--> Skip to main content

Mengenal Atap SolarTuff, Jenis dan Kelebihannya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 06, 2024

Salah satu opsi atap transparan yang bisa dipilih adalah Solartuff. Atap ini sering digunakan sebagai atap jemuran, skylight di langit-langit rumah, dan partisi ruangan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai atap ini, silakan baca penjelasannya berikut ini.

SolarTuff

Mengenal Atap SolarTuff

SolarTuff adalah material atap berbahan lembaran plastik polycarbonate bening yang memiliki desain elegan, ringan, tidak mudah rusak dan tahan terhadap perubahan cuaca maupun cuaca buruk. Terbagi menjadi 3 jenis, yaitu SolarTuff, SolarTuff Solid, dan Twinlite Gen 2.0, material ini memiliki kekuatan 250 kali lebih kuat dibanding dengan kaca dan 20 kali lebih kuat dibandingkan dengan akrilik. Sehingga, kekuatan dari ketiga jenis material ini sangatlah terjamin.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan atap SolarTuff tesebut untuk kebutuhan bangunan Anda, maka Anda juga dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan desain interior pada ruangan Anda. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk memilih, penting untuk memahami perbedaan jenis dan kelebihan yang ditawarkan.

Jenis Atap SolarTuff

SolarTuff memiliki 3 jenis yaitu SolarTuff, SolarTuff Solid, dan Twinlite Gen 2.0, untuk mengetahui perbedaan dari 3 jenis SolarTuff tersebut, berikut penjelasannya:

  1. SolarTuff tersedia dalam bentuk bergelombang dengan 3 jenis gelombang yang berbeda, yakni Greca, Roma, dan Trimdeck.
  2. SolarTuff Solid atau yang lebih dikenal dengan sebutan Solarflat mempunyai permukaan yang sangat datar. Ketebalan jenis ini bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
  3. Twinlite Gen 2.0 memiliki ketebalan terbesar di antara yang lainnya karena memiliki double layer atau multiwall dengan rongga. Meskipun tebal, bobotnya tetap ringan, yakni 1100 g/m2 untuk ketebalan 5 milimeter.

Kelebihan Menggunakan Atap SolarTuff

Dari perbedaan jenis SolarTuff yang telah dijelaskan di atas, ketiganya memiliki kelebihan yang sama, diantaranya yaitu:

1. Ruangan tetap dingin

Atap transparan ini memiliki keunggulan dalam meredam panas. Material polycarbonate yang digunakan membuat atap ini tahan terhadap sinar ultraviolet dan memberikan kesejukan bagi orang yang ada di bwahnya.

2. Tidak mudah terbakar

Selain memperhatikan potensi kebakaran, penting untuk memilih material atap yang tidak mudah terbakar. Dalam hal ini pilihan atap SolarTuff bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang sedang mencari material atap yang tidak mudah terbakar.

3. Lebih kuat dibandingkan kaca

Banyak orang yang belum tahu bahwa atap transparan SolarTuff itu lebih kuat daripada atap kaca. Jika Anda berencana membangun garasi atau kolam renang dengan menggunakan atap transparan, Anda bisa langsung memilih atap SolarTuff yang lebih kuat dibanding atap kaca. Tidak hanya itu saja, atap transparan ini juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

4. Mudah dalam pemasangannya

Atap transparan ini pemasangannya cenderung lebih mudah sehingga lebih menghmeat waktu dan biaya. Tentunya ini dapat menguntungkan anda karena selain biaya, juga waktu tidak akan terbuang untuk keperluan pemasangan atap.

5. Mudah untuk dibersihkan

Jangan khawatir apabila atap transparan Anda terkena kotoran, seperti debu, atau bekas air hujan. Atap tersebut mudah dibersihkan dengan menggunakan sabun dan kain lap yang bersih. Kotoran seperti kena debu maupun bekas air hujan bisa dibersihkan dengan mudah.

Itulah penjelasan untuk Mengenal atap SolarTuff, degan memahami jenis dan kelebihannya. Semoga penjelasan yang sudah saya tulis di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar