--> Skip to main content

Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet Di Masa Covid-19

menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet di masa covid-19

Berlangsungnya pandemi covid-19 ini ternyata membawa dampak yang masif dalam berbagai aspek, termasuk dampak ekonomi. Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang goyah, akibat terjadi pandemi covid-19, sehingga dengan terpaksa memberhentikan karyawannya. Karena karyawan banyak yang diberhentikan maka angka pengangguran pun otomatis naik secara drastis.

Beberapa karyawan memang ada yang tidak diberhentikan, tetapi penghasilannya ada pula yang dipotong karena perusahaan tak sanggup memenuhi biaya operasioanl dan gaji karyawan selama pandemi. Tidak hanya itu saja, UMKM pun tidak mampu bergeming di saat pandemi ini, bahkan dengan terpaksa harus gulung tikar karena daya beli masyarakat yang menurun. Imbas dari semua itu maka banyak diantara kita yang kini hanya di rumah saja.

Nah, agar tetap bisa menghasilkan pendapataan selama pandemi seperti saat ini, maka kita harus bisa memutar akal kita. Akal tidak boleh berhenti berfikir, karena hidup ini belum berakhir. Jadi, kita harus bisa lebih kreatif dalam menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan apa yang ada menjadi sumber rezeki. Nah, yang bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan pendapatan, dengan hanya dirumah saja dan dengan modal yang minim kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi internet.

Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet Di Masa Covid-19

Sebelum terjadi pandemi, memang sudah banyak yang menggunakan internet untuk mendapatkan keuntungan. Potensi yang sama pun bisa kita terapkan selama pandemi ini, melihat semakin banyaknya pengguna internet saat ini. Dengan bermodalkan smartphone, laptop/ komputer dan koneksi internet kamu bisa berbisnis di rumah tanpa memerlukan modal yang besar.

Lalu bisnis internet yang gimana yang tanpa memerlukan modal yang besar? Nah di sini saya akan berbagi tentang bisnis menggunakan internet yang telah saya jalani. Bisnis ini adalah bisnis membuat konten. Dimana konten tersebut nantinya bisa kita daftarkan iklan google adsense, setelah disetujui pihak google adsense nanti konten kita bisa ada iklannya. Dari penayangan iklan tersebutlah kita memperolah pendapatan.

menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet di masa covid-19

Terdapat 3 jenis konten yang bisa kita gunakan untuk memperoleh pendapatan dari google adsense, yaitu:

1. Konten artikel yang kita publish pada blog atau website

Jadi kamu harus mempunyai blog atau website terlebih dahulu. Untuk membuat blog bisa dilakukan secara gratis melalui blogger. Tetapi apabila ingin lebih profesional blogger yang kamu miliki bisa kamu belikan domain. Domain merupakan alamat atau url website dimana domain tersebut bisa kita dapatkan di penyedia layanan domain. Sebagai contoh pada blogger yang gratisan, misalnya urlnya www.alamatblog.blogspot.com bisa dibelikan domain menjadi www.alamatblog.com.

Nah selain menggunakan platform blogger kamu bisa juga membuat website dengan platform wordpress. Namun di sini selain membeli domain, kamu harus membeli sebuah hosting wordpress, tentunya kamu harus memilih Hosting WordPress Terbaik. Hosting merupakan sebuah media yang digunakan untuk menyimpan file yang terdapat pada sebuah website. Nah untuk mendapatkan domain dan hosting, kamu bisa membelinya di salah satu penyedia Domain Murah dan Hosting Terbaik Indonesia yaitu di Exabytes Indonesia.

Setelah kamu memiliki blog atau website, kamu tinggal membuat konten yang unik dan menarik. Karena sebagus apapun tampilan website, jika tidak punya konten yang unik dan menarik akan sulit untuk mendapatkan trafik.

Selanjutnya setelah punya website dengan konten unik dan menarik kamu bisa mendaftarkan website kamu sebagai publisher adsense. Setelah situs kamu disetujui, maka kamu bisa menempatkan kode adsense pada website kamu, sehingga iklan adsense bisa tampil. Jika ada pengunjung yang membuka dan membaca konten yang ada di website kamu, maka secara otomatis iklan adsense akan tampil juga. Nah dari situlah kamu bisa memperoleh pendapatan dari penayangan iklan tersebut.

Berikut ini adalah salah satu contoh website saya yang telah diterima google adsense:

2. Konten video yang kita upload di akun YouTube

Sebelum mengupload video kamu harus mempunyai akun youtube. Untuk membuat akun youtube sangatlah mudah dan enaknya lagi buatnya gratis. Kamu cukup membuat email kemudian membuat akun youtube.

Setelah punya akun youtube, upload saja video-video yang kamu buat. Pastikan video kamu tidak melanggar copyright. Setelah channel youtubemu mencapai 1000 subscribe dan 4000 jam tayang, kamu bisa mendaftarkan ke Program Partner Youtube. Nah, agar bisa cepat mencapai 1000 subscribe dan 4000 jam tayang buatlah video yang unik dan menarik.

Jika channelmu telah di setujui pada Program Partner Youtube, maka video kamu akan bisa menampilkan iklan adsense. Sehingga jika ada orang yang memutar videomu maka otomatis iklan adsense akan bisa tayang dan kamu akan mendapatkan penghasilan adsense atas konten video yang telah kamu upload di channel youtubemu.

Berikut ini adalah salah satu channel youtube saya yang telah termonetisasi oleh pihak youtube:

3. Konten game atau aplikasi yang kita upload di Play Store

Selanjutnya jika kamu bisa membuat sebuah aplikasi atau game yang berbasis android kamu dapat berpartisipasi dalam program google admob. Kamu bisa membuat akun admob, kemudian mengupload file apk yang telah kamu pasang kode admob ke akun Godev (Google Play Console Deeloper). Untuk membuat akun Godev tidaklah gratis, tetapi membayar sebesar $25.

Setelah file game atau aplikasi yang kamu buat telah kamu upload dan kamu publish. Maka game atau aplikasi tersebut bisa tampil di play store dan bisa di download. Jika banyak orang yang mendownload game atau aplikasi tersebut, lalu menjalankannya maka akan ada iklan yang ditayangkan. Nah dari situlah kamu akan mendapatkan penghasilan adsense atas penayangan iklan admob tersebut.

Sebagai contohnya berikut ini adalah game dan aplikasi yang pernah saya buat dan saya publish di play store:

Pembayarann google adsense, akan dibayarkan jika pendapatan telah mencapai minimal $100, biasanya dibayarkan pada akhir bulan antara tanggal 21-26. Pembayaran bisa melalui cek, western union, namun kini telah support transfer bank.

menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet di masa covid-19

Itulah beberapa cara untuk menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet di masa covid-19 yang mungkin bisa kamu coba, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Terbaru
Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar