Skip to main content

Seberapa Pentingkah Peran Website dalam Bisnis Online? Mari Kita Kenali Fungsinya

Bisnis online merupakan segala bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dengan bantuan internet. Bisnis online dapat dijalankan oleh siapa saja. Jadi, tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang dapat menjalankannya, tetapi UKM, bisnis rumahan bahkan bisnis perorangan, semua bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan produk dan jasa yang mereka jual.

Seberapa Pentingkah Peran Website dalam Bisnis Online? Mari Kita Kenali Fungsinya

Untuk menjalankan bisnis online ada banyak media yang dapat digunakan, salah satunya yaitu melalui website. Website mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan bisnis online.

Apa sajakah peran website dalam bisnis online? Nah artikel ini akan mengulas tentang betapa pentingnya memiliki website bagi para pemilik bisnis online.

Peranan atau Fungsi Website dalam Bisnis Online

Sebagai sarana penjualan produk

Dengan banyaknya pengguna internet seperti saat ini, website berfungsi sebagai sarana untuk memperkenalkan produk secara luas kepada para pengguna internet. Dengan begitu, maka peluang untuk mendapatkan pembeli akan semakin besar.

Untuk mempermudah komunikasi

Melalui website, kita akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan klient atau calon konsumen. Saat ini beberapa website modern terdapat berbagai fitur komunikasi yang dapat memungkinkan komunikasi secara dua arah. Misalnya adanya kolom komentar pada website, form contact, bahkan fitur chat pada website.

Untuk meningkatkan Trust tentang sebuah perusahaan

Mungkin kamu pernah ingin membeli sebuah produk melalui media, kemudian kamu mencari website officialnya di search engine untuk melihat detail lengkap produk yang dijualnya. Namun ketika kamu mencarinya ternyata kamu tidak menemukan websitenya. Pada akhirnya kamu menjadi ragu untuk membeli produk yang dijualnya tersebut dengan alasan tidak adanya website.

Sebagai Branding

Membangun sebuah branding adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebuah perusahaan. Untuk membangun branding, salah satunya dapat dilakukan melalui website, terlebih saat ini kita dapat mendesain website perusahaan secara khusus dengan ciri khas tersendiri.

Sebagai sarana publikasi resmi perusahaan

Perusahaan bisa menjadikan website sebagai media publikasi resmi. Sebagai contoh, apabila sebuah perusahaan mengadakan undian berhadiah, maka informasi tersebut dapat dipublikasikan melalui websitenya. Dengan melakukan publikasi di website maka akan lebih menghemat biaya dibanding melalui media cetak, TV, radio ataupun media yang lainnya.

Memberikan kemudahan dalam memberikan informasi

Dengan memiliki sebuah website, maka perusahaan akan lebih mudah dalam mengupdate informasi terbaru. Misalnya tentang informasi produk terbaru dan jadwal acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang ditawarkan. Sehingga dengan adanya sebuah website, maka konsumen atau calon pembeli tetap dapat mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan tersebut meskipun jaraknya berjauhan.

Untuk meningkatkan kredibilitas usaha kecil

Dengan memiliki website, maka sebuah usaha kecil akan mendapatkan kredibilitas. Sehingga tanpa memiliki website, maka pelanggan potensial akan pergi ke pesaing yang memiliki website.

Sebagai sarana katalog produk dan jasa (Portofolio)

Apapun jenis usaha yang sedang kita jalani, sebuah website merupakan tempat yang sangat bagus untuk memperlihatkan produk yang kita jual. Dengan memasukkan galeri foto produk atau portofolio, dan testimonial tentang pekerjaan kita, maka customer akan lebih mengenal usaha yang kita jalankan.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan

Misalnya, kamu menjual sebuah produk yang ramah lingkungan dan ingin berbagi tips tentang bagaimana cara untuk melakukan daur ulang, maka kamu bisa menyampaikannya melalui website yang kamu miliki.

Mampu menjangkau target pasar secara luas

Dengan bermodalkan website, maka produk atau jasa yang kita jual bisa dilihat oleh banyak orang karena website dapat diakses dan dilihat secara global melalui internet.

Mudah diakses

Sebuah website dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan potensial kapanpun mereka mau. Jadi mereka bisa tetap nyaman melihat produk atau jasa yang kita jual meskipun toko atau kantor offline kita sedang tutup di malam hari atau sedang libur.

Lebih menghemat biaya

Jika dibandingkan dengan biaya untuk iklan di surat kabar, radio bahkan televisi, maka biaya untuk membuat sebuah website bisa dibilang lebih hemat. Untuk membuat website kita cukup dengan beli domain dan hosting. Hosting bisa di beli dari penyedia hosting indonesia atau dari penyedia hosting luar negeri, tergantung kebutuhan website kita. Untuk biayanya bervariasi, namun tentunya biayanya lebih murah daripada beriklan di surat kabar, radio dan televisi.

Lebih hemat waktu

Tahukah kamu, bahwa dalam memberikan informasi kepada pelanggan baik itu melalui telepon, bertatap muka ataupun melalui brosur itu membutuhkan banyak waktu. Dengan adanya katalog online pada website, maka kita bisa dengan mudah memberikan berbagai informasi tentang produk dan jasa yang kita jual. Tentunya katalog online tersebut dapat diakses pelanggan kita kapan saja mereka ingginkan, jadi kita bisa lebih hemat waktu karena pekerjaan kita dalam memberikan informasi sudah disampaikan oleh website.

Itulah beberapa peran website dalam bisnis online, mungkin masih banyak peran lainnya yang belum saya sampaikan dalam blog ini. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar