tetapi secara keseluruhan menurut saya pribadi IDN App ini sangat bagus, simpel, informatif dan mudah digunakan.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar