--> Skip to main content

Sukses Berbisnis Online dengan Jualan Online

Sukses Berbisnis Online

Belakangan ini bisnis online menjadi salah satu bisnis yang sedang tren diantara banyaknya macam bisnis. Keberadaan bisnis online menjadi semakin menjamur ketika banyak fasilitas baru di internet yang dapat mempermudah bisnis online diantaranya yaitu jejaring sosial, blog dan layanan pembuatan website. Selain itu juga ditunjang dengan semakin banyaknya pengguna internet di seluruh dunia. Itu artinya bisnis online benar-benar telah menemukan habitat yang cocok dan membangun serta ada banyak kesempatan untuk sukses jika kita menjalankannya.

Namun, anda perlu tahu meskipun ada banyak kesempatan, tetapi tidak semua orang punya kisah sukses jualan online. Tidak sedikit online shop yang tutup di tengah jalan. Cerita-cerita semacam itulah yang mungkin membuat anda ragu untuk menjalankannya. Tetapi percayalah, sukses adalah hak semua orang. Jadi tetaplah berusaha untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online. Nah berikut ini akan saya bagikan beberapa tips sukses berjualan online.

Tips Sukses Berbisnis Online dengan Jualan Online

1. Kenali Nilai Jual Produk

Apa yang menjadi kelebihan dari produk bisnis Anda? Bisa jadi jawaban yang terlintas di kepala adalah harga terjangkau, kualitas bagus atau pertama di kelasnya. Pertanyaan seperti itu cenderung mudah untuk dijawab.

Bagaimana jika pertanyaannya saya ubah menjadi: Apa kelebihan produk yang tidak dimiliki oleh pesaing anda. Saya yakin lebih banyak dari anda yang tiba-tiba menjadi terdiam dan berpikir. Tidak apa-apa dan tidak masalah. Memang seharusnya pertanyaan seperti itu membuat anda menjadi termenung. Karena dari situlah anda akan mencari jawaban “nilai jual yang unik”. Dimana nilai jual yang unik itulah yang menjadi kunci pembeda antara bisnis anda dengan pesaing anda. Selain itu juga menjadi pengingat bagi para pelanggan anda tentang bisnis anda.

Sukses Berbisnis Online

Untuk itu anda perlu memposisikan diri anda sebagai calon pelanggan. Coba anda pikirkan, apa yang memang benar-benar dibutuhkan oleh calon pelanggan. Apakah itu tentang produk ataukah pelayanan?

Agar lebih mudah untuk membayangkan seperti apa nilai jual yang unik itu. Berikut ini adalah beberapa contoh produk dan layanan bisnis kelas dunia yang mempunyai nilai jual yang unik:

  • Starbucks: Berbagai macam pilihan minuman kopi dengan kualitas premium.
  • Domino’s Pizza: Pizza gratis jika tidak sampai dalam 30 meint.
  • FedEx: Jaminan paket sampai dalam waktu semalam.
  • Zappos: Kebijakan penukaran barang yang sangat ramah untuk pelanggan.

Pada saat anda telah menemukan beberapa calon “nilai jual produk yang unik”, coba anda korek lagi. Sesuaikan “nilai jual produk yang unik” anda dengan selera calon pelanggan, kebiasaan pelanggan, keputusan untuk beli dan juga trend. Inilah yang kemudian akan membuat nilai jual produk yang unik milik anda benar-benar diingat dan tepat menyasar kepada pelanggan.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

2. Membuat Website Toko Online

Ketika sebuah bisnis disarankan untuk memiliki sebuah website, sering kali muncul pertanyaan “Mengapa perlu membuat website? Kan sudah ada marketplace yang juga bisa digunakan untuk jualan produk?”

Sukses Berbisnis Online

Marketplace memang mudah digunakan dan sudah mempunyai banyak user. Akan tetapi brand anda tidak dikenal dengan baik, karena pelanggan akan lebih mengenal nama marketplace yang digunakannya.

Sementara Website toko online sangat strategis untuk membangun brand. Anda dapat mendesain website sesuai dengan branding yang anda inginkan. Dengan begitu kelebihan produk bisa anda tonjolkan dengan baik.

Tidak hanya itu, melalui website toko online sendiri anda mempunyai kendali atas data. Yang pertama, data penjualan. Anda bisa dengan mudah tahu tren penjualan dari waktu ke waktu, model produk yang disukai oleh pelanggan dan demografi pembeli.

Yang kedua, data yang berisi kontak online calon pelanggan. Melalui data tersebut, anda dapat melakukan retargeting. Dengan kata lain, anda dapat mengirimkan notifikasi promo atau produk baru ke pelanggan melalui email. Jadi, anda tinggal membuat landing page yang berisi form untuk kumpulan data yang diinginkan.

Segala bentuk upaya marketing dapat dilakukan secara terpusat. Poin ini juga perlu untuk diingat sebagai kelebihan lain memiliki website toko online. Dalam satu halaman dasboard, anda mempunyai kontrol untuk memberikan layanan kepada konsumen, membuat promo, memanajemen inventori produk dan mengatur reseller.

Bagaimana? Sekarang anda sudah yakin kan dengan kelebihan membangun website toko online?

Baca juga:

Jika sudah, anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat website toko online sendiri:

  1. Untuk membangun sebuah website tentunya anda memerlukan Hosting bisnis terbaik. Jadi, anda harus membeli hosting beserta dengan domain untuk membangun sebuah website
  2. Menginstall CMS WordPress.
  3. Menginstall plugin WooCommerce.
  4. Mengganti template WordPress yang user-friendly.
  5. Lakukan pengaturan website.
  6. Lakukan setting toko online (mengatur WooCommerce, menambahkan produk, menambahkan gambar produk dan mengatur halaman utama).
  7. Mengembangkan toko online.
Kembali ke Poin Pembahasan ↑

3. Membuat Deskripsi Produk yang Unik dan Menarik

Sukses Berbisnis Online

Deskripsi produk juga dapat mempengaruhi laris tidaknya produk yang anda jual. Dengan kalimat promosi yang persuasif pada deskripsi produk anda, maka dapat menjangkau sisi emosional pelanggan. Dari situ, tuntunlah pelanggan potensial anda menuju ke halaman check out untuk menyelesaikan transaksi. Anda bisa membuat deskripsi produk dengan menceritakan bahwa produk anda bisa membantu pelanggan. Tetapi perlu diketahui, terlalu fokus pada fitur dan kehebatan produk tidak akan menyentuh sisi emosional pelanggan potensial. Sebagai gantinya, fokuslah pada target konsumen. Ceritakan siapa diri mereka, masalah apa yang sedang mereka hadapi dan bagaimana produk anda dapat memberikan solusinya.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

4. Gunakan Strategi Content Marketing

Content marketing merupakan sebuah teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten. Yang dibuat adalah adalah konten yang relevan, bermanfaat, penting dan bisa menarik audiens dalam jangka panjang.

Sukses Berbisnis Online

Anda bisa mencoba membuat konten marketing berupa foto atau video, kemudian menyebarkannya melalui media sosial. Selain itu anda juga perlu mempertimbangkan untuk membuat konten blog dalam website toko online. Karena melalui blog anda bisa menunjukkan sisi friendly bisnis, meningkatkan reputasi bisnis, membangun hubungan dekat dengan calon pelanggan dan mengumpulkan data calon pelanggan.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

5. Aktif di Sosial Media

Sukses Berbisnis Online

Meskipun anda sudah mempunyai website dan blog, jangan pernah melupakan sosial media. Karena sosial media merupakan channel yang penting untuk melakukan promosi atau layanan bisnis. Berawal dari sosial media itu lah, pintu perkenalan pertama dibuka kepada calon pelanggan.

Baru setelah calon pelanggan mengetahui dan mengenal bisnis anda secara lebih dekat, meraka akan tertarik untuk mem-follow akun, berkomentar, membagikan konten dan mengunjungi URL yang anda berikan.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

6. Pelajari dan Pahami Data

Anda harus pintar-pintar dalam mempelajari data yang berkaitan dengan bisnis anda. Terutama mengenai data penjualan dan data yang berhubungan dengan upaya promosi.

Sukses Berbisnis Online

Yang pertama, mengenai data penjualan. Data ini biasanya otomatis bisa didapatkan melalui fitur report pada CMS yang digunakan. Melalui data inilah, anda bisa tahu produk apa yang paling laris, produk apa yang disukai oleh pelanggan, kapan penjualan meroket dan kapan penjualan sedang mengalami lesu. Dengan begitu maka anda bisa melakukan riset produk dan selera pasar. Kemudian menerbitkan produk-produk baru untuk dirilis dipasaran dengan strategi marketing yang tepat.

Yang kedua, data yang berhubungan dengan upaya promosi. Untuk yang ini, pastikan anda telah menginstall Google Analytics pada website. Karena melalui Google Analytics anda bisa memantau performa website secara keseluruhan. Misalnya, siapa calon pelanggan anda? Dari mana saja mereka berasal? Halaman mana saja yang banyak dilihat oleh pelanggan. Selain itu juga dapat mengetahui kata kunci yang populer, mengetahui faktor penyebab user meninggalkan web dan mengetahui waktu yang tepat untuk mengirimkan email.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

7. Coba Strategi Email Marketing

Email marketing merupakan cara untuk melakukan pemasaran produk dengan cara mengirimkan penawaran kepada calon konsumen melalui media email.

Sukses Berbisnis Online

Promosi melalui email merupakan salah satu bentuk digital marketing yang sudah cukup lama digunakan, namun masih relevan digunakan saat ini. Hal itu terkait dengan beberapa kelebihan email marketing yang dapat membantu perkembangan bisnis. Apa saja kelebihannya?

  • Biaya kecil namun dapat memberikan hasil yang maksimal.
  • Masih disukai oleh calon konsumen karena terkesan profesional.
  • Mudah untuk menjangkau konsumen dengan berbagai perangkat yang berbeda.
  • Memungkinkan komunikasi yang lebih personal.
  • Efektif digunakan.
Kembali ke Poin Pembahasan ↑

8. Membuat Promo dan Diskon

Sukses Berbisnis Online

Semua orang suka dengan yang namanya promo dan diskon. Untuk itu anda perlu mengambil perhatian calon pelanggan dengan memasukkan promo dan diskon dalam strategi marketing anda. Apalagi kalau usaha anda masih berumur jagung, promo dan diskon sangatlah penting. Banyak orang yang mengunjungi retail atau usaha baru karena ada promo dan diskon menarik yang ditawarkan.

Hanya saja, anda perlu berhati-hati dalam membuat promo dan diskon. Jangan sampai pelanggan hanya membeli ketika ada promo dan diskon saja. Sebab kalau seperti itu anda bukannya untung tapi malah buntung. Biaya untuk promo di awal terlalu besar atau diskon yang besar-besaran, akan tetapi anda tidak punya cukup keuntungan untuk dapat menutupi biaya promo dan diskon yang anda buat tadi. Maka dari itulah pastikan kualitas produk yang anda tawarkan memang bagus. Setidaknya mempunyai kelebihan dan daya tawar dibandingkan dengan produk-produk yang serupa.

Kembali ke Poin Pembahasan ↑

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan kepada anda. Bagaimana sekarang anda sudah lebih siap kan untuk mewujudkan bisnis jualan online. Semoga semua tips sukses berbisnis online dengan jualan online di atas dapat membantu kelancaran bisnis online anda.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar