--> Skip to main content

Cara Menabung Untuk Beli Rumah

Cara menabung untuk beli rumah, bagaimanakah caranya? Menabung untuk membeli rumah, tentunya itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Meski memiliki gaji yang kecil, kamu tetap dapat membeli rumah impian dalam waktu yang relatif lebih cepat. Asalkan dengan cara yang benar.

cara menabung untuk beli rumah

Cara Menabung Untuk Beli Rumah

Berikut ini adalah beberapa cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji kecil yang bisa kamu lakukan dengan melakukan beberapa hal:

1. Cek harga rumah yang menjadi incaran

Sebelum mengatur rencana keuangan, kamu harus tahu terlebih dahulu harga rumah yang kamu inginkan. Tidak perlu secara spesifik, yang terpenting cari tahu kisaran harga yang sesuai dengan spesifikasi yang kamu inginkan. Misal, kamu ingin mempunyai hunian di kompleks perumahan dengan ukuran tertentu, maka kamu harus cari tahu kisaran harga rumah yang sesuai dengan spesifikasi tersebut.

2. Membuat rencana keuangan secara rinci

Kerap kali gaji bulanan yang diterima hanya sekedar mampir ke dalam rekening dan akan habis dalam waktu yang relatif cepat. Tetapi, hal tersebut tidak akan terjadi lagi jika kamu mempunyai perencanaan keuangan yang baik. Karena itulah, pastikan kamu menuliskan rencana keuanganmu dalam jangka tertentu secara rinci. Tujuannya supaya tetap fokus dan bersungguh-sungguh untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. Selain itu, ini juga efektif supaya kamu tidak menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang memang tidak diperlukan.

3. Mempunyai 2 rekening yang berbeda

Supaya keinginan untuk membeli rumah bisa cepat terwujud, jangan ragu untuk mempunyai 2 rekening yang berbeda. Rekening pertama digunakan untuk keperluan menerima gaji dan keperluan sehari-hari. Sedangkan rekening yang ke-dua digunakan khusus untuk menabung. Dengan cara seperti itu, maka uang tabungan tidak akan terganggu dengan keinginan atau kebutuhan yang bermacam-macam. Yang terpenting adalah selalu sisihkan uang untuk ditabung setelah menerima gaji.

4. Menentukan target tabungan yang tepat

Jika kamu telah terbiasa menabung secara rutin, kini saatnya kamu menentukan target tabungan yang tepat supaya dapat membeli rumah dengan cepat. Mulai dari target harian, mingguan sampai dengan bulanan. Cara inilah yang dapat memudahkan kamu untuk mengontrol dan mengelola keuangan pribadi. Agar tidak merasa berat, kamu tidak perlu menetapkan target dengan jumlah yang besar. Sedikit-sedikit asal dilakukan dengan rutin dan disiplin tentunya akan bisa membuahkan hasil yang maksimal.

5. Mulai belajar berinvestasi

Beberapa instrument investasi yang dapat kamu lakukan dengan modal yang terjangkau adalah investasi emas, deposito dan reksa dana. Bentuk investasi tersebut, cocok dilakukan oleh pemula karena terjangkau dan minim risiko. Menabung dalam instrument investasi bisa kamu jadikan pertimbangan terutama apabila kamu berencana untuk mengumpulkan sejumlah uang untuk membeli sebuah rumah.

6. Hindari Hutang

Agar bisa lebih fokus dalam menabung, pastikan kalau kamu terbebas dari yang namanya urusan utang, termasuk hutang transaksi menggunakan kartu kredit. Tanpa adanya hutang, tentunya proses menabung akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Kamu tidak akan merasa khawatir dan tertekan karena harus melunasi hutang dalam kurun waktu tertentu. Tidak hanya itu saja, apabila catatan kredit yang kamu miliki bersih, maka jika melakukan pengajuan KPR akan menjadi lebih mudah untuk disetujui pihak bank.

7. Menerapkan pola hidup hemat

Poin penting supaya supaya kamu bisa cepat membeli rumah yaitu menerapkan pola hidup hemat. Meskipun terlihat mudah, nyatanya tidak semua orang dapat melakukan pola hidup hemat. Hidup hemat dapat dimulai dengan melakukan hal-hal yang sederhana, misalnya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah saat bekerja.

8. Bersikap dispilin dan memegang teguh komitmen yang telah dibuat

Bagi kamu yang ingin membeli rumah dengan cepat tentunya harus wajib menjaga kedisiplinan dan komitmen yang telah dibuat. Karena harga rumah yang terus mengalami kenaikan, maka dari sekarang mulailah menabung. Jangan pernah ragu untuk meminta dukungan dari keluarga, sehingga kamu akan menjadi lebih bersemangat dalam menabung.

Itulah penjelasan tentang cara menabung untuk beli rumah. Semoga tulis di atas dapat bermanfaat dan semoga rumah yang kamu impikan bisa segera kamu beli.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar