--> Skip to main content

Cara Menghilangkan Noda Luntur di Baju Putih Kesayangan

Salah satu hal yang tidak kita inginkan adalah terkenanya noda luntur pada baju. Penyebabnya ada bermacam-macam, bisa karena terkena lunturan warna pakaian lain, tinta bolpoin, terkena kuah soto dan lain-lain. Tentunya akan sangat sedih jika yang terkena luntur adalah baju putih kesayangan kamu. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan noda luntur pada baju putih kesayanganmu.

cara menghilangkan noda luntur

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Putih

Cara menghilangkan noda luntur yang dapat kamu lakukan itu ada banyak. Agar noda luntur pada baju putih tidak merusak penampilanmu karena noda yang terlihat sangat mencolok. Kamu bisa memilih beberapa dari cara menghilangkan noda luntur pada baju putih berikut ini.

1. Menggunakan cuka

Bahan cuka cukup ampuh untuk menghilangkan noda luntur pada baju putih. Jika baju putih kamu terkena lunturan atau noda hitam, maka kamu bisa gosokkan cuka pada area tersebut. Tetapi, terlebih dahulu kamu campurkan cairan cuka pada seember air lalu kucek pakaian putih tersebut. Setelah itu rendam sekitar satu jam, kemudian bilas menggunakan air hangat.

2. Teteskan cairan belimbing wuluh

Cairan belimbing wuluh memiliki sifat asam sehingga termasuk bahan yang efektif untuk menghapus noda. Jika noda luntur pada baju kamu tidak terlalu banyak kamu bisa memanfaatkan belimbing wuluh. Untuk menggunakannya kamu bisa memotong belimbing wuluh menjadi 2 bagian, kemudian teteskan atau oleskan cairan belimbing wuluh ke bagian noda pada baju dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu kamu bisa mencucinya seperti biasa menggunakan detergen dan air.

3. Menggunakan Campuran Lemon dengan Detergen, dan Garam

Tidak hanya belimbing wuluh, buah citrun atau lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda luntur. Caranya kamu peras sarinya kemudian gunakan sebagai campuran air rendaman baju. Supaya hasilnya bisa lebih maksimal, kamu bisa menambahkan detergen dan garam ke dalam larutan lemon tersebut.

4. Menggunakan air jeruk nipis

Jika enggan untuk menggunakan belimbing wuluh atau lemon, kamu bisa menggunakan jeruk nipis yang lebih mudah untuk didapatkan. Cara penggunaan jeruk nipis yaitu gosokkan potongan jeruk nipis ke bagian permukaan noda luntur selama 5 menit. Biarkan sebentar, setelah itu kamu bisa mencuci baju menggunakan detergen seperti biasa. Larutan jeruk nipis juga bisa menghilangkan noda kekuningan pada baju putih.

5. Menggunakan vetsin

Vetsin atau yang dikenal sebagai micin tidak hanya sebagai penyedap rasa saja, tetapi dapat juga dimanfaatkan untuk memutihkan kembali pakaian yang luntur. Cara penggunaannya yaitu campurkan vetsin dengan detergen perbandingannya 2 banding 3 dan campurkan dengan air panas. Kamu pastikan kalau air yang kamu gunakan cukup untuk merendam pakaian. Diamkan selama 30 menit, lalu kucek dan bilas.

6. Rendam menggunakan cairan pemutih

Cara ini biasanya menjadi andalan para ibu rumah tangga. Tetapi, penggunaan cairan pemutih harus yang bebas klorin. Sebelum menggunakannya, sebaiknya kamu cek dulu label pakaian yang akan kamu cuci apakah terdapat symbol aman menggunakan pemutih atau tidak. Jika aman, silahkan gunakan cairan pemutih. Caranya yaitu campurkan satu tutup botol cairan pemutih ke dalam rendaman pakaian. Biarkan selama 1-2 jam sebelum kamu melanjutkan proses mencuci baju seperti biasa.

7. Menggunakan baking soda

Baking soda sering kali dijadikan sebagai pilihan untuk membersihkan noda baju, hal itu karena baking soda mudah ditemukan. Meskipun tidak seefektif menggunakan vetsin, tetapi baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan noda luntur yang tidak begitu parah. Cara penggunaannya campurkan baking soda ke dalam rendaman pakaian putih selama kurang lebh 15 menit. Setelah itu angkat dan kucek baju seperti biasa.

8. Oleskan aseton

Cairan yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda luntur selanjutnya yaitu larutan aseton. Cara penggunaannya yaitu berikan beberapa tetes aseton pada bercak noda luntur yang ada di baju putih kesayanganmu. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu kucek dan bilas seperti proses pencucian pakaian seperti biasa.

9. Menggunakan larutan alkohol

Apabila noda luntur pada baju anda berasal dari tinta, maka kamu bisa mencoba menggunakan alkohol untuk mengatasinya. Cara yang satu ini cukup efektif terutama untuk menghilangkan noda luntur pada baju putih. Cara penggunaannya yaitu gosokkan alkohol ke bagian yang terkena noda sampai memudar, setelah itu kucek pakaian menggunakan detergen. Lakukan antara 2-3 kali sampai noda tinta tersebut benar-benar hilang sepenuhnya.

10. Menggunakan detergen cair

Menggunakan detergen merupakan cara yang paling mudah untuk menghilangkan noda luntur. Saat ini telah banyak merek detergen yang formulanya sangat efektif untuk membersihkan baju. Cara penggunaannya cukup merendam baju dengan campuran detergen dan air selama minimal 30 menit, setelah itu cucilah pakaian.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda luntur di baju putih kesayangan, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar