--> Skip to main content

Cara Meningkatkan Retensi Pelanggan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - June 01, 2024

Retensi pelanggan adalah indikator dari kemampuan sebuah perusahaan dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Retensi pelanggan menjadi tolok ukur yang penting dalam mengevaluasi kinerja suatu perusahaan. Tingkat retensi pelanggan yang tinggi pada perusahaan dapat menandakan bahwa perusahaan mampu memberikan nilai yang optimal dan bisa memuaskan para pelanggannya. Selain itu, meningkatkan retensi pelanggan juga dapat memberikan dampak baik pada profit perusahaan.

Cara Meningkatkan Retensi Pelanggan

Namun, meningkatkan retensi pelanggan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan usaha yang terstruktur dan berkelanjutan dari perusahaan untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan. Lalu, bagaimana cara meningkatkan retensi pelanggan? Mari simak penjelasannya dalam artikel ini.

Cara Meningkatkan Retensi Pelanggan

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan retensi pelanggan adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kualitas Produk atau Jasa
  • Dengan meningkatkan mutu kualitas produk atau jasa, maka pelanggan akan bisa merasa puas dengan produk atau jasa yang diterimanya. Dengan begitu palenggan akan lebih mungkin untuk kembali membeli lagi produk atau jasa tersebut.

    Adapun cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yaitu:meningkatkan kualitas bahan baku, menambahkan fitur produk, mengembangkan teknologi baru, memberikan jaminan kualitas atau garansi.

  • Menyediakan Layanan Yang Baik Untuk Pelanggan
  • Dengan memberikan layanan yang baik untuk pelanggan, maka pelanggan akan merasa lebih dihargai dan diperhatikan. Dampaknya adalah peningkatan kepuasan pelanggan dan retensi pelanggan yang lebih tinggi.

    Cara yang bisa dilakukan untuk menyediakan layanan yang baik untuk pelanggan yaitu: menyediakan layanan yang responsif dan cepat, layanan yang profesional serta bisa memberikan informasi yang jelas dan akurat.

  • Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan
  • Menjalin hubungan baik dengan pelanggan adalah kunci untuk membuat mereka merasa lebih dihargai dan mereka akan merasa seperti bagian dari perusahaan. Dengan demikian, tingkat retensi pelanggan dapat ditingkatkan dan loyalitas mereka terhadap perusahaan akan semakin kuat.

    Cara yang bisa diterapkan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan yaitu: mengirimkan email kepada pelanggan untuk meminta feedback, menyelenggarakan event-event tertentu, memberikan program reward atau loyalty, hingga melakukan survey pelanggan.

  • Memberikan Program Loyality atau Reward
  • Reward atau program loyalty memiliki manfaat yang besar bagi perusahaan dalam mempertahankan pelanggan. Dengan adanya program ini, pelanggan akan lebih merasa dihargai dan cenderung untuk tetap setia dengan perusahaan. Selain itu, program ini juga dapat meningkatkan tingkat pembelian pelanggan karena mereka lebih condong untuk membeli produk atau jasa dari perusahaan yang bisa memberikan program loyalty atau reward.

    Beberapa cara membuat program loyality yang bisa dilakukan yaitu: memberikan poin atau kredit kepada pelanggan setiap membeli produk atau jasa, menawarkan keanggotaan yang bisa mendapatkan diskon khusus, program referral, atau mungkin diskon khusus sepeti membeli 2 gratis 1.

  • Melakukan Survey
  • Melakukan survei pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan guna memahami harapan pelanggan dan mengatasi potensi masalah yang mungkin saja dihadapi oleh mereka.

    Adapun cara untuk melakukan survey yaitu menyediakan form survey secara online, wawancara pelanggan secara langsung atau melalui telepon untuk mengetahui pendapat pelanggan secara detail, hingga menyediakan kotak masuk untuk feedback di toko fisik maupun di website perusahaan.

  • Memanfaatkan Media Sosial Untuk menjangkau pelanggan
  • Langkah terakhir yang bisa diambil adalah dengan memanfaatkan akun media sosial khusus untuk bisnis. Dengan memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn, bisnis dapat memperluas jangkauan pelanggan, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, meningkatkan kepercayaan pelanggan serta dapat memberikan respon secara cepat terhadap pertanyaan yang diajukan oleh para pelanggan.

Itulah penjelasan tentang cara meningkatkan retensi pelanggan. Semoga dengan menerapkan cara-cara diatas, retensi pelanggan pada bisnis anda bisa lebih meningkat. Jka Anda ingin mendapat info seputar bisnis dan keuangan terkini, silakan kunjungi sekadarinfo.com.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar