--> Skip to main content

Pentingnya Peningkatan Konten Lokal Dalam Dunia Digital di Indonesia

Dunia digital merupakan dunia dimana kita semua bisa saling berkomunikasi bertukar informasi dengan cepat bahkan real time meskipun berjauhan. Salah satu bentuk dari dunia digital adalah adanya internet sebagai media informasi. Internet memiliki kecepatan dalam melakukan sebuah interaksi, lebih efisien, lebih cepat, dan lebih murah untuk mendapatkan sebuah informasi terbaru dan terupdate. Secara garis besar, internet jauh lebih luwes dalam menjembatani waktu dan jarak dibandingkan media-media yang telah ada sebelumnya. Sebagai media komunikasi, internet mempunyai peranan yang sangat penting sebagai alat untuk menyampaikan pesan dari penyalur pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Sifat dari internet sebagai media komunikasi ialah transaksional, yang artinya terdapat interaksi antar individu secara terus-menerus (intensif) dan ada feedback (umpan balik) dari antar individu pada setiap interaksi tersebut.

Pentingnya peningkatan konten lokal dalam dunia digital di indonesia

Sekarang ini keberadaan internet telah menjangkau berbagai kalangan, mulai dari kalangan atas hingga kalangan bawah. Tak terkecuali anak-anak muda yang saat ini sangat sering bersinggungan dengan internet. Hal itulah yang membuat pengguna internet di Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan, apalagi ditunjang dengan teknologi komunikasi yang semakin canggih. Semakin meningkatnya pengguna internet membuat pencarian informasi terus mengalami peningkatan. Hanya dengan mengetikkan beberapa kata kunci saja, informasi atau konten yang kita cari akan bisa kita temukan dengan cepat.

Internet bisa memberikan dampak yang postif jika informasi-informasi atau konten yang ada di dalamnya bisa memberikan manfaat yang baik bagi kita. Tetapi dilain sisi internet juga dapat menimbulkan dampak negatif karena informasi atau konten yang ada didalamnya tidak memberikan manfaat, justru mengarahkan ke hal-hal yang tidak baik. Terlepas dari dampak yang ditimbulkan, internet merupakan sebuah teknologi komunikasi yang memudahkan penggunanya dalam memperoleh informasi atau konten.

Terkait dengan banyaknya pencari informasi yang mencari sebuah konten di Indonesia, maka peningkatan konten lokal dalam dunia digital sangatlah diperlukan. Peningkatan konten lokal di sini bukan berarti peningkatan dari segi kuantitas saja, tetapi juga dari segi kualitas konten itu sendiri. Di mana konten yang disajikan itu haruslah konten-konten yang positif yang dapat mencerdaskan bangsa Indonesia.

Salah satu cara untuk membuat konten di internet bisa dengan membuat sebuah website. Dimana website yang kita buat ini bisa kita isi dengan konten-konten yang dicari oleh pengguna internet di Indonesia. Tentunya dengan konten yang positif, Misalnya:

  • Konten edukatif bisa kita isi dengan: tutorial, hasil reiset, tips dan trik.
  • Konten informatif bisa kita isi dengan: review, event, dan berita terbaru.
  • Konten inspiratif bisa kita isi dengan: pengalaman pribadi, kata mutiara, gambar atau foto.
  • Konten menghibur bisa kita isi dengan: tebak-tebakan, humor, gambar-gambar lucu.

Lalu apa saja yang diperlukan dalam membuat sebuah website? Untuk membuat sebuah website kita memerlukan yang namnaya hosting dan domain. Hosting adalah sebuah media yang digunakan untuk menyimpan file yang ada pada sebuah website. Sedangkan domain adalah alamat atau url website contohnya www.johancendono.com. Hosting dan domain bisa kita beli di penyedia layanan hosting dan domain.

Sebelum membuat sebuah website, terlebih dahulu kita menentukan nama domain atau alamat website yang akan kita buat. Dimana nantinya nama domain ini akan menjadi brand yang akan dikenal oleh pengunjung website kita. Untuk melihat ketersediaan nama domain yang kita inginkan, kita bisa mengeceknya secara gratis di penyedia domain tanpa harus melakukan order terlebih dahulu.

membuat website

Setelah memiliki hosting dan domain, selanjutnya kita bisa membuat website. Salah satu cara membuat website bisa menggunakan platform Wordpress. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Login ke Cpanel Hosting
  • Install WordPress
  • Mengelola Dashboard WordPress
  • Install Tema WordPress
  • Install Plugin
  • Setting keamanan WordPress
  • Membuat Halaman WordPress
  • Posting Artikel atau konten
  • Optimasi WordPress.
lawan konten negatif dengan konten positif

Setelah berhasil membuat website, kita tinggal rajin posting konten-konten yang bermanfaat. Dengan begitu maka secara tidak langsung kita membantu peningkatan konten lokal yang positif. Dengan banyaknya konten lokal yang postif, maka dapat meminimalisir pengguna internet di Indonesia agar tidak akan terjerumus ke konten-konten yang negatif. Jadi kita lawan konten negatif dengan perbanyak konten positif.

Demikian ulasan singkat tentang pentingnya peningkatan konten lokal dalam dunia digital di indonesia, semoga informasi yang telah saya tulis diatas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar