--> Skip to main content

Percepatan Digital Bisnis UMKM Jakarta di era Modern

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 07, 2024

Menjalankan bisnis di kota Jakarta era modern berbeda dengan bisnis di masa lalu. Bisnis saat ini sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, bagi mereka yang menguasai sentuhan teknologi dalam pemasaran, merekalah yang dapat memasarkan produk terutama di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mengenai strategi pemasaran di era digital.

Percepatan Digital Bisnis UMKM Jakarta di era Modern

Berdasarkan data dan pembahasan yang telah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa pemasaran online dapat berhasil dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk media digital, pemetaan pemasaran, memilih media digital yang sesuai, dan mengimplementasikan semua kegiatan pemasaran berbasis internet.

Konsumen mengadopsi peran yang semakin aktif dalam menciptakan pemasaran bersama dengan perusahaan dan merek masing-masing. Pada gilirannya, perusahaan dan organisasi mencari program dan kampanye pemasaran sosial online dalam upaya untuk menjangkau konsumen di mana mereka 'hidup' secara online.

Namun, tantangan yang dihadapi banyak perusahaan adalah meskipun mereka menyadari perlunya aktif di media sosial, mereka tidak benar-benar memahami bagaimana melakukannya secara efektif, indikator kinerja apa yang harus mereka ukur, dan bagaimana cara mengukurnya. Selain itu, ketika perusahaan mengembangkan strategi media sosial, platform seperti YouTube, Facebook, dan Twitter terlalu sering diperlakukan sebagai elemen yang berdiri sendiri dan bukan sebagai bagian dari sistem yang terintegrasi.

Artikel ini menawarkan cara yang sistematis untuk memahami dan mengkonseptualisasikan media sosial online, sebagai sebuah ekosistem yang terdiri dari berbagai elemen terkait yang melibatkan media digital dan media tradisional. Kami menyoroti studi kasus praktik terbaik dari upaya-upaya organisasi yang berhasil dalam memanfaatkan media sosial untuk menjangkau audiens konsumen muda yang penting.

Kemudian, kami menyimpulkan dengan beberapa wawasan dan pelajaran yang berkaitan dengan integrasi strategis media sosial ke dalam strategi komunikasi pemasaran perusahaan. Internet telah membawa perubahan yang mengganggu pada lanskap bisnis melalui penciptaan sejumlah taktik pemasaran digital.

Namun, dengan adanya pilihan taktis baru ini, manajer pemasaran perlu (1) memprioritaskan apa yang ingin mereka capai dan (2) menentukan taktik pemasaran digital mana yang akan diinvestasikan. Dalam artikel ini, kami mempertimbangkan masalah ini dari perspektif empat strategi bisnis: penjelajah, penganalisis, pembela berbiaya rendah, dan pembela yang berbeda.

Dalam artikel ini, kami memberikan wawasan kepada para manajer pemasaran tentang bagaimana bisnis yang menerapkan berbagai strategi mendekati masalah pemasaran digital ini, dengan tujuan akhir untuk membantu para manajer dalam penerapan strategi perusahaan mereka secara efisien dan efektif.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar