--> Skip to main content

Mengenal Sejarah RSUD Kebayoran Lama dan Berbagai Kegiatannya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - July 10, 2024

RSUD Kebayoran Lama adalah salah satu rumah sakit pemerintah tipe D yang telah beroperasi sejak 15 Agustus 2018. Rumah sakit yang terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ini telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 846 Tahun 2018.

Mengenal Sejarah RSUD Kebayoran Lama dan Berbagai Kegiatannya

RSUD Kebayoran Lama selalu mengedepankan kepentingan pasien, sehingga tidaklah mengherankan jika rumah sakit ini tetap mempertahankan reputasi baiknya di mata masyarakat. Tidak hanya itu, RSUD Kebayoran juga terus melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada setiap lapisan masyarakat.

Tentang Sejarah RSUD Kebayoran Lama

Sebagai fasilitas kesehatan di Kebayoran Lama, RSUD Kebayoran Lama didirikan untuk memberikan akses layanan kesehatan yang mudah bagi penduduk setempat. Meskipun asal usulnya mungkin bervariasi, rumah sakit umum sering kali dimulai dari usaha menyediakan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitarnya.

Rumah sakit ini dibangun dan didanai oleh pemerintah daerah guna memenuhi kebutuhan medis masyarakat di sekitarnya. Sebagai akibatnya, rumah sakit tersebut memiliki peran yang sangat vital dalam memberikan layanan kesehatan, seperti perawatan medis, rawat jalan, dan pembedahan spesialis.

Kegiatan RSUD Kebayoran Lama

Sebagai lembaga pelayanan kesehatan umum, RSUD Kebayoran Lama secara aktif melaksanakan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan misinya. Adapun beberapa kegiatan umum yang sering dilakukan RSUD Kebayoran Lama dantaranya yaitu:

Pelayanan Medis

RSUD Kebayoran Lama menyediakan layanan medis berupa rawat inap, rawat jalan, penanganan kasus darurat, konsultasi dengan dokter spesialis, pemeriksaan diagnostik, hingga operasi.

Promosi dan Edukasi Kesehatan

Selain menyediakan layanan medis yang lengkap, rumah sakit ini juga mengadakan promosi dan edukasi kesehatan. Tujuan dari program tersebut adalah untuk meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat guna mencegah berbagai penyakit.

Pelatihan dan Pendidikan

Dalam upaya meningkatkan standar pelayanan kesehatan, RSUD Kebayoran Lama menyelenggarakan program edukasi dan pelatihan. Harapannya, program ini dapat memberikan manfaat signifikan bagi para tenaga medis seperti dokter, perawat, dan tenaga kesehatan yang lainnya dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian mereka.

Penelitian dan Pengembangan

RSUD Kebayoran Lama ikut berpartisipasi dalam proyek riset medis untuk meningkatkan praktik dan perawatan kesehatan.

Layanan Dukungan Pasien

Memberikan layanan dukungan kepada pasien dan keluarganya, termasuk layanan konseling, layanan sosial, serta advokasi pasien.

Program Kesehatan Masyarakat

Program andalan yang dimiliki oleh rumah sakit tersebut salah satunya adalah program kesehatan masyarakat. Rumah sakit ini ikut serta dalam kampanye kesehatan, kegiatan vaksinasi, upaya pencegahan dan penanganan penyakit, serta memberi perhatian secara khusus pada kesehatan ibu dan anak-anak. Kegiatan ini mencerminkan wujud keseriusan rumah sakit dalam memperhatikan kesehatan masyarakat.

Layanan Administratif dan Pendukung

Melaksanakan pengelolaan operasional rumah sakit, seperti administrasi, pemeliharaan, dan logistik guna memastikan kelancaran fungsi.

Sampai saat ini, hanya informasi tersebut yang bisa kami berikan mengenai sejarah RSUD Kebayoran Lama dan berbagai kegiatannya . Untuk info lebih detailnya, silakan kunjungi website rsudkebayoranlama.id.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar