--> Skip to main content

Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - February 05, 2021

Manfaat senam irama apa saja ya? Sebelum membahas manfaatnya, terlebih dahulu saya jelaskan tentang apa itu senam irama. Senam irama adalah jenis olahraga yang dalam setiap gerakannya menggunakan irama atau latar lagu. Setiap gerakan dalam senam irama sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan senam yang indah dan tertata dengan rapi.

manfaat senam irama

Gerakan yang terdapat dalam senam irama terdiri dari pemanasan, inti dan pendinginan. Adapun beberapa unsur yang terdapat pada senam irama yaitu keluwesan, keseimbangan gerakan dan ketepatan pada iramanya. Selain itu senam irama juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat lain seperti, tongkat, ganda, simpai, topi, bola dan bisa juga dilakukan tanpa menggunakan alat.

Jenis senam irama mempunyai kelebihan tersendiri, karena selain bermanfaat untuk kebugaran tubuh atau berolahraga, melalui senam ini kita dapat mengekspresikan diri, yang baik-baik untuk mental dan fisik.

Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh

Adapun manfaat melakukan senam irama bagi kesehatan tubuh kita adalah sebagaiberikut ini:

1. Baik untuk membakar lemak yang berlebih

Seperti halnya dengan olahraga yang lain, senam irama juga dapat membakar lemak yang berlebih. Lemak dan kalori dalam tubuh yang terbakar akan semakin banyak seiring dengan durasi dan gerakan senam yang dilakukan. Gerakan dalam senam irama disusun sedemikian rupa supaya menyentuh hampir seluruh bagian tubuh. Sehingga lemak dalam tubuh akan dapat terbakar secara merata. Jadi tidak hanya pada bagian-bagian tertentu saja.

2. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Gerakan dalam senam irama sangat bervariasi. Beberapa dari gerakan senam irama memang di desain untuk tujuan memperbaiki keseimbangan tubuh. Latihan untuk keseimbangan sendiri dapat bermanfaat memperbaiki postur. Sehingga risiko terjadi pembengkokan pada tulang belakang dapat terhindarkan.

3. Menguatkan tulang dan otot

Tulang akan kehilangan kekuatannya seiring dengan semakin bertambahnya usia. Nah agar tulang tetap kuat dan tidak keropos (osteoporosis) maka peran olahraga sangatlah penting. Jika senam irama dilakukan secara rutin maka kesehatan tulang akan menjadi lebih terjaga. Begitu pula dengan kekuatan pada otot. Apabila diimbangi dengan pola makan yang sehat, maka untuk memiliki otot dan tulang yang kuat di usia senja tidak lagi menjadi hal yang tidak mungkin.

4. Menjaga kesehatan jantung

Gerakan yang ada dalam senam irama tidak hanya beragam, tetapi temponya juga bervariasi. Mulai dari tempo lambat hingga tempo cepat. Dibagian akhir dalam senam irama, biasanya juga ada sesi pendinginannya. Variasi tempo dalam gerakan senam irama itulah yang sangat baik untuk melatih otot jantung secara bertahap. Dalam melakukan gerakan senam irama jantung tidak langsung dipaksa bekerja terlalu keras. Selain itu perubahan tempo dalam senam irama juga tidak terlalu membebani kinerja jantung.

5. Membantu mengatasi stres

Ketika melakukan gerakan senam irama, tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin inilah yang dapat membantu dalam mengurangi stres. Apabila senam irama dilakukan secara rutin maka kamu dapat terhindar dari stres yang berkepanjangan. Dalam jangka waktu yang panjang, kesehatan mental pun akan bisa menjadi lebih terjaga.

6. Menjadikan tubuh supaya tidak mudah cedera

Setiap kali melakukan aktivitas fisik pasti mempunyai risiko cedera. Bahkan olahraga yang terkenal baik untuk kesehatan juga begitu. Jika gerakannya tidak benar, bukan lagi manfaat yang didapat tetapi bisa jadi cedera otot keseleo bahkan patah tulang. Tubuh yang fleksibel akan cenderung tidak mudah mengalami cedera otot. Inilah manfaat dari senam irama yang akan kamu peroleh jika rutin melakukannya. Gerakan dalam senam irama dirancang secara berurutan, mulai dari gerakan pemanasan, inti hingga pendinginan. Sehingga risiko mengalami cedera juga bisa diminimalisir.

Selain beberapa manfaat senam irama yang telah ditulis diatas, senam irama masih memiliki manfaat lain yang juga baik untuk kesehatan. Diantaranya yaitu untuk memaksimalkan fungsi otak, memperbaiki bentuk tubuh hingga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Semua manfaat tersebut dapat kamu peroleh hanya dengan melakukan senam irama secara rutin dan teratur.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar