--> Skip to main content

Jenis-Jenis Burung Parkit Yang Paling Populer

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - December 30, 2023

Di kalangan pecinta burung, burung parkit merupakan salah ssatu burung yang sangat terkenal. Hal tersebut karena burung parkit adalah burung yang lucu dan mudah diajak berinteraksi. Ciri khas dari burung parkit ialah tubuhnya yang kecil mungil, tetapi jangan salah, burung parkit mempunyai kecerdasan yang tinggi sehingga mampu menirukan suara burung lain bahkan suara manusia. Burung parkit sendiri mempunyai banyak jenis, apa sajakah jenisnya? Simak penjelasannya di sini.

Jenis-Jenis Burung Parkit Yang Paling Populer

Jenis-Jenis Burung Parkit Paling Populer

Burung parkit mempunyai beberapa spesies yang dapat dibedakan dari warna tubuhnya. Warna tubuh burung parkit juga dapat berpengaruh terhadap harganya. Adapun beberapa jenis burung parkit yang populer yaitu sebagai berikut:

1. Burung Parkit Lokal

Burung parkit lokal atau Parkit Indonesia merupakan jenis burung parkit yang paling populer. Jenis burung parkit ini hampir seperti jenis parkit lainnya, tatapi warna dan pola burung parkit lokal tidak begitu beragam. Meskipun demikian, burung parkit lokal tetap menjadi daya tarik tersendiri karena lucu dan memiliki suara yang merdu.

Jenis burung parkit lokal meerupakan jenis yang paling mudah ditemukan di pasar burung. Burung parkit lokal dapat menjadi alternatif yang tepat apabila kamu mempunyai keterbatasan anggaran. Hal tersebut karena burung parkit lokal harganya cukup terjangkau dikisaran antara 50.000 rupiah hingga 80.000 rupiah per ekor.

2. Burung Parkit Holland

Burung parkit Holland (Melopsittacus undulatus) atau yang dikenal sebagai burung parkit belanda merupakan jenis burung parkit yang banyak diminati. Jenis burung yang satu ini menjadi hewan peliharaan favorit di Jepang sehingga membuatnya populer di sana.

Adapun ciri khas yang terdapat pada jenis burung parkit Holland yaitu terdapat bulu yang bergerigi hitam pada bagian tengkuk, sayap dan punggung Selain itu terdapat titik-titik besar dan kecil berjumlah sekitar 6 buah pada bagian bawah paruh. Burung jenis ini terkenal mudah dijinakkan dan setiap kepada pemiliknya. Untuk harga burung parkit Holland antara 500.000 rupiah hingga 600.000 rupiah per ekor.

3. Burung Parkit Australia

Burung parkit Australia (Nymphicus hollandicus) merupakan jenis burung parkit yang populer selanjutnya. Sesuai namanya, asal burung parkit ini adalah berasal dari Negara Australia. Jenis parkit Australia ini mempunyai jambul pada bagian kepalanya seperti kakatua. Karena hal itulah, maka parkit Australia ini sering disebut dengan sebutan kakatua mini.

Jenis parkit Australia merupakan jenis burung parkit yang terkecil diantara jenis yang lain. Selain mempunyai jambul, ciri khas pada burung parkit Australia ini yaitu terdapat lingkaran berwarna orange atau merah pada bagian pipinya. Untuk harganya, burung parkit Australia ini cukup lumayan yaitu antara 500.000 rupiah hingga 1.500.000 rupiah.

4. Burung Parkit Taiwan

Burung Parkit Taiwan merupakan jenis burung parkit yang mampu beradaptasi di iklim tropis, sehingga burung parkit jenis ini banyak yang hidup di Indonesia. Ukuran burung parkit taiwan cukup besar, selain itu memiliki paruh yang berwarna kuning, terdapat corak garis pada sayap dan ekornya, kemudian pada kakinya berwarna abu-abu. Untuk harganya, jenis burung parkit Taiwan ini mempunyai harga sekitar 125.000 rupiah.

5. Burung Parkit Rosella

Burung parkit Rosella merupakan jenis burung parkit yang berasal dari Australia. Jenis burung ini termasuk dalam genus Platycercus yang dapat kamu jadikan sebagai hewan peliharaanmu di rumah. Burung parkit rosella mempunyai warna bulu yang beragam dan terlihat unik. Untuk harganya, burung parkit rosella ini sekitar 500.000 rupiah per ekornya.

6. Burung Parkit Alexandrine

Burung parkit Alexandrine (Psittacula eupatria) adalah merupakan jenis burung parkit yang berasal dari Asia. Nama Alexandrine sendiri berasal dari Alexander Agung, yaitu seorang panglima perang yang membawakan burung ini ke dunia barat setelah kembali dari perang di Yunani. Jika dilihat dari fisiknya, burung ini mirip seperti burung betet biasa.

Itulah beberapa jenis burung Parkit yang populer, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar