--> Skip to main content

Cara Merawat Ketiak Agar Tetap Wangi

Cara merawat ketiak agar tetap wangi itu bagaimana ya? Sebelumnya kita harus tahu dulu penyebab bau ketiak. Bau ketiak itu bermula dari kelenjar apokrin di dalam tubuh yang menghasilkan keringat. Kemudian karena aktivitas bakteri yang memecah komponen organik dari keringat, maka dapat menghasilkan bau. Seseorang yang mengalami bau ketiak pastinya tingkat kepercayaan dirinya menjadi menurun. Untuk itulah di sini kami akan bagikan cara mengatasi bau ketiak agar bisa wangi.

Cara merawat ketiak agar tetap wangi

Cara Merawat Ketiak Agar Tetap Wangi

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara mengatasi bau ketiak agar tetap wangi:

1. Bersihkan ketiak dengan benar saat mandi

Gosok bagian ketiak terlebih dahulu baru lanjut ke bagian lain. Ini bertujuan supaya busa sabun berada lebih lama pada area ketiak. Dengan begitu maka aroma tidak sedap akan hilang karena busa sabun yang wangi. Lebih bagus lagi jika kamu menggosok bagian ketiak dengan shower puff.

2. Keringkan dengan benar

Biasanya saat handukan setelah selesai mandi, bagian kaki, punggung dan lipatan kulit seperti ketiak sering dilewatkan. Jadi bagi yang mempunyai kebiasaan seperti itu, ingat-ingat dengan baik bagian-bagian tersebut jangan sampai kelewatan terutama ketiak. Cara mengeringkan ketiak dengan baik yaitu dengan menepuk-nepuk ketiak secara pelan menggunakan handuk yang tekstur bulunya lembut. Jangan menggunakan gerakan menggosok, karena gerakan mengosok yang kasar dan cepat dapat merusak lapisan kulit ketiak.

3. Perawatan alami menggunakan daun sirih

Daun sirih merupakan daun herbal yang mempunyai kandungan anti bakteri. Sehingga daun sirih ini dapat digunakan untuk menghilangkan bakteri yang melekat di ketiak. Caranya yaitu dengan merebus daun sirih beberapa lembar sampai airnya mendidih. Setelah agak dingin, gunakan air daun sirih tersebut untuk mandi.

4. Scrub ketiak

Memberikan lulur atau scrub pada ketiak merupakan cara yang tepat agar kulit ketiak menjadi lembut dan lebih cerah. Setidaknya berikan lulur 2 minggu sekali agar kotoran dan daki tidak menumpuk pada ketiak. Kamu dapat menggunakan lulur di convenience store atau dapat juga kamu scrub menggunakan batu apung/ batu halus.

5. Gunakan masker ketiak

Tidak hanya wajah saja yang perlu diberi masker, tetapi ketiak juga. Untuk maskernya bisa menggunakan bahan-bahan alami misalnya kunyit. Caranya siapkan satu rimpang kunyit, kemudian cuci sampai bersih lalu kupas. Haluskan kunyit lalu oleskan pada bagian kulit ketiak. Biarkan hingga 20 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

6. Gunakan deodoran dengan tepat

Penggunaan deodoran secara rutin dapat membantu merawat permukaan kulit ketiak. Pilihlah produk deodoran yang terdapat kandungan vitamin dan anti perspirant untuk memberikan perawatan pada permukaan kulit. Kandungan anti perspirant dapat membantu mengurangi produksi keringat pada ketiak. Coba juga pilih deodoran yang mengandung asam linolenat (zat minyak biji bunga matahari) yang bisa mengurangi pigmentasi penyebab kulit ketiak gelap. Jadi jika ingin ketiakmu segar, kering dan wangi pastikan deodoran yang kamu gunakan memenuhi kriteria tersebut.

7. Pakailah pakaian yang longgar

Agar ketiakmu lebih sehat, jangan pakai pakaian yang ketat, terutama pada bagian lengan dan ketiak. Karena memakai pakaian yang ketat dapat merangsang keluarnya keringat lebih banyak. Jadi sebaiknya pakailah pakaian yang longgar saja.

8. Cukur bulu ketiak secara rutin

Mencukur merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar permukaan kulit ketiak tetap halus dan lembut. Waktu yang tepat untuk mencukur bulu ketiak yaitu pada saat setelah mandi. Tujuannya agar pori-pori kulit terbuka dan bulu ketiak lebih lunak. Jangan lupa gunakan krim pencukur agar tidak terjadi iritasi yang dapat berujung pada masalah kulit ketiak hitam. Pastikan juga menggunakan pisau cukur yang lembut dan bersih. Lakukan pencukuran secara perlahan dengan gerakan dari atas ke bawah, kanan ke kiri untuk mencegah iritasi dan agar bulu ketiak dapat tumbuh dengan baik. Jika sudah, bilas dengan air dingin supaya pori-pori pada kulit permukaan ketiak kembali tertutup.

9. Melakukan Waxing

Apabila kamu biasa mencukur bulu ketiak, sekarang saatnya kamu untuk beralih ke metode lain untuk menghilangkan bulu ketiak. Mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan bulu-bulu di bawah kulit terlihat sehingga dapat menimbulkan bayangan gelap. Namun kini kamu dapat melakukan waxing, dimana metode waxing ini akan membuat pertumbuhan bulu ketiak menjadi lebih lambat dan lebih tipis. Waxing dapat dilakukan di salon maupun dirumah dengan mengguankan bahan-bahan alami pengganti wax.

10. Melakukan Laser sebagai perawatan tersier

Untuk menghilangkan bulu ketiak dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi laser. Menggunakan teknologi laser dapat mengurangi pertumbuhan bulu ketiak dan juga dapat mencegah bulu tumbuh kembali dalam waktu yang cukup lama. Perawatan dengan teknologi laser ini bisa kamu dapatkan di salon-salon kecantikan. Namun, sebaiknya kamu cari dulu informasi tentang salon kecantikan yang terpercaya dan ahli dalam menjalankan perawatan laser.

Itulah beberapa cara merawat ketiak agar tetap wangi yang dapat kami bagikan. Semoga informasi yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar